Penuh Manfaat, Begini Panduan Latihan Gerakan Tai Chi Bagi Pemula

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Penuh Manfaat, Begini Panduan Latihan Gerakan Tai Chi Bagi Pemula

Selain yoga dan pilates, tai chi juga merupakan salah satu jenis olahraga yang mengutamakan keselarasan pikiran dan tubuh. Manfaat tai chi sangatlah besar, tidak hanya bagi kesehatan tubuh saja tetapi juga untuk otak. 

Bagi Anda yang masih pemula, tak perlu waktu lama-lama untuk beradaptasi dengan olahraga asal Tiongkok ini. Nah, jika penasaran ingin merasakan manfaatnya sendiri, simak ulasan lengkap mengenai panduan gerakan tai chi untuk pemula berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Sekilas mengenai tai chi

Tai chi tidak hanya olahraga semata, tetapi juga seni kebugaran tubuh. Gerakan yang dilakukan bertujuan untuk melatih keseimbangan pikiran dan tubuh. Gerakan tai chi yang mirip aliran air yang tenang akan membawa tubuh dan pikiran Anda jauh lebih rileks. 

Efek yang dirasakan hampir sama dengan meditasi. Meski kondisi pikiran sangat rileks, namun saat bersamaan tubuh akan tetap bekerja sehingga Anda bisa tetap bugar.

Latihan tai chi lebih berfokus pada mengendalikan pernapasan, melatih konsentrasi, serta mengatur irama tubuh selayaknya air mengalir. Dengan melakukan gerakan tai chi, energi dalam diri Anda akan bangkit atau dikenal dengan istilah "qi". Jenis energi inilah yang akan membantu menyelaraskan kerja pikiran dan tubuh Anda.

Apa saja manfaat tai chi untuk kesehatan?

Selain bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh, tai chi juga dipercaya bisa menjadi metode pengobatan beberapa masalah kesehatan. Kesehatan mental pun bisa terjaga dengan melakukan gerakan tai chi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat tai chi bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan konsentrasi

Dengan rutin melakukan gerakan tai chi, tingkat kefokusan Anda akan semakin tajam. Pikiran Anda pun menjadi lebih jernih, baik itu saat bekerja, belajar, berpikir, serta kondisi lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

2. Menguatkan otot

Meski gerakan dalam olahraga ini relatif tenang, namun dalam beberapa pose di mana Anda diharuskan untuk menahan gerakan dalam waktu yang lama. Gerakan tersebut dapat melatih kerja otot tubuh agar semakin kuat.

3. Menjaga kesehatan jantung

Jenis gerakan tai chi cukup dinamis seperti menendang, membungkuk, dan berjongkok. Selain itu, tai chi juga lebih mengutamakan latihan pernapasan sehingga mampu menurunkan tekanan darah serta membantu menguatkan jantung.

4. Melatih kelenturan tubuh

Gerakan tai chi membutuhkan keluwesan, kekuatan, dan koordinasi beberapa bagian tubuh. Dengan melakukan gerakan tersebut, tubuh akan menjadi semakin lentur. 

Olahraga ini sangat bermanfaat bagi Anda yang mengalami masalah motorik, terutama bagi para lansia yang keseimbangan tubuhnya mulai menurun. Nyeri otot dan sendi pun akan berkurang jika rutin berlatih tai chi.

5. Meredakan kecemasan, depresi dan stres

Latihan tai chi sangat dianjurkan untuk dilakukan di tempat terbuka seperti taman ataupun pantai. Gerakan tai chi akan membuat kesadaran Anda semakin meningkat dan juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan mental. 

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengendalikan gejala stres, depresi, dan kecemasan yang mengganggu hari-hari Anda.

Baca Selengkapnya: 10 Cara Tai Chi Dapat Bermanfaat Bagi Kesehatan Anda

Panduan gerakan tai chi untuk pemula

Sesi latihan tai chi untuk pemula biasanya berlangsung selama 12 minggu, di mana dalam satu minggunya diadakan latihan sebanyak dua kali. Anda bisa belajar langsung dari master tai chi atau mengikuti panduan singkat latihan tai chi di bawah ini.

  • Ambil posisi berdiri tegak dengan dua kaki terbuka selebar bahu. Letakkan kedua tangan di pinggul kemudian secara perlahan putar kepala mengikuti arah jarum jam. Selanjutnya putar kepala ke arah yang berlawan. Lakukan gerakan tersebut masing-masing sebanyak 3 kali sembari menarik dan membuang napas dengan perlahan.
  • Mengangkat kedua tangan sampai setinggi perut kemudian kibas-kibaskan telapak tangan. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 3 kali. Kemudian lakukan gerakan menyapu dinding menggunakan telapak tangan dan jika sudah mencapai atas kepala, turunkan secara perlahan. Gerakan ini dilakukan sebanyak 6 kali.
  • Lakukan gerakan “dua purnama” dengan mengangkat kedua lengan ke depan, lalu tarik ke belakang hingga membentuk lingkaran purnama yang sempurna. Lakukan gerakan ini hingga 6 kali.
  • Gerakan melebarkan sayap dengan membuka lengan di mana arah telapak menghadap ke bawah. Rentangkan kedua lengan dengan tegap dan lurus. Kembali lagi ke posisi awal dengan tangan diletakkan di dada. Ulangi gerakan ini sebanyak 6 kali.
  • Gerakan membelah air, dilakukan dengan cara menggerakkan tangan seperti ketika Anda berenang. Ayunkan masing-masing lengan ke sisi tubuh, lalu kembalikan lagi ke posisi semua. Gerakan ini diulang sebanyak 6 kali.

Inti dari tai chi adalah pengaturan pernapasan. Jadi, saat Anda melakukan beberapa gerakan di atas, perhatikan juga teknik pernapasan dengan benar. Jika dilakukan secara rutin, tai chi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik serta mental.  

26 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zheng S, et al. (2018). The effects of twelve weeks of tai chi practice in stressed but healthy people compared to exercise and wait-list groups–A randomized controlled trial. DOI: (https://doi.org/10.1002/jclp.22482)
Yeung A, et al. (2017). Qigong and tai-chi for mood regulation. DOI: (https://doi.org/10.1176/appi.focus.20170042)
Wu W, et al. (2018). Effects of tai chi on exercise capacity and health-related quality of life in patients with chronic obstructive pulmonary disease: A systematic review and meta-analysis. DOI: (https://dx.doi.org/10.2147%2FCOPD.S70862)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app