Lakukan Olahraga yang Tepat untuk Atasi Nyeri Sendi

Dipublish tanggal: Feb 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Lakukan Olahraga yang Tepat untuk Atasi Nyeri Sendi

Radang sendi atau nyeri sendi sering kali dialami oleh orang dewasa. Nyeri itu terkadang kambuh dengan sakit yang tak tertahankan. Banyak penderita yang mengurangi aktivitas untuk mengatasi masalah kesehatan ini.

Padahal aktivitas baik untuk kesehatan fisik penderita. Aktivitas fisik dapat membantu meredakan nyeri dan pembengkakan pada persendian. Pada sebuah penelitian menyebutkan bahwa penderita yang banyak beraktivitas bisa berhasil mengurangi nyeri itu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sendi yang sering mengalami nyeri biasanya pada bagian punggung, pinggang, lutut, dan bahu. Radang sendi dapat dikurangi dengan sering melakukan olahraga. Dengan berolahraga dapat membuat otot-otot menjadi lebih kuat sehingga dapat terhindari dari masalah kesehatan ini.

Lantas apa saja olahraga yang harus dilakukan agar terhindar dari penyakit nyeri sendi?

Peregangan

Peregangan dapat dilakukan secara rutin untuk melenturkan sendi yang mengalami peradangan. Aktivitas ini dapat Anda lakukan setiap pagi sebelum mengawali aktivitas harian Anda. Bentuk peregangan yang dapat dilakukan antara lain peregangan lengan, kaki, dan leher.

Peregangan lengan merupakan dasar dari latihan ini. Maka lakukan setiap hari sehingga dapat terhindar dari nyeri yang sering kambuh. Bisa dilakukan dengan menekuk salah satu tangan dan menyilangkannya pada tangan lainnya.

Sedangkan pada persendian kaki, peregangan kaki dapat dilakukan agar sendi kaki lebih lentur. Anda bisa melakukannya dengan duduk meluruskan kedua kaki dan usahakan bisa mencium lutut Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Otot, Tulang dan Sendi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 14

Leher juga menjadi sasaran nyeri yang sering kambuh. Sehingga Anda harus melakukan peregangan pada leher secara rutin.

Yoga

Yoga merupakan latihan pernapasan yang sangat baik untuk kesehatan. Bagi penderita nyeri sendi, olahraga ringan in dapat menghilangkan rasa nyeri yang sering kambuh. Yoga merupakan gabungan antara latihan dan pernapasan disertai gerakan-gerakan tertentu.

Latihan ini juga dipercaya mampu menghilangkan stres dan menyegarkan pikiran. Latihan yoga dapat dilakukan sendiri di rumah dengan gerakan yang ringan. Anda bisa berlatih dengan instruktur yoga yang berpengalaman.

Yoga tidak hanya bagus untuk fisik saja, namun juga membuat psikologis lebih baik. Anda dapat mengkombinasikan beberapa gerakan yoga untuk latihan Anda.

Jogging

Aktivitas berlari santai bisa dilakukan setiap pagi hari ketika udara masih bersih dan segar. Banyak manfaat yang akan didapatkan untuk kesehatan dengan rutin melakukan jogging di pagi hari.

Bagi penderita radang sendi lutut, olahraga ini sangat tepat karena menggunakan gerakan lutut yang tidak membahayakan. Jogging merupakan olahraga yang tepat untuk para olahagawan yang mengalami cedera lutut.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Bersepeda

Selagi masih muda sebaiknya selalu menjaga kesehatan tubuh. Dengan bersepeda di pagi hari dapat menghilangkan stres serta sangat baik untuk kesehatan Anda. Bagi penderita nyeri sendi dapat mencoba olahraga ini karena sudah banyak orang yang dapat menghilangkan rasa nyeri setelah olahraga ini.

Supaya lebih aman hendaknya memilih medan yang cukup landai dan jarak yang tidak terlalu jauh. Sepeda statis juga dapat Anda gunakan untuk melakukan aktivitas olahraga ini.

Berenang

Olahraga terbaik yang bisa membuat seluruh anggota tubuh bergerak dengan aktivitas renang. Renang dapat dilakukan ketika pagi hari saat matahari bersinar dan dapat menghangatkan tubuh.

Air hangat pada kolam dapat meredakan radang sendi Anda Bagi penderita nyeri sendi pada bahu dan punggung bisa meredakan rasa nyeri yang dirasakan.

Senam Ringan

Bagi orang tua yang sudah mengalami radang sendi dapat melakukan senam ringan. Olahraga ini bisa dilakukan di atas matras dengan mengangkat kaki dan ditumpukan pada kursi. Gerakan senam ringan dapat melancarkan peredaran darah setelah aktivitas yang tidak banyak gerakan.

Taichi

Gerakan taichi yang lamban dan terkendali dapat memberikan tekanan pada sendi utama, yaitu pada lutut dan pergelangan kaki. Gerakan taichi yang lembut dapat meningkatkan penyerapan cairan sinovial yang menjadi pelumas pada sendi. Olahraga taichi dapat dilakukan secara rutin untuk menurunkan kelelahan dan nyeri dengan keseimbangan yang lebih baik.

Itulah beberapa jenis olahraga yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri sendi yang sering dialami. Gerakan-gerakan pada latihan di atas juga aman dilakukan bagi penderita radang sendi. Anda dapat melakukan aktivitas olahraga secara rutin untuk menghasilkan tubuh yang sehat.

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2016). Exercise helps ease arthritis pain and stiffness. (http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/arthritis/in-depth/arthritis/art-20047971)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app