Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Pilihan Olahraga Tepat untuk Program Penurunan Berat Badan

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 845.981 orang

Memiliki tubuh yang ideal dengan bobot sesuai dengan tinggi dan juga usia tentu menjadi idaman setiap orang. Tidak hanya wanita, namun pria tentu juga menginginkan tubuh yang ideal. 

Untuk mendapatkan berat badan ideal, banyak orang melakukan berbagai cara seperti diet ketat, diet karbohidrat dan berolahraga rutin.

Ada beberapa orang yang mencukupkan diri dengan hanya diet ketat. Padahal, untuk mendapatkan berat badan ideal yang sehat, sebenarnya seseorang harus melengkapi program penurunan berat badannya dengan olahraga

Olahraga memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh seperti untuk menjaga kesehatan hingga membakar kalori yang berlebih.

Berikut ini adalah daftar pilihan olahraga yang bisa Anda pilih untuk menurunkan berat badan

Jogging

Jogging tentu menjadi salah satu jenis olahraga yang pertama kali terlintas di pikiran ketika ingin menurunkan berat badan. Selain mudah dilakukan, olahraga jogging juga memberikan banyak manfaat seperti menjaga kesehatan jantung. Anda juga tidak membutuhkan banyak peralatan ataupun biaya untuk jogging. 

Cukup berlari santai mengitari kompleks perumahan maupun taman untuk dapat melakukan jogging setiap hari. Untuk mendapatkan hasil optimal, para ahli kesehatan menyarankan untuk melakukan olahraga teratur 30 menit setiap harinya.

Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga relaksasi yang ternyata memiliki manfaat yang besar untuk pembakaran kalori di dalam tubuh. Meski begitu, olahraga yoga membutuhkan ketekunan dan kesabaran ketika menjalaninya. 

Itulah kunci dari aktivitas yoga itu sendiri. Sebaiknya Anda meluangkan waktu 2 sampai 3 kali seminggu untuk melakukan yoga.

Lompat tali

Lompat tali tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena sangat efektif membakar kalori yang menumpuk di dalam tubuh, namun juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan pernapasan

Untuk melakukan lompat tali juga cukup mudah. Anda hanya perlu bantuan alat berupa tali skipping atau tali biasa. Tidak memerlukan tempat yang luas, Anda bahkan bisa berolahraga lompat tali di dalam rumah.

Bersepeda

Bersepeda santai setiap hari bisa mendatangkan ketenangan dan kenyamanan dalam menjalani hari. Sembari bersepeda, Anda dapat menikmati hembusan udara pagi yang sejuk sembari bersantai di pagi atau sore hari. 

Bersepeda juga cenderung lebih ringan untuk dipilih oleh orang yang sudah berusia lanjut yang tidak kuat untuk melakukan jogging apalagi lompat tali. Untuk mendapatkan hasil optimal, rutinkanlah bersepeda dua sampai tiga kali dalam seminggu agar lebih banyak kalori yang dibakar.

Renang

Renang diketahui memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh seperti melatih kemampuan paru-paru dalam bernapas, melatih kekuatan otot jantung, melatih kekuatan dan fleksibilitas sendi dan otot tubuh serta baik untuk kebugaran. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Hal ini disebabkan ketika seseorang berenang, maka seluruh otot dalam tubuh juga akan bergerak aktif dan saling terkoordinasi agar tetap dapat berenang. Dengan berenang, Anda juga dapat membentuk beberapa otot pada tubuh seperti otot lengan, otot dada, otot paha dan otot punggung

Oleh sebab itu, jadikan olahraga renang sebagai salah satu pilihan program penurunan berat badan Anda.

Senam aerobik

Siapa yang tidak senang senam? Senam menjadi salah satu jenis olahraga favorit terutama bagi kaum hawa. Hal ini disebabkan ketika senam, tubuh bergerak lincah sembari menyesuaikan dengan ritme lagu sehingga terdengar seolah sedang menari. 

Gerakan senam aerobik yang sangat bertenaga sangat mumpuni untuk membantu membakar lemak dalam tubuh. Hal inilah yang membedakan senam aerobik dengan senam umum lainnya yang gerakannya tidak selincah senam aerobik.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit