Penyebab Flek Hitam di Kulit Cantikmu

Dipublish tanggal: Feb 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Penyebab Flek Hitam di Kulit Cantikmu

Siapa diantara kamu yang tidak mengenal flek hitam? Ya sebagian besar wanita di dunia ini pasti kesal begitu mengetahui bila di wajahnya timbul flek hitam atau bintik-bintik hitam. 

Memang flek hitam dapat mengganggu tingkat kepercayaan diri seseorang khususnya kaum wanita dimana pasti setiap wanita mengidamkkan wajah yang mulus bersih tanpa kehadiran dari flek atau bintik hitam di area wajahnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Umumnya di pikiran kebanyakan wanita, flek hitam terjadi akibat wajah yang terlalu lama terpapar dan berada di bawah teriknya sinar matahari langsung tanpa adanya pemakaian tabir surya atau sun block. 

Alasan ini tentunya tidaklah salah, namun apakah hanya ini satu-satunya penyebab dari munculnya flek hitam pada wajah manusia? Disini kita akan bahas lebih lanjut mengenai apa itu flek hitam dan penyebab mengapa bisa muncul flek hitam pada wajah cantikkmu.

Pengertian Flek Hitam

Flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik datar gelap cenderung bewarna coklat kehitam-hitaman pada kulit wajah yang terbentuk akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. 

Flek hitam tidak hanya muncul pada wajah seseorang namun dapat juga muncul pada bagian tubuh lainnya, seperti lengan, dada, atau leher. Flek hitam lebih identik dengan wajah dikarenakan flek hitam pada wajah lebih mudah terlihat oleh mata kamu.  

Bintik-bintik atau flek hitam ini cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit putih seperti kulit orang bule atau asia Timur dan umumnya menyerang wanita yang sedang mengalami menstruasi atau siklus haid

Flek hitam merupakan kondisi yang umum terjadi di segala usia dan biasanya tidak membahayakan atau menimbulkan rasa sakit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Penyebab Flek Hitam

Tidak ada satu alasan khusus mengapa flek hitam bisa timbul dan terjadi pada kulit manusia. Flek hitam muncul karena meningkatnya produksi melanin dalam kulit manusia, terutama setelah terpapar oleh sinar matahari atau sinar ultraviolet (sinar UV). 

Melanin adalah pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata, dan rambut manusia. Bagian kulit yang memiliki banyak melanin akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik. 

Meningkatnya melanin dalam tubuh seseorang juga berhubungan dengan faktor genetik. Orang-orang dengan kulit putih dan memiliki rambut pirang atau merah lebih sering mengalami kondisi ini. 

Meskipun sebagian besar flek berwarna hitam, hal ini tidak menutup kemungkinan muncul dengan warna lain, seperti kemerahan, kekuningan, atau kecokelatan tergantung dari pigmen kulit masing-masing orang, namun yang pasti berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya.

Dikarenakan tidak ada penyebab tunggal mengapa flek hitam bisa terjadi, maka dilakukanlah penelitian oleh para pakar kulit dan kesehatan dan ditemukanlah beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya flek hitam pada kulit manusia seperti:

  • Faktor Genetik / Keturunan
    Flek hitam ialah termasuk masalah kulit yang dapat diturunkan kepada anak-anak dan cucu kamu kelak.  Hasil penelitian menunjukkan 20 samapi 70 persen penderita flek ‘menurunkan’ flek hitam mereka pada anggota keluarganya yang lebih muda.
  • Faktor Hormon
    Bintik hitam pada kulit juga bisa terjadi akibat perubahan hormonal dalam tubuh kamu. Hormon yang mempengaruhi terjadinya flek hitam diantaranya ialah hormon estrogen, hormon progesteron, dan hormon MSH (Melanin Stimulating Hormone).

    Pigmentasi akibat hormonal biasanya juga terjadi pada ibu hamil pada masa trisemester ketiga.
  • Faktor Pemakaian Kosmetik
    Beredarnya berbagai macam produk kecantikan dan kosmetik secara bebas di pasaran tentunya menjadi hal menggembirakan bagi masyarakat terutama bagi para wanita.

    Namun tidak semua kosmetik yang beredar tersebut memiliki kandungan yang baik dan sehat bagi wajah dan anggota tubuh lainnya. 

    Fotosensitivitas adalah keadaan kosmetik yang dipakai menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Misalkan kamu memakai pemerah pipi atau blush on yang mengandung fotosensitivitas lalu terpapar langsung dibawah teriknya matahari, ini akan menyebabkan pipi kamu ( tempat dimana dipakainya blush on ) akan bermunculan flek hitam.  
  • Faktor Obat-Obatan
    Pemakaian obat-obatan yang mengandung ifenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatikdan minosiklin dapat merangsang munculnya flek hitam pada kulitmu.

    Selain obat-obatan diatas, mengkonsumsi pil KB juga memiliki efek samping berupa munculnya hiperpigmentasi atau flek hitam pada kulit. 
  • Faktor Sinar Ultra Violet atau Sinar UV
    Paparan sinar matahari secara langsung baik sinar UVAataupun UVB dapat menyebabkan terjadinya flek hitam pada kulitmu. Ada baiknya kamu memakai sunblock atau tabir surya untuk melindungi kulih sehatmu.
  • Faktor Polusi Udara
    Flek hitam terbentuk karena sel kamu memproduksi antioksidan dan melepas melanin secara berlebihan untuk melawan kerusakan akibat bahan yang dapat mengiritasi kulit.

    Dengan maraknya polusi dan pencemaran di udara sekarang ini, tidak heran bila polusi udara bisa menjadi faktor penyebab munculnya flek hitam pada wajahmu. 
  • Faktor Bekas Garukan
    Ya, segatal-gatalnya kulitmu, baiknya jangan menggaruk kulitmu. Ya, perkataan ini memang benar karena menggaruk dapat mengiritasi dan merusak kulit sehingga kulit memproduksi melanin sebagai mekanisme pertahanan dan ini akan merangsang timbulnya flek hitam pada kulitmu.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dark spots on the skin: Causes, treatments, and remedies. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324833)
How to get rid of dark spots on black skin. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/325454)
How to Remove Dark Spots Caused by Acne: Treatments and Remedies. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-remove-dark-spots-caused-by-pimples)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app