Badan Anda Gemuk? Mungkin Itu Salah Ayah Anda

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Badan Anda Gemuk? Mungkin Itu Salah Ayah Anda

Badan Anda gemuk? Atau sudah berkali-kali diet tapi selalu gagal total? Salahkah sperma ayah Anda.  Ini mungkin terdengar aneh, tapi sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism menemukan bahwa berat badan seorang pria dapat mengubah informasi yang dibawa di dalam spermanya dan meningkatkan risiko terjadinya obesitas pada anaknya. 

Peneliti membandingkan penanda epigenetik dalam sperma dari 13 pria langsing dan 10 pria obesitas, serta sperma dari enam pria obesitas sebelum dan setelah operasi penurunan berat badan

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Menurut penelitian, penanda epigenetik pada sperma pria bertubuh ramping dan obesitas memiliki perbedaan yang cukup signifikan terkait gen yang memepengaruhi  perkembangan otak. Sementara itu, sperma pria obesitas sebelum dan setelah operasi memiliki perbedaan besar dalam penanda epigenetik untuk gen yang bertugas mengatur nafsu makan.

Peneliti menganjurkan pria untuk menjaga berat badan idealnya dengan mempraktikkan pola hidup sehat dengan pola makan yang benar dan rutin berolahraga jika ingin keturunannya berberat badan ideal. 

Hasil penelitian ini juga mengonfirmasi penelitian sebelumnya oleh Barres, yang menemukan tikus jantan yang diberi makanan berlemak cenderung memiliki keturunan yang  gemuk. 
Meskipun demikian temuan studi ini masih perlu didukung oleh riset lainnya lebih lanjut.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sperm carries information about dad's weight. ScienceDaily. (https://www.sciencedaily.com/releases/2015/12/151203135836.htm)
Male Obesity: Epigenetic Origin and Effects in Sperm and Offspring. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5768668/)
Paternal obesity: how bad is it for sperm quality and progeny health?. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5657098/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app