Muncul Bintik Kuning Pada Mata, Ketahui Penyebabnya

Pinguecula terbentuk ketika jaringan di konjungtiva Anda berubah dan menimbulkan benjolan kecil. Beberapa benjolan ini mengandung lemak, kalsium, atau keduanya. Alasan untuk perubahan ini tidak sepenuhnya dipahami, tetapi dikaitkan dengan seringnya terpapar sinar matahari, debu, atau angin. Pinguecula juga cenderung lebih sering ditemukan seiring bertambahnya usia.
Dipublish tanggal: Agu 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Muncul Bintik Kuning Pada Mata, Ketahui Penyebabnya

Bintik kuning yang muncul pada permukaan bola mata dikenal dengan istilah pinguecula. Pinguecula adalah tumor jinak, atau non-kanker, yang berkembang di bola mata. Biasanya pinguecula muncul pada konjungtiva, yang merupakan lapisan tipis jaringan yang menutupi bagian putih mata.

Pinguecula bisa muncul pada usia berapa pun, tetapi sebagian besar kasus ditemukan pada orang paruh baya dan lanjut usia. Pertumbuhan jaringan yang disebabkan oleh kondisi ini, biasanya tidak perlu dihilangkan, dan tidak ada perawatan khusus yang diperlukan dalam kebanyakan kasus.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apa yang menyebabkan munculnya pinguecula?

Pinguecula terbentuk ketika jaringan di konjungtiva Anda berubah dan menimbulkan benjolan kecil. Beberapa benjolan ini mengandung lemak, kalsium, atau keduanya. Alasan untuk perubahan ini tidak sepenuhnya dipahami, tetapi dikaitkan dengan seringnya terpapar sinar matahari, debu, atau angin, serta penggunaan lensa kontak.

 Pinguecula juga cenderung lebih sering ditemukan seiring bertambahnya usia.

Seperti apa bentuk pinguecula?

Pinguecula berwarna kekuningan dan biasanya memiliki bentuk segitiga. Pinguecula adalah benjolan kecil yang tumbuh dekat dengan kornea mata. Kornea pada bola mata adalah lapisan transparan yang terletak di atas pupil dan iris bola mata. Iris adalah bagian berwarna dari bola mata.

Pinguecula lebih umum muncul di sisi kornea pada sisi yang lebih dekat ke hidung, tetapi kondisi ini juga bisa tumbuh di samping kornea pada sisi lainnya. Beberapa pinguecula bisa tumbuh menjadi besar, tetapi kondisi ini terjadi pada tingkatan yang sangat lambat dan jarang terjadi.

Apa saja gejala lain yang ditimbulkan oleh pinguecula?

Pinguecula dapat membuat mata Anda merasa teriritasi atau kering. Kondisi ini juga dapat membuat Anda merasa ada sesuatu yang mengganjal di mata Anda, seperti pasir atau partikel kasar lainnya. Mata yang terkena mungkin juga gatal atau menjadi merah dan meradang. 

Gejala-gejala yang disebabkan oleh pinguecula bisa ringan atau berat. Dokter mata biasanya dapat mendiagnosis kondisi ini berdasarkan penampakan benjolan dan lokasi munculnya benjolan akibat pinguecula.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apakah mungkin benjolan pada mata disebabkan oleh kondisi lain?

Selain pinguecula, ada kondisi lain pada mata yang dapat menyebabkan munculnya sensasi benda asing pada mata. Kondisi ini dikenal dengan istilah pterigium. Pinguecula dan pterigium adalah jenis pertumbuhan yang bisa terbentuk di mata Anda. 

Kedua kondisi ini memiliki beberapa kesamaan, tetapi ada juga perbedaan yang mencolok di antara keduanya.

Pinguecula dan pterigium keduanya merupakan pertumbuhan jaringan jinak dan tumbuh di dekat kornea. Keduanya terkait dengan paparan sinar matahari, angin, dan elemen keras lainnya. 

Namun, pterygium tidak seperti pinguecula. Pterygium memiliki tampakan berwarna seperti daging dan bulat, lonjong, atau memanjang. Pterygium dapat tumbuh di atas kornea. Pinguecula yang tumbuh tepat di atas kornea dikenal sebagai pterygium.

Bisakah Anda mencegah pinguecula berkembang?

Jika Anda menghabiskan banyak waktu di luar rumah karena pekerjaan atau hobi, Anda lebih mungkin mengembangkan pinguecula. Namun, Anda dapat membantu mencegah pertumbuhan ini dengan mengenakan kacamata hitam saat Anda berada di luar. 

Anda harus mengenakan kacamata hitam yang memiliki lapisan yang menghalangi sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) matahari. Kacamata hitam juga dapat membantu melindungi mata Anda dari angin dan elemen luar ruangan lainnya, seperti pasir.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Menjaga agar mata Anda tetap lembab dengan air mata buatan juga bisa membantu mencegah pembentukan pinguecula. Anda juga harus mengenakan kacamata pelindung saat bekerja di lingkungan yang kering dan berdebu.

Bagaimana cara mengatasi pinguecula?

Anda biasanya tidak memerlukan jenis perawatan apapun untuk mengobati pinguecula kecuali jika kondisi ini menyebabkan ketidaknyamanan. Jika mata Anda sakit, dokter dapat memberi Anda salep mata atau obat tetes mata untuk meredakan kemerahan dan iritasi.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai cara menghilangkan pinguecula dengan pembedahan jika penampilannya mengganggu Anda. Dalam beberapa kasus, pertumbuhan mungkin perlu dihilangkan. Pembedahan dipertimbangkan saat pinguecula:

  • tumbuh di atas kornea, karena hal ini dapat mempengaruhi penglihatan.
  • menyebabkan ketidaknyamanan yang ekstrem ketika Anda mencoba mengenakan lensa kontak.
  • meradang secara terus-menerus dan bertambah parah, bahkan setelah Anda menggunakan obat tetes mata atau salep.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pinguecula (yellow bump on eye). (n.d.). (http://www.umkelloggeye.org/conditions-treatments/pinguecula)
Smolin G, et al. (Eds.). (2005). Smolin and Thoft’s the cornea: Scientific foundations and clinical practice. Philadelphia, PA: Lippincott Williams Wilkins.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app