Pahami 6 Jenis Obesitas Yang Bisa Menyerang Tubuh Anda

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pahami 6 Jenis Obesitas Yang Bisa Menyerang Tubuh Anda

Kasus obesitas semakin hari semakin meningkat, disebabkan akibat gaya hidup dan pola makan yang kurang  sehat. Obesitas merupakan penumpukan lemak tubuh dalam jumlah berlebih yang menyebabkan berat badan tubuh melonjak. 

Obesitas dapat menimbulkan berbagai risiko penyakit degeneratif, seperti stroke, jantung koroner, gagal jantung, diabetes mellitus, dan kanker.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Apa saja jenis-jenis  obesitas?

Ternyata, penderita obesitas tidak melulu  terlihat gemuk atau mempunyai perut buncit. Penumpukan lemak bisa menyerang di semua bagian tubuh, tergantung dari bagaimana pola gaya hidup dan karakteristik masing-masing orang. Berikut adalah jenis-jenis obesitas jika dilihat dari tempat penumpukan lemaknya.

Obesitas karena jarang berolahraga dan bergerak

Jika Anda memiliki tumpukan dan lipatan lemak pada dada hingga perut bagian bawah atau sering juga pada punggung tubuh.  Jika hal ini terjadi, maka dapat dipastikan anda kurang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Rupanya olahraga dapat  mencegah terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh. 

Kementerian Kesehatan Indonesia menganjurkan untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga minimal 30 menit sehari.   Olahraga disini tidak selalu harus jogging ataupun olahraga berat lainnya, olahraga juga bisa dilakukan dengan sederhana, seperti berjalan kaki atau bersepeda. 

Jika Anda salah satu orang yang malas melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, jangan sampai suatu hari nanti anda akan mengalami obesitas karena cenderung memiliki tumpuk dan lipatan lemak secara berlebih.

Obesitas akibat makanan dan minuman

Makanan dan minuman adalah salah satu penyebab utama terjadinya obesitas. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berlebihan dapat menyebabkan berat badan dan jumlah lemak dalam tubuh meningkat.  

Terutama pada makanan yang tinggi kalori dan rendah zat gizi, misalnya gula dan makanan ringan lainnya. Biasanya, obesitas ini memiliki ciri-ciri seperti terjadinya penumpukan lemak pada bagian leher, dagu, dan dada.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obesitas vena

Obesitas ini disebabkan akibat dari tersumbatnya pembuluh darah vena.. Risiko anda untuk terkena obesitas ini cukup besar jika dalam keluarga  ada yang mengalami penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan ini dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan berlemak dalam jumlah yang terlalu banyak. 

Sehingga, anjuran untuk mencegah dan mengatasinya adalah dengan melakukan olahraga maupun aktivitas fisik secara teratur. Ciri-ciri penumpukan lemak yang terjadi pada obesitas vena yaitu pembengkakan vena yang muncul di bagian kaki dan bagian bokong.

Obesitas akibat rasa cemas yang berlebihan

Kondisi ini sering merasakan cemas yang berlebihan atau merasa tidak tenang atas suatu kejadian. Rasa cemas yang berlebihan ini ternyata dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh yang nanti berpengaruh ke pola dan gaya hidup anda, seperti mengonsumsi makanan-makananan yang mengandung lemak atau gula yang berlebih. 

Oleh karena itu, obesitas yang disebabkan oleh perasaan cemas yang berlebihan dapat terlihat dari lipatan lemak pada perut bagian tengah.

Obesitas aterogenik

Perut buncit menjadi salah satu tanda  dari obesitas. Perut yang buncit disebabkan karena penumpukan lemak yang berlebihan di bagian  perut. Hal ini dapat memberikan pengaruh yang buruk bagi kesehatan, misalnya para pria dengan perut buncit lebih susah untuk bernapas. Bahkan obesitas aterogenik lebih berbahaya dibandingkan dengan jenis obesitas lainnya..

Obesitas gluten

Tipe obesitas ini cenderung lebih banyak terjadi pada perempuan yang sudah memasuki masa menopause dan keseimbangan tubuh yang menurun. Ciri-ciri orang yang menderita obesitas gluten adalah terdapat kelebihan lemak pada bagian panggul.

34 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pediatric obesity: Causes, symptoms, prevention and treatment (Review). Spandidos Publications. (https://www.spandidos-publications.com/10.3892/etm.2015.2853)
Wright, Suzanne & Aronne, Louis. (2012). Causes of Obesity. Abdominal imaging. 37. 730-2. 10.1007/s00261-012-9862-x. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/221715275_Causes_of_Obesity)
Obesity Causes And Its Management. Open Access Journals. (https://www.omicsonline.org/proceedings/obesity-causes-and-its-management-6425.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app