Penyebab Migrain dan Cara Mencegah Agar Tidak Mudah Kambuh

Dipublish tanggal: Des 12, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Penyebab Migrain dan Cara Mencegah Agar Tidak Mudah Kambuh

Pernah merasakan sakit kepala sebelah yang sangat mengganggu aktivitas? Kalau iya, bisa jadi Anda mengalami migrain. Biasanya, migrain akan muncul bersamaan dengan muntah, mual, hingga sensitif terhadap cahaya dan suara. Lalu, apa penyebab migrain dan bagaimana cara mencegah migrain supaya tidak gampang kambuh? Berikut informasi lengkapnya.

Apa itu migrain?

Migrain adalah kondisi yang ditandai dengan kepala berdenyut kencang dan hanya terjadi di satu bagian saja. Kondisi ini sebenarnya merupakan penyakit saraf dan dapat menimbulkan berbagai gejala.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Berdasarkan jenis kelamin, serangan migrain ternyata lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan pria. Menurut penelitian yang dilakukan oleh WHO, setidaknya 30 persen orang usia 18-65 tahun pernah mengalami sakit kepala migrain

Seseorang mulai bisa terkena migrain pertama kali saat pubertas. Seiring bertambahnya usia, gejala migrain bisa semakin parah dan berat terutama saat memasuki usia 35 tahun.

Berbagai penyebab migrain

Sampai saat ini, para ahli masih belum bisa memastikan penyebab migrain. Namun, jika ditelisik lebih jauh lagi, kadar zat kimia dalam otak cenderung menurun pada orang-orang yang terkena migrain. Kondisi inilah yang diduga menyebabkan salah satu saraf otak (trigeminal) melepaskan zat kimia menuju lapisan luar otak dan menimbulkan nyeri. 

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Migrain Agar Mudah Mengatasinya

Meskipun penyebab migrain masih belum diketahui secara pasti, ada beberapa faktor yang bisa memicu timbulnya serangan migrain, yaitu:

  • Perubahan hormon pada wanita. Pada wanita yang terkena migrain, kadar hormon estrogennya cenderung menurun secara signifikan.
  • Pola makan dan minum yang tidak sehat, seperti mengonsumsi terlalu banyak MSG dan kafein.
  • Asap rokok, aroma parfum, penghapus cat, dan suara bising.
  • Faktor emosi seperti depresi, gelisah, tegang, maupun terlalu gembira.
  • Kelelahan dan kualitas tidur yang buruk.
  • Efek samping penggunaan obat.
  • Riwayat keluarga.

Bagaimana cara mencegah migrain?

Gejala migrain yang sering kali kambuh tentu saja membuat aktivitas jadi terganggu. Setelah sembuh dari migrain, Anda tentu tidak ingin migrainnya kambuh lagi, bukan?

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Nah, ada beberapa faktor yang dapat mencegah migrain kambuh lagi, antara lain:

1. Kenali penyebab migrain

Kunci paling penting untuk mencegah migrain adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah Anda tahu penyebab migrain, maka Anda tentu bisa mengatasi masalah tersebut dengan cepat.

Misalnya, jika migrain Anda sering kambuh setelah minum kopi atau minuman berkafein lainnya, segera batasi asupannya. Hal ini akan membantu mencegah migrain kambuh lagi esok hari.

2. Terapkan pola hidup sehat

Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Mulai dari mengonsumsi makanan yang sehat bergizi hingga olahraga rutin. Kedua hal tersebut bisa membuat tubuh, pikiran, dan perasaan Anda lebih bahagia dan mencegah migrain.

Selain itu, Anda juga harus bisa mengendalikan rasa stres. Ya, stres berkepanjangan bisa membuat Anda lebih gampang migrain dan sering kambuh.

3. Minum obat

Jika serangan migrain terjadi berturut-turut dan dalam jangka waktu yang lama, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Dokter akan meresepkan obat-obatan untuk mencegah migrain, misalnya propanolol untuk mengatasi hipertensi dan angina.

Jaga pola makan dan hindari stress adalah langkah yang tepat untuk mencegah terjadinya migrain. 

Baca Juga: 10 Cara Mudah Mengobati Migrain Tanpa Obat

20 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
FDA approves new treatment for patients with migraine. U.S. Food and Drug Administration. https://www.fda.gov/news-events/press-announcements/fda-approves-new-treatment-adults-migraine.
FDA approves new treatment for patients with migraine. U.S. Food and Drug Administration. https://www.fda.gov/news-events/press-announcements/fda-approves-new-treatment-patients-migraine.
Riggin EA. Allscripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. March 30, 2019.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app