Nyeri Tumit - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 335.726 orang

Kondisi nyeri tumit umum terjadi pada semua orang mulai dari anak-anak, remaja sampai usia lanjut, namun umumnya menyerang orang usia lanjut dan dewasa yang pernah mengalami cedera bagian tumit. 

Penyebab nyeri tumit bisa beragam dan apabila nyeri tumit terus dibiarkan maka dapat memperburuk kondisi

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Nyeri tumit dapat diakibatkan dari tulang, otot, atau tendon, beberapa aktivitas juga menjadi penyebab yang mungkin terjadi. 

Biasanya rasa nyeri dapat dialami saat pagi hari selepas bangun tidur dan akan berangsur membaik ketika beraktivitas. Rasa nyeri kerap terjadi begitu saja suatu waktu dan hilang dengan cepat namun dapat kembali kapan pun.

Bagi yang sering mengalami nyeri tumit sebaiknya ketahui tanda-tandanya. Ada beberapa penyebab yang dapat membuat nyeri tumit muncul sebagai berikut.

Penyebab Nyeri Tumit yang Harus Diketahui

Achilles Tendinitis
Merupakan tendon besar yang ada di dalam tubuh manusia yang menghubungkan otot betis dengan tulang tumit. Pada saat berjalan, berlari, meloncat, dan aktivitas lain yang menggunakan tumit dan membutuhkan peranan tendon.

Sehingga jika tendon Achilles mengalami peradangan akan mengakibatkan nyeri di belakang tumit. Penyebab nyeri tumit dapat menjadi peradangan apabila terjadi peregangan yang berlebihan. Misalnya ketika berlari akan terasa menusuk pada bagian belakang tumit.

Seiring bertambahnya usia, tendon juga ikut melemah sehingga usia tua lebih rentan mengalami cedera. Nyeri yang muncul akibat tendon Achilles biasanya terasa pada pagi hari dan akan membaik ketika sudah beraktivitas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Piantar Faciitis
Di bagian telapak kaki terdapat jaringan fasia atau selubung otot yang menghubungkan antara tulang tumit dan tulang jari-jari kaki. 

Fasia berperan untuk menyerap getaran dan mempertahankan kelengkungan kaki. Ketika terjadi tekanan yang cukup besar bisa menyebabkan peregangan hingga robeknya fasia .

Regangan dan robekan tersebut dapat menyebabkan peradangan pada fasia dan akan menimbulkan nyeri pada tumit. Nyeri biasanya akan terasa ketika pertama kali bangun tidur. Nyeri dapat berkurang dengan melakukan gerakan lamban dan santai.

Piantar faciitis pada umumnya terjadi pada usia lanjut sekitar 40-60 tahun. Namun bagi yang usia muda juga wajib waspada karena nyeri tumit dapat terjadi pada hampir semua usia.

Berat Badan Tinggi
Kelebihan berat badan memang tidak baik untuk kesehatan. Berat badan berlebih juga menggangu bagian tumit, jika tumit terlalu berat menopang badan maka dapat menyebabkan penekanan secara terus menerus. 

Berat badan berlebih tidak baik untuk kesehatan tulang karena juga bisa menyebabkan pangapuran. Oleh karena itu sebaiknya berat badan harus tetap dijaga dan mengubah pola hidup sehat dengan banyak olahraga.

Calcaneal Apophysitis
Penyebab nyeri tumit yang paling umum pada remaja adalah calcaneal Apophysitis. Masalah ini terjadi sebagai akibat microtrauma yang berlebihan dan berulang pada pertumbuhan piring sendi atau tulang tumit. Anak yang berusia 7-15 tahun lebih sering mengalaminya.

Benjolan Pada Tumit
Tulang tumit yang belum matang dan tidak keras akan membuat pembentukan tulang yang terlalu banyak yang disebabkan oleh gesekan. Kondisi ini sering terjadi pada anak usia remaja

Sering terjadi pada permukaan kaki yang datar. Mungkin bagi perempuan benjolan tumit dapat terjadi karena penggunaan sepatu hak tinggi sebelum tulang matang dengan sempurna.

Radang Kantung Cairan Tumit
Radang kantung cairan atau disebut bursitis pada tumit adalah peradangan kantung fibrosa yang penuh cairan pada bagian belakang tumit yang menjadi penyebab nyeri tumit. 

Peradangan disebabkan oleh pendaratan yang tidak sempurna dan keras pada tumit. Selain itu penggunaan sepatu juga menyebabkan tekanan. Nyeri sering dirasakan di bagian dalam tumit atau di belakang tumit.

Taji Tulang Tumit
Taji tulang tumit dapat berkembang jika tulang tumit tumbuh dengan permukaan yang kasar. Pada saat terjadi maka taji-taji tulang dapat mencederai jaringan yang lunak di dalamnya sehingga menyebabkan nyeri pada tumit. Orang yang sering melakukan perjalanan kaki atau lari seperti atlet rentan mengalaminya.

Nyeri tumit dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Jika dirasa nyeri tumit mulai datang maka ketahui dulu penyebab-penyebab di atas. Untuk itu sebaiknya melakukan pencegahan agar penyebab nyeri tumit tidak terjadi pada diri sendiri.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit