Diamicron: Manfaat, Efek Samping dan, Dosis

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 893.009 orang

Tablet Diamicron 80mg adalah obat yang mengurangi kadar gula darah yang merupakan obat Gliclazide (obat antidiabetik oral golongan sulfonylurea). 

Tablet Diamicron 80mg digunakan untuk mengatasi diabetes mellitus tipe 2 pada orang dewasa, ketika diet, olahraga dan penurunan berat badan saja tidak memiliki efek yang memadai untuk menjaga gula darah pada tingkat yang normal.

Apa yang perlu Anda ketahui sebelum mengonsumsi Diamicron?

Jangan minum Diamicron jika Anda alergi terhadap gliclazide atau salah satu bahan lain dari Diamicron, jika Anda memiliki diabetes tergantung insulin (tipe 1), jika Anda mengalami suatu kondisi yang disebut keto-asidosis diabetes, pre-koma atau koma diabetes, jika Anda memiliki penyakit ginjal atau hati yang parah, jika Anda minum obat untuk mengobati infeksi jamur (miconazole) jika Anda menyusui

Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum Anda mulai menggunakan obat ini. Anda harus mengamati rencana perawatan yang ditentukan oleh dokter Anda untuk mencapai kadar gula darah yang tepat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda perlu mengubah pola makan, melakukan latihan fisik dan mungkin perlu mengurangi berat badan.

Selama pengobatan menggunakan diamicron, pemantauan rutin kadar gula darah Anda (dan mungkin urin) dan juga hemoglobin terglikasi Anda (HbA1c) diperlukan. Pemantauan dilakukan untuk menentukan apakah ada kemajuan berkaitan dengan terapi diamicron.Selain itu, dalam beberapa minggu pertama pengobatan risiko penurunan kadar gula darah (hipoglikemia) dapat meningkat. Jadi pemantauan medis sangat diperlukan.

Jika Anda memiliki gula darah rendah, Anda mungkin memiliki gejala berikut: sakit kepala, rasa lapar yang hebat, mual, muntah, kelelahan, gangguan tidur, gelisah, agresivitas, konsentrasi yang buruk, berkurangnya kewaspadaan dan waktu reaksi, depresi, kebingungan, gangguan bicara atau penglihatan, tremor, gangguan sensorik, pusing, dan mungkin bisa kehilangan kesadaran.

Dalam kebanyakan kasus, gejala gula darah rendah lenyap dengan sangat cepat ketika Anda mengonsumsi beberapa bentuk gula, misalnya tablet glukosa, gula batu, jus manis, teh manis. Karena itu Anda harus selalu membawa gula dalam bentuk tertentu (tablet glukosa, gula batu). Ingatlah bahwa pemanis buatan tidak efektif. Silakan hubungi dokter Anda atau rumah sakit terdekat jika mengonsumsi gula tidak membantu atau jika gejalanya muncul kembali.

Selain gejala gula darah rendah, gejala gula darah tinggi (hiperglikemia) juga dapat terjadi ketika terapi gliclazide belum cukup efektif untuk mengurangi gula darah, gejala yang muncul mungkin meliputi kehausan, sering buang air kecil, mulut kering, kulit gatal kering, infeksi kulit dan penurunan kinerja.

Bagaimana dosis dan cara pemberian obat Diamicron?

Diamicron tersedia dalam bentuk tablet 80 mg dengan komposisi gliclizide dan bahan aktif lain seperti : Lactose monohydrate, Maize starch, Pregelatinised maize starch, Talc, Magnesium stearate.

Untuk penggunaan Diamicron tablet 80 mg, dosis awal yang disarankan adalah 80 mg setiap hari. Jika glukosa darah dikendalikan secara efektif, dosis ini dapat digunakan untuk sebagai dosis pemeliharaan.

Jika glukosa darah tidak dapat dikontrol dengan baik, dosis dapat ditingkatkan menjadi 160mg setiap hari, secara bertahap. Interval antara setiap peningkatan dosis harus setidaknya 1 bulan kecuali pada pasien yang glukosa darahnya tidak berkurang setelah dua minggu pengobatan. Dalam kasus seperti itu, dosis dapat ditingkatkan pada akhir minggu kedua

Apa efek samping yang mungkin terjadi dari obat Diamicron?

Banyak obat dapat menyebabkan efek samping. Efek samping adalah respons yang tidak diinginkan terhadap obat ketika diminum dalam dosis normal. Efek samping bisa ringan atau berat, sementara atau permanen.

Efek samping yang tercantum di bawah ini tidak dialami oleh semua orang yang menggunakan obat ini. Jika Anda khawatir tentang efek samping, diskusikan risiko dan manfaat obat ini dengan dokter Anda.

Efek samping berikut telah dilaporkan oleh setidaknya 1% orang yang menggunakan obat ini. Banyak dari efek samping ini dapat dikelola, dan beberapa mungkin hilang dengan sendirinya seiring waktu. Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami efek samping yang mengganggu atau tidak sembuh dalam jangka waktu tertentu. Efek samping yang sering muncul meliputi:

  • sakit perut
  • sakit punggung, otot, atau sendi
  • sembelit
  • diare
  • pusing
  • sakit kepala
  • mulas
  • peningkatan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari
  • mual
  • muntah

Meskipun sebagian besar efek samping yang tercantum di bawah ini tidak terlalu sering terjadi, mereka dapat menyebabkan masalah serius jika Anda tidak mendapatkan pertolongan segera.

  • Muncul ruam kulit atau gatal-gatal
  • Gejala pembengkakan kaki yang disebabkan oleh gula darah rendah
  • Gangguan cemas menyeluruh
  • Penglihatan kabur
  • Keringat dingin
  • Kebingungan
  •  Sulit untuk berkonsentrasi
  • Rasa kantuk berlebih
  • Mimpi buruk
  • Tanda-tanda masalah hati (misalnya, mual, muntah, diare, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, menguningnya kulit atau putih mata, urin gelap, tinja pucat)
  • Kenaikan berat badan yang tak terduga

Beberapa orang mungkin mengalami efek samping selain yang terdaftar. Periksa dengan dokter Anda jika Anda melihat gejala yang membuat Anda khawatir saat Anda minum obat ini.

Apakah obat Diamicron aman dikonsumsi bersama dengan obat-obatan lain?

Obat yang mengandung gliclazide termasuk diamicron dapat berinteraksi jika digunakan bersamaan dengan obat-obatan sebagai berikut: 

  • Miconazole, voriconazole, fluconazole, meningkatkan konsentrasi plasma diamicron (gliclazide), sehingga meningkatkan efek hipoglikemiknya.
  • Trimetoprim, ACE inhibitor (seperti captopril), NSAID (seperti asam mefenamat, diclofenac, ibuprofen dan lainnya), antikoagulan kumarin, MAO inhibitor, disopiramid, dan chloramphenicol juga meningkatkan efek sulfonilurea termasuk diamicron (gliclazide).
  • Rifampisin mempercepat metabolisme diamicron (gliclazide) sehingga mengurangi efek hipoglikemiknya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit