Olahraga dan Kebugaran

7 Pose Dasar Yoga untuk Pemula

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 2 menit
7 Pose Dasar Yoga untuk Pemula

Yoga adalah salah satu olahraga yang digemari banyak orang karena mudah dilakukan dimana saja, baik dengan instruktur atau tanpa instruktur. Untuk pemula, memang sebaiknya ditemani instruktur yoga, namun Anda tetap bisa berlatih yoga sendiri dengan melakukan pose dasar yang disarankan. 

7 Pose Dasar Yoga untuk Pemula

Selain itu, Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter bila mempunyai kondisi medis tertentu. Berikut ini 7 pose dasar yoga yang disarankan untuk pemula.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

1. Bridge pose

Pose yoga ini diawali dengan membentangkan dada dan paha untuk meregangkan tulang. Kemudian berbaring pada lantai, tekuk lutut agar sejajar diatas tumit. Letakkan tanagn di samping dengan telapak menghadap ke bawah. 

Lalu angkat pinggul hingga paha sejajar dengan lantai dan bawan dada ke dagu. Lakukan gerakan ini selama 1 menit.

2. Triangle pose

Triangle pose ini diawali dengan berdiri tegal dengan kaki terbuka sejauh 3 langkah. Kemudian arahkan jari kaki kanan ke arah kanan sedangkan jari kiri ke kiri. Rentangkan tangan pada kedua sisi dengan tetap menghadap arah bawah. 

Arahkan tubuh ke samping kanan dengan jari kanan menyentuh jari kaki kanan atayu lutut. Arahkan tangan kiri menghadap ke langit-langit dan arahkan pandangan ke atas. Tahan posisi ini selama 5 tarikan napas kemudian ganti arah sebaliknya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

3. Mountain pose

Pose ini mungkin terkesan sederhana, Anda hanya perlu berdiri dengan tegak dengan tumit sedikit melebar. Kemudian letakkan tangan di samping tubuh, lalu tarik bahu ke bawah dan rentangkan tulang selangka. Posisikan kepala sejajar dengan bahu sedangkan dagu sejajar dengan lantai. 

Punggung bawah dan panggul harus netral, tidak melengkung atau terselip. Lakukan gerakan ini selama 30 detik. Bila dilakuakn dengan benar, mountain pose ini bisa memperbaiki postur tubuh dan juga keseimbangan.

4. Downward facing dog

Pose ini memberikan manfaat pada tubuh bagian atas serta meregangkan otot dada, kaki, lengan, dan punggung. Pose ini diawali dalam posisi merangak kemudian tekan seluruh jari dan telapak kaki di lantai. Posisikan tangan sedikit di depan bahu. 

Buang napas dan mulai luruskan kaki hingga tumit muncul dari lantai. Lalu angkat tulang pantat ke langit-langit dan dorong tumit ke arah lantai. Pelan-pelan tekan telapak tangan ke lantai dan luruskan lengan saat menarik bahu ke bawah.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

5. Cobra

Pose cobra ini diawali dengan posisi badan telungkup sejajar dengan lantai dengan jari tangan dibawah bahu. Kemudian regangkan kaki hingga jari kaki menyentuh lantai. Lalu kencangkan dasar panggul dan kunci perut. Tekan bahu ke atas dan dorong ibu jari dan telunjuk. 

Arahkan dada ke depan dan ulangi beberapa kali.

6. Warrior

Pose warrior diawali dengan berdiri dengan jarak antara kaki sejauh 4 langkah. Kemudian tekuk kaki kanan hingga membentuk sudut 90 derajat. Arahkan tangan ke pinggul dan rilekskan bahu kemudian perpanjang lengan ke samping dengan telapak tangan menghadap ke bawah. 

Hadapkan pandangan ke arah tangan kanan. Lakukan gerakan ini selama 1 menit untuk setiap kaki.

7. Tree pose

Tree pose ini diawali dengan berdiri tegak dengan tangan di samping tubuh dan berat tumpuan pada kaki kiri. Lalu angkat kaki kanan dan letakkan pada pada dalam kaki kiri dan tetap jaga pinggul agar menghadap ke depan. 

Ketika tubuh sudah seimbang bawa tangan ke depan seperti posisi berdoa. Saat mengambil napas, rentangkan tangan ke atas berhadapan satu sama lain, lalu buang napas dan kembali ke posisi semula.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yoga as a Complementary Treatment of Depression. Medscape. (https://www.medscape.com/viewarticle/570649)
Yoga Poses for Beginners: 5 Basic Poses to Get You Started. Healthline. (https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/beginner-yoga-poses)
Yoga: Methods, types, philosophy, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/286745.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Cara Mengatasi Pegal Akibat Terlalu Lama Duduk
Cara Mengatasi Pegal Akibat Terlalu Lama Duduk

Terlalu lama melakukan aktivitas yang sama seperti duduk di kursi selama beberapa jam dapat mempengaruhi postur tubuh anda yang ideal. Apa treatment yang bisa anda lakukan? Simak penjelasannya berikut ini.

Buka di app