Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Penyakit Coats: Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Update terakhir: SEP 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.159.345 orang

Penyakit Coats merupakan kelainan langka pada mata yang melibatkan perkembangan abnormal pembuluh darah di retina. Retina terletak di bagian belakang mata, retina berfungsi untuk mengirimkan gambaran cahaya ke otak dan sangat penting untuk suatu proses penglihatan.

Pada orang dengan penyakit Coats, kapiler retina terbuka dan membocorkan cairan ke bagian belakang mata. Ketika cairan tersebut menumpuk, maka dapat terjadi pembengkakan pada retina. 

Penyakit Coats dapat menyebabkan pelepasan sebagian atau seluruh retina, yang menyebabkan penurunan penglihatan atau kebutaan pada mata yang terkena.

Siapa pun dapat terkena penyakit Coats, tetapi umumnya penyakit ini sangat jarang terjadi. Penyakit Coats biasanya menyerang laki-laki lebih banyak daripada perempuan dengan rasio 3 banding 1.

Usia rata-rata saat diagnosis dengan penyakit Coats yaitu pada usia 8 hingga 16 tahun. Di antara anak-anak dengan penyakit Coats, sekitar dua pertiga memiliki gejala pada usia 10 tahun. Sekitar sepertiga orang-orang yang lain, mengalami gejala penyakit Coats pada usia 30 tahun atau lebih.

Pada sebagian besar kasus penyakit Coats biasanya hanya menyerang satu mata dan sering didiagnosis pada masa kanak-kanak. Penyebab pastinya tidak diketahui, tetapi pengobatan dini dapat membantu menyelamatkan penglihatan Anda.

Apa yang menyebabkan Penyakit Coats?

Masih belum diketahui secara pasti penyebab dari penyakit Coats. Namun terdapat beberapa tanda dan gejala yang biasa muncul pada penyakit Coats.

Tanda dan gejala Penyakit Coats

Tanda dan gejala biasanya dimulai pada masa kanak-kanak. Penyakit Coats awalnya mungkin ringan, tetapi beberapa orang juga memiliki gejala yang parah. Tanda dan gejala penyakit Coats termasuk:

  • efek mata-kuning (mirip dengan mata merah) yang dapat dilihat dalam fotografi blitz
  • strabismus, atau mata juling
  • leukocoria, massa putih di belakang lensa mata
  • kemunduran penglihatan

Gejala selanjutnya yang mungkin terjadi termasuk:

  • warna kemerahan pada iris
  • uveitis, atau radang mata
  • ablasi retina
  • Glaukoma
  • Katarak
  • atrofi bola mata

Gejala penyakit Coats biasanya terjadi hanya pada satu mata, meskipun pada beberapa kasus penyakit Coats dapat mempengaruhi kedua bola mata.

Bagaimana cara mencegah Penyakit Coats?

Penyakit Coats merupakan penyakit langka yang tidak diketahui penyebabnya dan tidak ada obat untuk menangani penyakit tersebut, tetapi pengobatan secara dini dapat meningkatkan peluang Anda untuk mencegah hilangnya penglihatan Anda.

Kebanyakan orang dapat merespons pengobatan dengan baik. Tetapi sekitar 25 persen orang mengalami kelanjutan perkembangan yang mengarah pada pengangkatan bola mata.

Bagaimana cara mengobati Penyakit Coats?

Diagnosa Penyakit Coats

Jika Anda (atau anak Anda) memiliki gejala penyakit Coats, segera temui dokter Anda. Penanganan awal mungkin dapat menyelamatkan penglihatan Anda. Beberapa  gejala dari penyakit Coats dapat meniru gejala-gejala dari kondisi penyakit lain, seperti retinoblastoma, yang dapat mengancam jiwa.

Diagnosis dibuat setelah pemeriksaan mata secara menyeluruh, ditambah dengan pemeriksaan gejala dan riwayat kesehatan. Pemeriksaan diagnostik dapat mencakup tes pencitraan seperti:

  • Angiografi fluorescein retina
  • Ekografi
  • CT scan

Pengobatan Penyakit Coats

Penyakit Coats bersifat progresif. Dengan pengobatan secara dini, dimungkinkan untuk memperbaiki beberapa penglihatan. Beberapa opsi pengobatan penyakit Coats yaitu:

Operasi laser (fotokoagulasi)

Prosedur fotokoagulasi menggunakan laser untuk mengecilkan atau menghancurkan pembuluh darah.

Cryosurgery

Tes pencitraan membantu memandu aplikator seperti jarum (cryoprobe) yang menghasilkan dingin yang ekstrim. Alat tersebut digunakan untuk membuat goresan di sekitar pembuluh darah abnormal, yang membantu menghentikan kebocoran lebih lanjut.

Suntikan intravitreal

Di bawah anestesi lokal, dokter Anda dapat menyuntik obat kortikosteroid ke mata Anda untuk membantu mengendalikan peradangan. Injeksi faktor pertumbuhan endotel anti-vaskular (anti-VEGF) dapat mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru dan mengurangi pembengkakan.

Vitrektomi

Vitrektomi adalah prosedur bedah yang dilakukan dengan cara mengangkat gel vitreous dan memberikan akses yang lebih baik ke retina.

Scleral bulking

Prosedur scleral bulking dilakukan dengan cara menempelkan kembali retina dan biasanya dilakukan di ruang operasi rumah sakit.

Pada tahap akhir penyakit Coats, dapat terjadi atrofi bola mata yang dapat menyebabkan operasi pengangkatan bola mata pada mata yang mengalami penyakit Coats. Prosedur tersebut disebut dengan enukleasi.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit