Zoledronic Acid: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 20, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Jun 14, 2019 Waktu baca: 3 menit

Zoledronic acid atau dikenal dengan zoledronate adalah salah satu obat yang digunakan pada terapi penyakit tulang

Obat ini merupakan obat baru yang telah diuji secara klinis dan disetujui oleh WHO dan FDA di Amerika Serikat. Obat ini memiliki kaya sekali manfaat sehingga negara maju mulai menggunakan obat ini sebagai standar terapi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Zoledronic acid merupakan obat golongan asam bifosfonat yang berfungsi untuk mencegah penyerapan osteoklas pada tulang. 

Zoledronic acid bekerja pada jaringan tulang dan bertindak sebagai analog isoprenoid difosfonat yang menghambat sintesis FPP atau Farnesyl Pyrophosphate. 

Mekanisme ini dapat menghambat aktivitas osteoklas tulang serta menghambat penyerapan tulang kembali, teruatama pada wanita postmenopause.

Mengenai Zoledronic Acid

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Solusi injeksi

Kandungan:

Golongan asam bifosfonat

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Manfaat Zoledronic Acid

Zoledronic acid dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk perbaikan tulang akibat suatu penyakit dan keganasan. Obat ini cocok diberikan sebagai terapi penyakit tulang seperti:

Osteoporosis
Osteroporosis adalah suatu penyakit disebabkan oleh pengeroposan tulang. Faktor penuaan menjadi sebab utama timbulnya kondisi ini. Massa tulang berkurang seiring berjalannya waktu dan usia yang menyebabkan tulang menjadi murah rapuh. Kepadatan tulang yang menurun juga beresiko rentannya retak pada tulang.

Osteoporosis banyak terjadi pada wanita. Hampir 50% wanita mengidap osteoporosis yang secaraa dominan ditimbulkan akibat post menopause

Postmenopause
Terjadinya menopause adalah karena Hormon estrogen pada wanita yang semakin berkurang. Sehingga kalsium tidak dapat diangkut ke dalam tulang secara maksimal. Kondisi ini semakin meningkat pada wanita usia di atas 75 tahun. Kehadiran menopause pada wanita menjadi tanda kemungkinan munculnya osteoporosis secara perlahan.

Paget
Penyakit paget suatu jenis penyakit tulang yang terjadi akibat terganggunya proses regenerasi tulang sehingga tulang menjadi mudah rapuh, patah, serta berubah bentuk. 

Resiko timbulnya penyakit paget akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Ini terjadi akibat adanya faktor usia, dan keturunan yang identik dengan pengaruh genetik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Penyakit paget dapat meningkatkan resiko penyakit lainnya seperti osteoarthritis, deformitas tulang, hingga gagal jantung.

Kanker Tulang
Penyebab kanker tulang secara spesifik masih belum diketahui. Tetapi faktor resiko dari kanker di organ lain menjadi suatu alasan yang mungkin dapat terjadi akibat menjalarnya sel kanker yang bermetastase.

Faktor dari DNA dapat diturunkan dari riwayat keluarga berupa gen yang membawa protein yang bertujuan untuk fungsi sel-sel di dalam tubuh dan mengontrol perkembangan. 

Mutasi DNA yang terganggu mengaktivasikan sel tumor terutama pada tulang.  Peningkatan kadar kalsium di dalam darah dan membawanya ke dalam jaringan tulang juga dapat memicu terjadinya kanker.

Dosis Dan Cara Pemberian Zoledronic Acid

Obat Zoledronic acid tersedia dalam bentuk injeksi  intravena 4 mg/100ml solution diberikan perlahan selama 15 menit pada penderita osteoporosiskanker metastase.  

Penggunan sesuai dosis diberikan melalui hasil pemeriksaan kadar kalsium tulang. Obat diberikan selama 3 minggu sekali dan dapat ditambah dengan suplemen kalsium 500 mg dan vitamin D 400 unit. 

Untuk penyakit paget dan post menopause, berikan injeksi intravena 5 mg/ 100 ml selama 15 menit ditambah suplemen kalsium dosis tinggi yaitu 1500 mg dibagi 3 dosis. 

Karena obat ini diserap melalui ginjal, maka dihimbau untuk selalu memantau nilai fungsi kreatinin. Apabila terjadi peningkatan, dosis zoledronic acid harus diturunkan.  

Efek Samping Zoledronic Acid

Efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan zoledronic acid yaitu:

  • Nyeri daerah injeksi
  • Konstipasi
  • Diare
  • Nyeri otot
  • Nafsu makan menurun
  • Nyeri perut
  • Sulit tidur
  • Demam ringan
  • Kerontokan rambut

Efek samping pada ginjal

Hasil penelitian obat telah menemukan bahwa obat zoladrenic acid dapat beresiko menyebabkan gangguan ginjal. Maka selama pemberian obat ini, pasien disarankan untuk menjaga hidrasi tubuh dengan minum air yang cukup dan mencegah dehidrasi.

Interaksi Obat

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. 

Selalu beritahukan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Perhatian

Beberapa informasi yang perlu diketahui dan informasi yang perlu diketahui dokter sebelum diberikan terapi dengan zoledronic acid

  • Obat ini tidak boleh diberikan pada ibu hamil dan menyusui
  • Memiliki alergi terhadap obat terkait
  • Memiliki riwayat penyakit ginjal
  • Tidak boleh diberikan bersamaan dengan antibiotik seperti amikacin, gentamycin, kanamcyin, neomycin, streptomycin, dan tobramycin
  • Tidak boleh diberikan bersamaan dengan aspirin, ibuprofen, naproxen
  • Tidak boleh diberikan bersamaan dengan obat streoid seperti methylprednisolone, prednisone, dexamethasone
  • Tidak boleh diberikan dengan obat diuretik

Informasikan kepada dokter apabila anda telah menerima terapi obat bifoosfonat sebagai penanganan pada penyakit tulang anda.


15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zoledronic acid dose. Information on zoledronic acid. Patient. (https://patient.info/medicine/zoledronic-acid-aclasta-zometa)
Reclast (zoledronic acid): Osteoporosis Drug Side Effects & Dosage. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/zoledronic_acid/article.htm)
Definition of zoledronic acid. National Cancer Institute. (https://www.cancer.gov/publications/dictionaries/cancer-terms/def/zoledronic-acid)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app