10 Obat Sakit Kepala Alami yang Ampuh Tanpa Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Nov 25, 2021 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
10 Obat Sakit Kepala Alami yang Ampuh Tanpa Efek Samping

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Jika hanya menderita sakit kepala ringan, obat sakit kepala alami memang lebih dianjurkan sebagai bentuk pertolongan awal;
  • Minyak esensial seperti minyak peppermint dan lavender bisa menjadi pilihan obat sakit kepala alami yang cukup efektif, terutama pada sakit kepala tegang;
  • Menerapkan kompres dingin dengan es batu pada area leher atau kepala juga dapat dijadikan solusi obat sakit kepala alami;
  • Tambahkan asupan magnesium dan suplemen vitamin B kompleks dalam menu makanan sehat untuk membantu mengatasi efek sakit kepala;
  • Klik untuk membeli suplemen vitamin atau obat saraf dan otak lainnya melalui HDMall. Gratis ongkir ke seluruh Indonesia dan bisa COD.

Sebagian orang mungkin pernah merasakan nyeri sakit kepala di tengah kesibukan dan tekanan sehari-hari. Tak jarang, penggunaan obat sakit kepala yang tersedia di apotek menjadi pilihan utama. Namun, ada pula beberapa cara lain yang bisa dijadikan sebagai obat alami sakit kepala.

Sebenarnya, sakit kepala adalah suatu indikator awal yang menunjukkan bahwa tubuh kehilangan atau membutuhkan sesuatu, seperti nutrisi, air atau tidur. Sakit kepala juga dapat menjadi pertanda dari kondisi serius yang mendasari, terlebih bila telah berlangsung cukup lama atau disertai dengan gejala lain yang tak biasa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Terlepas dari jenis sakit kepala yang dirasa, ada baiknya untuk mengatasi sakit kepala dengan cara alami terlebih dahulu, seperti menggunakan minyak esensial, menerapkan kompres dingin, mencoba akupuntur atau yoga, atau dengan beberapa cara lainnya. 

Jika hanya menderita sakit kepala ringan, obat sakit kepala alami memang lebih dianjurkan. Bila tidak cukup ampuh atau rasa sakitnya telah begitu parah, maka segera periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

10 Obat sakit kepala alami yang terbukti ampuh

1. Aplikasikan Minyak Esensial

Minyak esensial seperti minyak peppermint dan lavender bisa menjadi pilihan obat sakit kepala alami yang cukup efektif, terutama pada kasus sakit kepala tegang

Senyawa aromatik yang terkandung di dalamnya diketahui dapat meredakan kontraksi otot dan menstimulasi peningkatan yang signifikan pada aliran darah. Gosokkan beberapa tetes minyak esensial di dahi, pelipis, dan juga belakang leher.

2. Tingkatkan Asupan Magnesium

Magnesium diyakini dapat menjadi obat alami sakit kepala sehingga penting untuk mencukupi kebutuhannya dalam tubuh terutama saat sakit kepala menyerang. 

Dari sejumlah penelitian disebutkan bahwa magnesium memiliki kemampuan dalam memblokir zat kimia penular rasa sakit di otak dan menghambat depresi penyebaran kortikal (cortical spreading depression) yang menyebabkan terjadinya perubahan visual dan sensorik pada saat sakit kepala menyerang, terutama migrain

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Kandungan magnesium sendiri bisa didapatkan dari makanan, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, susu, serta produk olahannya. 

Sebagai alternatif, magnesium juga terdapat pula dalam suplemen pelengkap. Untuk diketahui, batas aman untuk mengonsumsi magnesium berkisar antara 200-600 mg per hari.

3. Terapkan Kompres Dingin

Menerapkan kompres dingin dengan es batu pada area leher atau kepala juga dapat dijadikan solusi obat sakit kepala alami. 

Manfaat kompres dingin yang dibungkus dengan handuk dapat membantu mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf, serta mempersempit pembuluh darah dengan tujuan untuk meredakan gejala sakit kepala yang dialami.

Baca juga: Jangan Salah, Begini Aturan Pakai Kompres Dingin

4. Terapi Akupunktur

Obat sakit kepala alami tak hanya berupa obat yang dikonsumsi, melainkan alternatif pengobatan lain. Salah satunya adalah akupunktur yang merupakan suatu teknik pengobatan tradisional Tiongkok. 

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Terapi akupunktur sendiri bertujuan untuk menyelaraskan energi Qi di dalam tubuh dengan merangsang titik-titik tertentu pada tubuh. Praktek kesehatan ini telah terbukti ampuh dalam membantu meredakan sakit kepala, mengurangi nyeri kronis, serta memberikan manfaat kesehatan lainnya.

5. Minum Air Jahe

Jahe juga termasuk salah satu obat alami sakit kepala yang ampuh. Meski dikenal sebagai bumbu dapur, ternyata jahe mengandung lebih dari 200 senyawa yang dapat bertindak sebagai anti-inflamasi, antioksidan, anti-mual dan antihistamin

Manfaat jahe dapat mendukung kesehatan tubuh sekaligus membantu mengatasi masalah pencernaan, sakit kepala, hingga nyeri otot dan sendi.

6. Rileks dengan Yoga

Selain mengonsumsi obat sakit kepala yang umum dijual di apotek, cara lain yang dapat ikut membantu mengurangi rasa nyeri di kepala adalah dengan berolahraga. 

Melakukan gerakan yoga di rumah atau di pusat latihan dengan arahan instruktur berpengalaman tak hanya menjadi salah satu cara tepat dalam mengusir stres dan meningkatkan fleksibilitas, tetapi juga ampuh untuk membantu mengurangi intensitas dan frekuensi sakit kepala. Lakukan yoga secara rutin setidaknya selama 3 bulan untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca juga: 7 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

7. Batasi Asupan Daging Olahan

Untuk membantu mencegah sakit kepala, kebiasaan mengonsumsi daging olahan dalam kemasan seperti sosis, kornet, ham, bacon dan lainnya sebaiknya dibatasi. Pasalnya, jenis makanan itu umumnya mengandung bahan pengawet makanan berupa nitrat dan nitrit yang terbukti dapat memicu sakit kepala dan menyebabkan perluasan pembuluh darah.

8. Lakukan Diet Eliminasi

Pada beberapa orang, intoleransi makanan dapat memicu terjadinya sakit kepala. Untuk menghindari sakit kepala, maka lakukanlah diet eliminasi dengan membatasi bahkan menghentikan sejumlah jenis makanan, seperti seperti keju tua, minuman beralkohol, kopi, coklat, daging olahan dan berbagai makanan dengan pemanis atau pewarna buatan.

9. Tambahkan Suplemen Vitamin B Kompleks

Obat sakit kepala alami juga dapat berupa suplemen multivitamin, salah satunya vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks adalah kelompok mikornutrien yang larut dalam air dan memegang banyak peranan penting dalam tubuh, seperti mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi dan sintesis neurotransmitter. 

Dalam hal sakit kepala, suplementasi vitamin B telah terbukti ampuh dalam meredakan sekaligus mencegah kekambuhan datang kembali. Vitamin B kompleks juga cukup aman dikonsumsi secara teratur karena larut dalam air dan setiap kelebihannya akan dikeluarkan melalui urine. Suplemen lain yang memiliki khasiat serupa adalah suplemen koenzim Q10.

Baca juga: Manfaat Suplemen Coenzyme Q10

10. Berendam dengan Air Hangat

Berendam dengan air hangat tak hanya efektif untuk mengusir rasa lelah usai menjalani aktivitas seharian, namun efektif pula dalam membantu meredakan sakit kepala karena cara ini dapat meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, bisa juga ditambahkan minyak esensial sebagai obat sakit kepala alami yang ampuh.

Beberapa tips lainnya yang dapat diterapkan guna meredakan atau mencegah sakit kepala, yakni dengan memastikan tubuh tetap terhidrasi, tidur yang cukup dan berkualitas, menjauhi minuman beralkohol, rajin berolahraga serta menghindari beberapa benda atau makanan berbau tajam seperti parfum, asap rokok dan buah durian.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Headache remedies to help you feel better. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/headache-remedies-to-help-you-feel-better)
15 natural and home remedies for migraine relief. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322814.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app