Penjelasan Medis Darah Haid Bukan Darah Kotor

Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Penjelasan Medis Darah Haid Bukan Darah Kotor

Budaya masyarakat Indonesia bahwa dara dari haid atau menstruasi memang dikeluarkan wanita pada setiap bulannya sering kali dikaitkan dengan ungkapan darah yang kotor. 

Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan darah kotor? Apakah bedanya dengan darah yang dikeluarkan pada saat tergores? Benarkan darah haid merupakan darah yang kotor?

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Apakah Darah Haid merupakan darah kotor?

Haid atau yang biasa dikenal dengan menstruasi sering disebut dengan datang bulan,merupakan sebuah siklus normal bulanan yang terjadi pada wanita di mana  mengalami perdarahan dari organ intim yang dimilikinya. 

Darah yang keluar dari organ intim tersebut dianggap sebagai darah kotor. Namun, anggapan tersebut tak benar dari sis medis.

Darah yang berasal dari menstruasi bukanlah darah kotor seperti yang selama ini banyak orang percaya. Darah dari menstruasi sebenarnya tak berbeda dengan darah saat mengalami luka atau darah mimisan

Perbedaanya, darah dari menstruasi terkandung sisa jaringan dari dinding rahim yang telah luruh setelah mengalami proses ovulasi.

Haid atau menstruasi terjadi pada saat lapisan pada dinding rahim dalam diman banyak terkandung pembuluh darah mengalami luruh dan keluar melalui organ intim wanita. 

Setiap bulannya tubuh Anda mempersiapkan kehamilan dengan cara lepaskan sel telur. Pelepasan sel telur dari indung telur tersebut yang biasa disebut sebagai ovulasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Bila sel telur yang dilepas tak dibuahi oleh sel sperma, sel telur ini akan ikut terlarut dan keluar bersama dengan darah dari dinding rahim wanita. Pada saat tersebut juga, kadar dari hormon estrogen dan progesterone akan mulai turun. 

Tingkat progesteron dan estrogen yang sangat rendah dapat memberitahukan tubuh untuk memulai menstruasi atau haid.

Ketika Anda mengalami menstruasi atau haid, tubuh Anda akan membuang tumpukan bulanan yang berasal dari dinding rahim Anda. Darah hasil menstruasi dan jaringan akan mengalir dari rahim lewat lubang kecil di leher rahim dan keluar dari tubuh melalui organ intim.

Dalam siklus menstruasi wanita akan mengalami kehilangan pasokan darah bersih yang mengandung hemoglobin. Oleh karena itu, pada saat menstruasi atau haid tubuh dapat menjadi lemas dikarenakan kekurangan zat besi.

Apa yang dimaksud dengan darah kotor?

Secara medis, darah kotor merupakan darah yang mengalami kekurangan oksigen (deoxygeneted blood) atau kadar karbon dioksidanya selalu dalam keadaan tinggi. Sebaliknya, darah yang kaya akan oksigen biasa disebut dengan darah bersih (oxygenated blood).

Darah yang mengalir dari jantung menuju paru-paru untuk menghasilkan oksigen, kemudian darah tersebut akan kembali dialirkan ke jantung dan seluruh tubuh. Darah yang mengalami kurang oksigen alias darah kotor akan dipompa oleh bilik kanan jantung, kemudian mengalir ke paru-paru lewat arteri pulmonalis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Selanjutnya paru-paru akan mengikat oksigen, sehingga darah yang mengalir ke jantung dan seluruh tubuh merupakan darah yang kaya akan oksigen. Bila kadar oksigen dalam darah dalam keadaan rendah, paru-paru akan kekurangan oksigen untuk dialirkan ke jantung dan seluruh tubuh. Kondisi ini biasa disebut dengan hipoksemia.

Hiposekmia merupakan keadaan yang dapat mengganggu fungsi normal tubuh, termasuk dalam fungsi otak, hati, jantung, dan organ lainnya. Saat kadar oksigen yang terdapat dalam darah Anda mulai rendah, Anda akan merasakan gejala seperti sesak napas sebagai respon dari paru-paru agar meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Selain itu gejala yang lainnya adalah detak jantung cepat sebagai sebuah respon dari jantung untuk membantu mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Terdapat juga adanya nyeri dada, dikarenakan jantung tidak menerima cukup oksigen. 

Gejala yang lain adalah sakit kepala, badan lemas, linglung, gelisah.

Jadi jika Anda memiliki darah kotor dalam tubuh, Anda pasti akan merasakan gejala-gejala yang disebutkan di atas tadi, baik itu pada laki-laki maupun perempuan. 

Berbeda dengan darah menstruasi tidak kekurangan oksigen atau kelebihan karbon dioksida, melainkan darah normal yang terdapat dalam tubuh. Karena itulah darah haid adalah bukan darah kotor.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Menstrual hygiene management in schools in South Asia. (n.d.). (https://washmatters.wateraid.org/sites/g/files/jkxoof256/files/WA_MHM_SNAPSHOT_INDIA.pdf)
Graham BM, et al. (2018). Sex hormones are associated with rumination and interact with emotion regulation strategy choice to predict negative affect in women following a sad mood induction. DOI: (https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2018.00937/full)
Every woman’s right to water, sanitation, and hygiene. (2014). (https://www.ohchr.org/EN/NewsEvents/Pages/Everywomansrighttowatersanitationandhygiene.aspx)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app