Apakah Rajin Berlari bisa Membuat Badan Menjadi Lebih Tinggi?

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Apakah Rajin Berlari bisa Membuat Badan Menjadi Lebih Tinggi?

Olahraga adalah salah satu faktor penunjang pertumbuhan terutama bagi mereka yang masih dalam masa pertumbuhan. Dengan olahraga, tubuh akan memproduksi hormon penunjang pertumbuhan sehingga tubuh bisa tumbuh lebih tinggi. 

Ada banyak jenis olahraga yang bisa membuat badan menjadi lebih tinggi salah satunya adalah lari. Beberapa orang beranggapan bila olahraga lari bisa membuat badan menjadi lebih tinggi. Apakah memang benar demikian?

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Apakah lari membuat badan lebih tinggi?

Selama ini banyak orang berpikir bila olahraga lari termasuk dalam jenis olahraga yang bisa menambah tinggi badan. Memang berlari bisa menambah tinggi badan, namun tidak secara langsung. 

Hal ini karena pertumbuhan tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh banyak hal seperti genetik, asupan nutrisi, hingga olahraga. Berlari adalah salah satu cara untuk menunjang pertumbuhan tinggi badan dan tidak membuat Anda menjadi tinggi secara langsung.

Lari memicu produksi hormon pertumbuhan

Berlari bisa memicu pertumbuhan tinggi badan karena pada saat Anda berlari tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan inilah yang kemudian membuat seseorang menjadi lebih tinggi terutama pada masa pertumbuhan. 

Tidak hanya berlari, olahraga lain juga bisa memicu produksi hormon pertumbuhan sehingga bisa membuat badan menjadi lebih tinggi.

Sebenarnya tubuh memproduksi hormon pertumbuhan sepanjang waktu selama masa pertumbuhan. Hanya saja ketika seseorang berolahraga, termasuk berlari, tubuh memproduksi hormon pertumbuhan yang lebih banyak. 

Hal ini bisa membuat seseorang akan lebih cepat tumbuh tinggi daripada mereka yang tidak berolahraga.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Mendukung postur tubuh dan memperbaiki kesehatan tulang belakang

Salah satu penyebab mengapa tulang tidak bertambah tinggi adalah karena postur tubuh yang buruk. Postur tubuh yang kurang baik akan mempengarui bentuk tulang belakang sehingga membuat pertumbuhan tubuh menjadi terhambat. 

Banyak orang yang tidak menyadari bila aktivitas sehari-hari mungkin saja mempengaruhi postur tubuh seperti posisi duduk dan sebagainya.

Berlari adalah salah satu olahraga yang bisa memperbaiki postur tubuh sehingga tulang belakang tidak lagi tertekan dan bisa tubuh bisa tumbuh menjadi lebih tinggi. 

Meskipun berlari tidak secara langsung membuat Anda menjadi lebih tinggi, tapi setidaknya olahraga ini bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh.

Selain berolahraga, hal lain yang bisa mempengaruhi pertumbuhan tubuh adalah tidur yang cukup dan nutrisi yang sesuai. Bila ketiga hal ini dipadukan baik pasti akan sangat menunjang pertumbuhan seseorang terutama pada masa pertumbuhan. 

Pada orang dewasa, olahraga, makan, dan tidur tidak memberikan banyak perubahan pada perubahan tinggi badan karena memang sudah lewat masa pertumbuhan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Manfaat lari

Meskipun pada orang dewasa berlari tidak membuat badan lebih tingga, namun olahraga ini tetap memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Olahraga ini adalah olahraga yang paling sederhana karena tidak memerlukan instrument atau alat khusus.

Selain itu, berlari membuat Anda menjadi aktif dan bermanfaat untuk menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar. Sehingga olahraga ini menjadi salah satu olahraga kardio yang cocok untuk menjaga kesehatan jantung.

Tidak hanya bagus untuk kesehatan jantung, berlari juga bermanfaat untuk membakar kalori serta mencegah kenaikan gula darah. Ketika berlari tubuh akan membakar gula atau lemak menjadi energi sehingga membantu menurunkan berat badan. 

Bila dibarengi dengan pola makan yang baik, berlari bisa membantu menjaga kadar gula darah dan juga menurunkan berat badan.


14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Truth Behind ‘Runner’s High’ and Other Mental Benefits of Running. Johns Hopkins Medicine. (https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/the-truth-behind-runners-high-and-other-mental-benefits-of-running)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app