Penyakit Kienbock - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Apr 24, 2019 Update terakhir: Jan 19, 2020 Waktu baca: 3 menit

Penyakit Kienbock adalah gangguan yang jarang terjadi yang dapat mengganggu suplai darah ke tulang lunate. Tulang lunate adalah salah satu dari delapan tulang karpal kecil di pergelangan tangan Anda. 

Tulang tersebut terletak di tengah pangkal pergelangan tangan Anda dan berperan penting untuk pergerakan pergelangan tangan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pada tahap awal, penyakit Kienbock menyebabkan rasa nyeri. Seiring berjalannya waktu, jaringan tulang bisa mati dan menyebabkan lebih banyak rasa nyeri, mobilitas pergelangan tangan yang terganggu, dan radang sendi.

Penyakit Kienbock biasanya hanya menyerang satu pergelangan tangan. Tindakan bedah dan pengobatan lainnya dapat digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri dan mempertahankan fungsi pergelangan tangan.

Apa yang menyebabkan penyakit Kienbock?

Penyebab pasti dari penyakit Kienbock masih tidak diketahui. Namun, penyakit ini sering dikaitkan dengan cedera pada pergelangan tangan, seperti jatuh, yang mempengaruhi pasokan darah ke tulang lunate Anda. 

Penyakit Kienbock juga berhubungan dengan cedera kecil berulang di daerah pergelangan tangan Anda, seperti dari penggunaan jackhammer (alat atau mesin yang digunakan untuk mengebor batuan keras).

Tanda dan gejala penyakit Kienbock

Pada tahap awal penyakit, pergelangan tangan Anda akan terasa nyeri. Seiring berkembangnya penyakit, gejala lainnya meliputi:

  • Nyeri tekan di atas tulang
  • Kekakuan
  • Pembengkakan
  • Berkurangnya kemampuan genggaman tangan
  • Kesulitan memutar tangan ke atas
  • Adanya suara ‘klik’ saat menggerakkan pergelangan tangan

Bagaimana cara mencegah penyakit Kienbock?

Sampai saat ini masih belum diketahui cara mencegah penyakit Kienbock. Meskipun terjadinya cedera pada pergelangan tangan merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan penyakit Kienbock, mungkin dengan lebih bermawas diri untuk mencegah terjadinya cedera pada daerah tulang tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Bagaimana cara mengobati penyakit Kienbock?

Diagnosa

Penyakit Kienbock biasanya sulit untuk di diagnosis, terutama pada tahap awal ketika penyakit tersebut muncul menyerupai keseleo pada pergelangan tangan. Dokter Anda akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda, gaya hidup Anda, dan nyeri pada pergelangan tangan Anda. 

Dokter secara fisik akan memeriksa pergelangan tangan dan tangan Anda. Dokter Anda juga dapat melakukan pemeriksaan X-ray untuk memeriksa tulang pergelangan tangan Anda lebih jauh.

Terkadang penyakit Kienbock pada tahap awal tidak muncul pada pemeriksaan X-ray. Dokter Anda dapat menyarankan pemeriksaan MRI atau CT scan untuk memeriksa aliran darah ke tulang lunate Anda.

Pengobatan

Pengobatan untuk penyakit Kienbock tergantung pada tingkat keparahan rasa nyeri dan tingkat perburukan tulang lunate.

Pada tahap awal penyakit Kienbock, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat anti-inflamasi untuk menghilangkan rasa nyeri dan pembengkakan. Imobilisasi pergelangan tangan bisa menghilangkan tekanan pada tulang lunate dan membantu mengembalikan aliran darah ke tulang.

Dokter Anda mungkin akan menyarankan untuk meletakkan pergelangan tangan Anda pada bidai atau gips selama 2 atau 3 minggu agar tidak bergerak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Terapi fisik juga dapat membantu meningkatkan rentang gerakan di pergelangan tangan Anda. Seorang ahli terapi fisik dapat menilai pergelangan tangan Anda dan memberikan latihan rutin untuk membantu mempertahankan penggunaan pada pergelangan tangan Anda.

Jika Anda mengalami nyeri yang parah atau terjadi perburukan pada tulang lunate, dokter Anda mungkin akan menyarankan tindakan operasi. Ada beberapa opsi yang tersedia, tergantung pada tingkat kerusakannya.

Revaskularisasi

Revaskularisasi melibatkan transplantasi sepotong tulang dan pembuluh darah dari tulang lain di tangan atau lengan Anda ke tulang lunate untuk memulihkan aliran darah.

Capitate-shortening osteotomy

Prosedur ini dilakukan dengan cara menghilangkan sepotong tulang pada pergelangan tangan lain, dan menggabungkan dengan segmen lain dari tulang yang sama. Capitate-shortening osteotomy digunakan pada tahap awal penyakit Kienbock, dan dikombinasikan dengan revaskularisasi.

Leveling join

Prosedur ini digunakan untuk membantu menghentikan penyakit agar tidak berkembang ketika kedua tulang lengan bawah Anda tidak sama panjang. Leveling join mungkin melibatkan menghilangkan bagian tulang yang lebih panjang (biasanya radius), atau mencangkok sepotong tulang ke tulang yang lebih pendek (biasanya ulna). 

Hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada tulang lunate.

Dekompresi inti metafisis

Prosedur ini dilakukan dengan cara meratakan tulang lengan Anda dengan memotong dua tulang yang terlibat tanpa menghilangkan jaringan tulang.

Fusi/ penyatuan

Tulang lunate disatukan ke tulang yang berdekatan untuk membuat tulang yang solid. Prosedur ini dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan membuat Anda mengalami gerakan pergelangan tangan sebagian.

Artroplasti

Artroplasti akan mencakup penggantian keseluruhan sendi pergelangan tangan. Artroplasti reseksi di mana tulang lunate diganti dengan tulang buatan (terbuat dari silikon atau pirokarbon) , tetapi prosedur ini jarang digunakan.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
William Morrison, MD, Kienbock's disease (https://www.healthline.com/health/kienbocks-disease), 16 May 2017.
Suzanne Falck, M.D., FACP, Kienbock's disease (https://www.medicalnewstoday.com/articles/264720.php), 9 February 2018.

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app