Penyakit Herpes Zooster - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 981.187 orang

Pernahkah kamu mendengar nama penyakit Herpes Zooster sebelumnya ? Jika belum, apakah kamu pernah mendengar nama penyakit cacar api atau cacar ular ? Ya, herpes zooster merupakan istilah dan nama medis bagi cacar api atau cacar ular dimana di Indonesia pastinya masyarakat lebih mengenal penyakit ini dengan nama cacar api maupun cacar ular.

Cacar api atau cacar ular ini tidaklah sama dengan cacar air. Bisa dikatakan bahwa cacar api atau cacar ular ini merupakan tingkatan berikutnya atau ‘kakak’ dari cacar air.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Khusus untuk kamu, disini kita akan sharing berbagai informasi yang menyebabkan mengapa seseorang bisa terkena penyakit herpes zooster dan bagaimana cara mengatasi penyakit satu ini.

Apa itu Herpes Zooster dan apa saja penyebabnya ?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Herpes Zooster bisa dikatakan sebagai ‘kakak’ dari penyakit cacar air atau herpes simplex yang sering sekal diderita oleh setiap manusia semasa kecilnya.

Ya, ini dikarenakan virus yang menyebabkan dua penyakit cacar ini ialah virus yang sama yang disebut virus  Varicela Zooster.  Bila terserang virus satu ini, maka otomatis kulit dan bagian saraf di kulit si penderita akan mengalami infeksi dan peradangan dan menimbulkan ruam ruam merah yang berbintik bintik dan berisi cairan.

Penderita akan merasakan rasa nyeri dan gatal ketika bintik bintik ini muncul di sekeliling tubuhnya. Bisa dikatakan bahwa hampir semua orang pasti akan terkena cacar air atau herpes simplex pada masa kecilnya atau pada umumnya terjadi di umur seseorang menginjak sekolah dasar. 

Namun tak menutup kemungkinan bila orang tersebut terkena cacar air saat ia dewasa.

Nah virus varicela zooster yang pernah mengenai seseorang di saat kecilnya, kemungkinan tidak menghilang dan mati begitu saja, melainkan akan bersembunyi secara sangat baik atau bisa dikatakan tetidur nyenyak (keadaan dorman) di bagian tulang belakang atau dasar dari tulang tengkorang orang tersebut.

Dan kelak suatu hari bisa bangkit lagi ketika tubuh orang tersebut sedang lemah atau kekebalan tubuhnya sedang menurun drastis. Inilah yang menjadi dasar bagaimana seseorang bisa terkena Herpes Zooster atau cacar api.  

Memang peristiwa virus varicela zooster yang kembali bangkit dan menyebabkan seseorang terkena cacar api tidak selalu terjadi. Ini berarti virus varicela zooster akan bangkit kembali dari tidurnya secara random dan tidak berlaku pada setiap orang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Umumnya virus ini akan kembali bangkit juga dipengaruhi oleh faktor usia dimana seseorang dengan usia diatas 50 tahunan diketahui lebih rentan terkena penyakit cacar api ini namun tak menutup kemungkinan manusia dibawah usia 50 tahunan juga bisa terkena penyakit Herpes Zooster.

Selain faktor usia, penyebab lainnya yang menyebabkan seseorang terkena penyakit Herpes Zooster ialah kondisi imun tubuh yang menurun dratis.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh orang yang stress, efek mengkonsumsi obat obatan tertentu, penyakit, hormon yang tidak stabil serta ada juga yang disebabkan oleh faktor kehamilan dimana ketika seorang wanita sedang hamil, otomatis keadaan daya tahan tubuhnya akan lebih drop dan hormon yang tidak stabil karena adanya penyesuaian tubuh dengan kondisi kehamilannya sehingga dapat juga menyebabkan seseorang terkena penyakit Herpes Zooster ini.

Perlu diketahui bahwa penyakt Herpes Zooster bukanlah penyakit menular untuk kamu yang sudah pernah mengalami cacar air di hidupmu. Namun untuk kamu yang belum pernah mengalamai cacar air atau melakukan vaksin cacar, ada kemungkinan kamu dapat tertular penyakit satu ini.

Cara mengatasi penyakit Herpes Zooster

Sama seperti penyakit cacar air, penyakit ini juga akan membaik dengan sendirinya. Pengobatan yang dilakukan hanya bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi rasa nyeri dan gatal yang ditimbulkan akibat bintik bintik merah berisi cairan yang ada di sebagian tubuh kamu.

Umumnya dalam mengatasi penyakit Herpes Zooster, dokter akan memberikan kamu obat salep maupun obat minum antivirus untuk mempercepat proses pengeringan pada bagian cacar di tubuhmu.

Obat yang sering diresepkan oleh para dokter ialah obat Acyclovir dan Valacyclovir. Setelah mengoleskan obat tersebut atau meminum obat antivirus yang telah diresepkan oleh dokter,  penyakit Herpes Zooster ini akan pulih secara perlahan dalam waktu 7 – 10 hari.

Untuk dosis dari obat obatan tersebut, sebaiknya kamu berkonsultasi dulu dengan dokter terdekat agar mendapatkan dosis yang tepat dengan takaran keadaan cacar api mu sehingga proses penyembuhan dapat berlangsung dengan cepat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit