Leukoplakia - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 27, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 735.612 orang

Leukoplakia adalah suatu kondisi di mana munculnya bercak putih yang tebal dan terbentuk pada permukaan lidah dan lapisan mulut Anda. Leukoplakia bisa disebabkan oleh banyak hal. Merokok adalah penyebab paling umum. Tetapi iritasi juga dapat menyebabkan kondisi ini.

Leukoplakia biasanya merupakan gejala ringan dan tidak berbahaya. Sering kali leukoplakia hilang dengan sendirinya. Pada kasus yang lebih serius, leukoplakia dapat dikaitkan dengan penurunan sistem kekebalan tubuh yang menurun dan kanker mulut. Jika leukoplakia disebabkan oleh kondisi-kondisi tersebut, maka penyebab mendasar yang menyebabkan leukoplakia harus segera ditangani.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Penyebab Leukoplakia

Penyebab pasti leukoplakia tidak diketahui. Leukoplakia biasanya dikaitkan dengan penggunaan tembakau. Merokok adalah penyebab paling umum yang dapat menyebabkan leukoplakia. Tetapi mengunyah tembakau juga dapat menyebabkan leukoplakia.

Penyebab lain yang berpotensi menyebabkan leukoplakia, termasuk:

  • cedera pada bagian dalam pipi Anda, seperti karena tergigit
  • gigi yang kasar dan tidak rata
  • gigi palsu, terutama jika tidak dipasang dengan benar
  • kondisi peradangan pada tubuh
  • penggunaan alkohol jangka panjang

Walaupun ada beberapa penelitian yang menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara leukoplakia dan virus human papilloma, tetapi belum ada cukup bukti yang dapat mendukung hubungan sebab akibat antara keduanya.

Tanda dan gejala leukoplakia

Leukoplakia ditandai oleh bercak yang tampak tidak biasa di dalam mulut Anda. bercak ini dapat bervariasi dari segi penampilan dan mungkin memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

  • berwarna putih atau abu-abu
  • tebal, keras, dengan permukaan yang terangkat
  • berbulu (hanya leukoplakia berbulu)
  • bintik-bintik merah (jarang)

Jika leukoplakia berwarna kemerahan, mungkin leukoplakia merupakan tanda kanker. Temui dokter Anda segera jika Anda memiliki bercak merah pada rongga mulut Anda.

Leukoplakia dapat terjadi pada gusi Anda, bagian dalam pipi Anda, dan di bawah atau di permukaan lidah Anda. Biasanya bercak perlu beberapa minggu untuk berkembang, dan biasanya bercak leukoplakia tidak menimbulkan nyeri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Beberapa wanita mungkin mengembangkan leukoplakia di bagian luar alat kelamin mereka di daerah vulva.

Leukoplakia berbulu

Leukoplakia berbulu adalah munculnya struktur yang tampak seperti rambut-rambut halus pada permukaan bercak leukoplakia pada rongga mulut. Biasanya leukoplakia berbulu disebabkan oleh infeksi virus Epstein-Barr (EBV). 

Setelah Anda terinfeksi virus ini, virus ini akan tetap berada di tubuh Anda secara permanen. EBV biasanya tidak aktif, namun EBV dapat menyebabkan bercak leukoplakia berbulu jika sistem kekebalan tubuh Anda melemah. 

Biasanya leukoplakia berbulu yang disebabkan oleh EBV lebih sering terjadi pada orang dengan HIV atau masalah kekebalan tubuh lainnya. Jika Anda menemukan gejala leukoplakia berbulu, segera periksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter.

Bagaimana leukoplakia dapat dicegah?

Banyak kasus leukoplakia dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup:

  • Berhenti merokok atau mengunyah tembakau.
  • Kurangi penggunaan alkohol.
  • Konsumsilah makanan kaya antioksidan seperti bayam dan wortel. Antioksidan dapat membantu menonaktifkan iritasi yang menyebabkan bercak.
  • Hubungi dokter gigi atau dokter Anda segera jika Anda mencurigai leukoplakia. Deteksi dan perawatan dini dapat membantu menjaga agar bercak leukoplakia tidak bertambah buruk.

Jika Anda pernah menderita leukoplakia, Anda harus rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter. Karena setelah Anda menderita leukoplakia, Anda memiliki peningkatan risiko untuk mendapatkannya lagi di masa depan.

Bagaimana penanganan leukoplakia?

Diagnosa

Leukoplakia biasanya didiagnosa dengan pemeriksaan mulut. Pada pemeriksaan mulut, dokter akan memastikan bahwa bercak pada mulut yang muncul adalah bercak leukoplakia. Leukoplakia sering dikira sebagai kondisi kandidiasis mulut yaitu kondisi dimana terjadi pertumbuhan jamur yang membentuk plak

Bercak-bercak yang ditimbulkan kandidiasis mulut, biasanya lebih rentan dibandingkan dengan bercak leukoplakia. Bercak pada kandidiasis mulut mungkin lebih mudah mengalami perdarahan. Tidak seperti kandidiasis mulut, leukoplakia tidak dapat diangkat dengan mudah.

Dokter gigi atau dokter Anda mungkin perlu melakukan tes lain untuk memastikan penyebab timbulnya plak pada lidah Anda. Pemeriksaan ini akan membantu mereka untuk menentukan pengobatan yang tepat untuk mencegah timbulnya leukoplakia di masa depan.

Jika bercak terlihat mencurigakan, dokter gigi atau dokter Anda akan melakukan biopsi. Untuk melakukan biopsi, mereka akan mengangkat sepotong kecil jaringan dari satu atau lebih pada bercak di lidah Anda.Kemudian sampel jaringan akan dikirim ke ahli patologi untuk diperiksa apakah sel-sel pada leukoplakia adalah sel prakanker atau kanker.

Pengobatan

Sebagian besar bercak leukoplakia akan membaik sendiri dan tidak memerlukan perawatan apa pun. Penting untuk menghindari pemicu apa pun yang mungkin menyebabkan leukoplakia muncul, seperti penggunaan tembakau. Jika leukoplakia berhubungan dengan iritasi karena masalah gigi, dokter gigi Anda mungkin dapat mengatasi hal ini.

Anda dapat melakukan pemeriksaan biopsi dengan mengambil sampel pada bercak yang ditemukan di mulut Anda. Jika hasil dari pemeriksaan biopsi menyatakan Anda positif mengalami kanker mulut, Bercak leukoplakia harus segera diangkat untuk dapat membantu mencegah penyebaran kanker.

Bercak dapat dihilangkan dengan menggunakan terapi laser, pisau bedah, atau prosedur pembekuan.

Leukoplakia berbulu tidak mungkin menyebabkan kanker mulut dan biasanya tidak memerlukan pengangkatan. Dokter gigi atau dokter Anda mungkin meresepkan obat antivirus untuk membantu menghentikan pertumbuhan leukoplakia. Salep topikal yang mengandung asam retinoat juga dapat digunakan untuk mengurangi ukuran bercak leukoplakia.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit