Mullein: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jun 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Mullein (Verbascum thapsus)  adalah tanaman yang daun, bunga, dan akarnya digunakan sebagai bahan pembuat obat. Mullein mempunyai tinggi sekitar empat hingga tujuh kaki dan memiliki batang tunggal dengan besar dan tebal. 

Bunga mullein berwarna kuning pucat dan biasanya mekar pada bulan Juni hingga Agustus. Tanaman ini biasanya ditemukan di seluruh Amerika Serikat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asma via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 35

Mullein juga dikenal dengan nama Aaron's Rod, Adam's Flannel, American Mullein, Beggar's Blanket, Blanket Herb, European or orange mullein, candleflower, candlewick, higtaper and lungwort.

Mengenai Mullein

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Kapsul, tingtur, teh, bubuk, minyak

Kandungan

Flavonoid, saponin, tanin, terpenoid, glikosida, karbohidrat, protein, lemak, dan minyak.

Manfaat Mullein

Manfaat mullein bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Meringankan Penyakit Pernafasan

Mullein dapat membantu meringankan berbagai masalah pernafasan secara alami seperti batuk kering, bronkitis, sakit tenggorokan, asma, dan suara serak

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Daun mullein mengandung ekstrak dengan antioksidan kuat dan antiinflamasi yang membantu membersihkan lendir dan menyejukkan saluran yang meradang.

  • Mengobati Infeksi

Minyak mullein adalah desinfektan ampuh yang dapat mengobati infeksi internal dan eksternal. Untuk infeksi internal, mullein dapat digunakan untuk mengobati infeksi di telinga, usus besar, saluran kemih (termasuk infeksi vagina) dan ginjal. 

Ketika diterapkan secara eksternal, mullein dapat membantu melawan infeksi pada kulit.

Bursitis adalah kondisi menyakitkan yang mempengaruhi kantong kecil berisi cairan (disebut bursae) yang melindungi tulang, tendon, dan otot di dekat persendian. 

Bursitis terjadi ketika bursae meradang. Untuk membantu mengurangi radang secara alami dengan mullein, Anda cukup menyiapkan beberapa teh mullein dan merendam kain bersih dalam teh hangat. Lalu kain tersebut dapat diaplikasikan secara teratur di daerah yang sakit.

Penelitian menyebutkan bahwa mullein efektif mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Klebsiella pneumoniae, Staphylococcus aureus, Staphylococcus epidermidis dan Escherichia coli yang lebih dikenal dengan E. coli.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Efek samping Mullein

Penggunaan mullein dengan dosis yang tepat dalam jangka waktu pendek mungkin tidak menyebabkan efek samping yang serius. Tetapi pada beberapa orang, penggunaan mullein dapat menyebabkan kelelahan dan dermatitis. 

Jika Anda khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan mullein, silahkan temui dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Dosis Mullein

Dosis penggunaan mullein yang tepat dapat bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kondisi kesehatan, dan kondisi lainnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang tersedia pada label produk atau konsultasikan dengan dokter Anda. Adapun dosis yang disarankan yaitu:

  • Teh mullein: Campurkan 1-2 sendok teh daun atau bunga kering mullein dan biarkan selama 15 menit. Teh ini bisa diminum 1 hingga 4 kali sehari.
  • Tingtur mullein: ¼ hingga ¾ sendok teh diminum 3 hingga 4 kali sehari.
  • Bubuk mullein: ½ hingga ¾ sendok teh digunakan 3 kali sehari.

Interaksi Mullein

Penelitian menyatakan bahwa mullein dapat menghambat keefektifan obat antidiabetik dan dapat mengintensifkan efek relaksan otot dan lithium. Jika Anda menggunakan obat diuretik, Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum mengambil mullein karena kombinasi tersebut juga dapat memiliki efek diuretik.

Perhatian

  • Mullein mungkin aman diterapkan langsung ke telinga anak-anak dalam jangka pendek.
  • Tidak ada informasi mengenai keamanan penggunaan mullein untuk ibu hamil atau menyusui. Sebaiknya Anda menghindarinya sampai ada penelitian lebih lanjut.
  • Jangan pernah menggunakan minyak mullein jika gendang telinga Anda berlubang.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana menggunakan mullein.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mullein:Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-mullein-89575)
Mullein Uses, Benefits & Side Effects Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npc/mullein.html)
Mullein: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/mullein/supplements.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app