Olivopontocerebellar atrophy - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Mei 12, 2019 Update terakhir: Apr 30, 2020 Waktu baca: 3 menit

Atrofi Olivopontocerebellar adalah gangguan neurologis yang jarang tetapi merupakan suatu kondisi yang serius. Gangguan ini menyebabkan degenerasi jaringan saraf dan atrofi di otak. Dokter percaya bahwa Atrofi Olivopontocerebellar mirip dengan gangguan multiple system atrophy (MSA).

Atrofi Olivopontocerebellar memiliki banyak gejala yang sama dengan gangguan  multiple system atrophy . Salah satu gejala yang paling sering adalah ataksia. Ataksia adalah kesulitan dalam mengendalikan gerakan otot pada gaya berjalan. Mendiagnosis Atrofi Olivopontocerebellar bisa jadi sulit karena begitu banyak gejala yang mirip dengan gangguan  multiple system atrophy .

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Gangguan neurologis juga memiliki gejala yang mirip dengan Atrofi Olivopontocerebellar. Misalnya, penyakit Parkinson yang terlihat mirip dengan Atrofi Olivopontocerebellar. Beberapa gejala yang sama termasuk tremor dan gangguan keseimbangan. Tes pencitraan diagnostik juga dapat membantu ahli saraf mencari area kerusakan dan mendiagnosis gangguan tersebut.

Tidak ada pengobatan untuk mengatasi Atrofi Olivopontocerebellar. Dokter hanya dapat menawarkan pengobatan yang dapat membantu seseorang dengan Atrofi Olivopontocerebellar agar dapat hidup selama mungkin.

Apa yang menyebabkan terjadinya Atrofi Olivopontocerebellar?

Masih belum diketahui penyebab dari Atrofi Olivopontocerebellar. Namun, Atrofi Olivopontocerebellar tampaknya dapat diturunkan pada keluarga. Penyakit ini juga dapat muncul tiba-tiba di mana tidak ada riwayat keluarga dengan penyakit Atrofi Olivopontocerebellar.

Beberapa dokter percaya bahwa kontak lingkungan dengan bahan-bahan kimia tertentu dapat menyebabkan Atrofi Olivopontocerebellar. Misalnya, seseorang yang tidak memiliki riwayat keluarga dengan Atrofi Olivopontocerebellar dapat mengalami Atrofi Olivopontocerebellar di usia lanjut karena kontak dengan bahan-bahan kimia. Bahan kimia seperti karbon disulfida dan karbon dioksida telah terbukti berkontribusi pada pengembangan Atrofi Olivopontocerebellar.

Tanda dan gejala Atrofi Olivopontocerebellar

Beberapa gejala Atrofi Olivopontocerebellar yang sering terjadi termasuk:

Jika Anda atau orang terdekat Anda mengalami tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan di atas. Segera konsultasikan kondisi tersebut ke dokter atau datangi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Bagaimana cara mencegah Atrofi Olivopontocerebellar?

Penyakit Atrofi Olivopontocerebellar tidak dapat dicegah karena masih belum diketahui penyebab pastinya. Orang-orang dengan Atrofi Olivopontocerebellar akan kehilangan lebih banyak keterampilan tubuh mereka saat penyakit ini berkembang. Dokter mungkin dapat membantu mengurangi gejala-gejala dari penyakit tersebut. Terapis fisik dan okupasi juga dapat membantu Anda hidup tanpa bantuan pengasuh.

Berkurangnya mobilitas dan hilangnya kontrol pada individu bisa jadi sulit untuk diatasi. Dukungan dari teman dan keluarga sangat penting untuk kesejahteraan emosional seseorang dengan Atrofi Olivopontocerebellar.

Bagaimana cara mengobati Atrofi Olivopontocerebellar?

Diagnosa
Dokter akan menggunakan tes diagnostik dan meninjau gejala Anda untuk mendiagnosis Atrofi Olivopontocerebellar. Dokter juga akan sering berkonsultasi dengan ahli saraf ketika dokter melihat adanya tanda-tanda gangguan neurologis.

Ahli saraf dapat melihat dari tanda-tanda neurologis dan membuat keputusan tentang penyebab dari kondisi tersebut. Diagnosis berdasarkan gejala saja tidak selalu cukup, sehingga dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan scan otak.

Gangguan neurologis yang terjadi dengan Atrofi Olivopontocerebellar termasuk penyakit Parkinson. Penyakit parkinson adalah kelainan saraf yang menyebabkan tangan bergetar.

Tes pencitraan yang digunakan untuk diagnosis Atrofi Olivopontocerebellar meliputi:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • CT scan: cross-sectional, detail sinar-X yang menunjukkan kerusakan otak
  • MRI scan: teknik pencitraan yang menggunakan gelombang radio untuk menunjukkan gambar rinci dari struktur organ

Pengobatan
Karena tidak ada obat untuk mengatasi Atrofi Olivopontocerebellar, dokter akan memfokuskan pengobatan dengan mengurangi gejala dan membantu Anda tetap mandiri selama mungkin.

Pengobatan untuk Atrofi Olivopontocerebellar meliputi:

  • obat anti-tremor, seperti Levodopa
  • alat bantu berjalan, seperti tongkat atau alat bantu jalan
  • kursi roda mekanik
  • terapi okupasi

Terapis okupasi dan fisik dapat membuat sesuatu latihan dan rutinitas peregangan yang akan membantu Anda menjaga keseimbangan dan kekuatan Anda selama mungkin.

Anda juga harus mempelajari teknik-teknik untuk membantu Anda menelan makanan sehingga nutrisi Anda tidak berkurang. Kehilangan kemampuan menelan makanan juga bisa menyebabkan seseorang tersedak.


6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Definition of Olivopontocerebellar atrophy. MedicineNet. (Accessed via: https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=30933)
Multiple system atrophy - cerebellar subtype. MedlinePlus. (Accessed via: https://medlineplus.gov/ency/article/000758.htm)
Olivopontocerebellar Atrophy Information Page. National Institute of Neurological Disorders and Stroke. (Accessed via: https://www.ninds.nih.gov/Disorders/All-Disorders/Olivopontocerebellar-Atrophy-Information-Page)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app