Infeksi saluran kemih - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 25, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.017.939 orang

Infeksi saluran kemih atau lebih dikenal dengan infeksi saluran kencing (ISK) ini adalah penyakit yang banyak menyerang kaum wanita. 

Penyebab umum penyakit infeksi saluran kemih ini yaitu dehidrasi atau kurang minum serta masalah infeksi oleh biota abnormal. Selain itu, ISK juga disebabkan oleh infeksi virus , bakteri dan jamur

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Sebagian besar kasus ini dapat ditangani di rumah dan sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, Anda perlu waspada karena penyakit ini dapat berkembang menjadi penyakit serius, seperti gagal ginjal.

Infeksi saluran kencing adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini menyerang saluran kemih. Infeksi saluran kemih terjadi di sepanjang saluran kemih, termasuk ginjal. 

Penyakit ini dapat menyerang siapa pun, laki-laki, perempuan, bahkan anak-anak. Namun, penyakit ini lebih sering menyerang wanita karena wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek dibandingkan pria

Selain itu, pada pria terdapat bakterisidal dalam cairan yang dihasilkan oleh  prostat yang melindungi pria dari penyakit ISK ini.

Bakteri penyebab ISK yang paling sering ditemukan adalah Eschericia coliEschericia coli  merupakan kuman baik penghuni usus besar (colon). Infeksi terjadi jika seseorang melakukan membersihkan organ kewanitaan dari belakang ke depan. Penyebab lain ISK yaitu

  • sisa urine dalam kandung kemih yang meningkat akibat pengosongan kandung kemih yang kurang efektif, 
  • seringnya menahan keinginan buang air kecil, mobilitas yang menurun, nutrisi yang buruk,
  •  sistem imunitas yang menurun,
  • hambatan pada aliran urine oleh batu atau saluran yang menyempit
  • Kemampuan cairan prostat untuk membunuh kuman tidak adekuat

ISK dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan gejala yang menyertainya, yakni ISK bagian bawah dan ISK bagian atas. ISK bagian bawah terjadi pada uretra dan kandung kemih

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Adapun ISK bagian atas terjadi pada ginjal hingga ureter. Beberapa gejala yang menyertainya diantaranya:

  • Infeksi ginjal (nyeri pada pinggang, demam tinggi, kedinginan, mual dan muntah)
  • Ureter (nyeri dirasakan secara periodik saat kending dikeluarkan)

Gejala ISK bagian bawah ini meliputi

  • Kandung kemih : tekanan pada pelvis, rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah, nyeri saat berkemih dan selalu ingin berkemih, didapatkan darah pada saat berkemih
  • Uretra : rasa terbakar pada saat berkemih (disuria) , keluarnya darah atau nanah.

Pada anak, gejala ISK mungkin hanya demam. Karena gejala yang kurang jelas, ketika anak-anak kurang dari satu tahun mengalami demam, sebagian besar dokter akan menyarankan tes urine. 

Pada bayi gejala ISK meliputi sulit makan, muntah, lebih banyak tidur, atau tampak kuning. Pada anak yang lebih besar, dapat timbul gejala hilangnya kontrol kandung kemih (mengompol). 

Pada orang lanjut usia, gejala ISK sering kali tidak tampak. Gejalanya bisa berupa hilangnya kontrol kandung kemih, perubahan mental, atau kelelahan.

Sebagian besar ISK dapat diatasi dengan antiobiotik dan obat antinyeri yang diresepkan oleh dokter keluarga. Untuk meredakan gejalanya, ini tindakan yang perlu Anda lakukan di rumah.

Minum Air Putih Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu mengobati ISK. Tubuh yang cukup terhidrasi akan menyebabkan frekuensi buang air kecil meningkat. Dengan demikian, bakteri dalam saluran kemih akan ikut terbuang bersama dengan urine.

Perbanyak Asupan Vitamin C  Mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin C juga dapat membantu meredakan keluhan ISK. Hal tersebut dikarenakan vitamin C mampu meningkatkan keasaman urine sehingga dapat membunuh bakteri penyebab infeksi. 

Untuk meningkatkan asupan vitamin C dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin C, seperti pepaya, jeruk, lemon, kiwi, dan lain sebagainya.

Minum Jus Cranberry Jus cranberry tanpa pemanis dapat dijadikan alternatif pengobatan ISK. Kandungan nustrisi dalam buah cranberry dapat mencegah bakteri yang menempel pada saluran kemih sehingga mencegah terjadinya infeksi. 

Penelitian pada tahun 2015 menunjukkan bahwa kapsul cranberry setara dengan dua gelas jus cranberry (480 ml) dapat membantu mengurangi risiko infeksi saluran kemih.

Konsumsi Probiotik Probiotik adalah mikroorganisme menguntungkan yang dikonsumsi melalui makanan atau minuman. Probiotik dapat meningkatkan keseimbangan bakteri dalam usus. Contoh makanan yang mengandung probiotik adalah yogurt.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa jenis probiotik tertentu dapat menurunkan risiko ISK. Mengonsumsi probiotik dan antibiotik lebih efektif untuk mencegah infeksi saluran kemih daripada menggunakan antibiotik saja. 

Probiotik dapat memulihkan dan meningkatkan kadar bakteri baik pada usus dan mengurangi efek samping dari penggunaan antibiotik.

Membersihkan organ intim dari depan ke belakang

Hindari pemakaian produk yang menyebabkan iritasi pada wanita

Beberapa produk tersebut seperti bedak, sabun kewanitaan, pantyliner yang mengandung parfum.

Mengompres Air Hangat Bantal kompres panas dapat ditemukan di toko-toko yang menjual alat-alat kesehatan. Menggunakan bantal panas dapat meringankan rasa perih atau sakit pada area kandung kemih. 

Cara menggunakannya adalah dengan tidak mengaplikasikannya langsung ke kulit. Gunakan kain sebagai pemisah. Gunakan hanya untuk waktu 15 menit untuk menghindari rasa terbakar.

Jika Anda mengalami ISK, tanganilah segera. ISK jika dibiarkan berlarut-larut tanpa diobati, terutama jika Anda sering mengalaminya, bukan tidak mungkin dapat menimbulkan komplikasi yang serius, seperti gangguan pada ginjal dan sepsis. Segera kunjungi dokter terdekat jika Anda mengalami ISK yang berulang atau dengan demam tinggi.

 

 

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit