Menjaga berat badan ideal dengan makanan rendah kalori

Kunci berat badan adalah mengetahui berapa kalori yang terkandung didalam makanan tersebut sehingga Anda dapat menyesuaikan jumlah energy yang dibakar oleh tubuh. Berat badan akan bertambah jika Anda mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang dibakar oleh tubuh.
Dipublish tanggal: Sep 17, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Waktu baca: 3 menit

Makanan rendah kalori bagus untuk menjaga berat badan yang ideal. 

Makanan yang mengandung kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun jika kalori yang masuk lebih banyak dari kalori yang dibutuhkan dapat meningkatkan berat badan menjadi bertambah. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Jika Anda tidak ingin berat badan bertambah, Anda harus memakan makanan dengan kalori yang rendah.

Makanan yang rendah kalori berguna untuk memberi rasa imbang dengan kalori yang masuk dan juga kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, namun akan tetap memberikan rasa kenyang.

Kalori adalah takaran energy yang terdapat didalam makanan. Kunci berat badan adalah mengetahui berapa kalori yang terkandung didalam makanan tersebut sehingga Anda dapat menyesuaikan jumlah energy yang dibakar oleh tubuh. 

Berat badan akan bertambah jika Anda mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang dibakar oleh tubuh.

Beberapa jenis kakanan yang rendah kalori

Berikut makanan yang rendah kalori yang baik dikonsumsi oleh tubuh Anda :

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

1. Sayur-sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah adalah makanan yang sehat untuk tubuh. Rata-rata kalori yang berada disayuran kurang dari 100 kalori per takaran saji. Misalnya sayur brokoli, timun, wortel, kembang kol, tomat dan, kubis.

Terdapat juga buah-buahan yang memiliki jumlah kalori yang rendah seperti semangka, stroberi, bluberi, anggur, kismis, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis.

Untuk camilan mengkonsumsi secangkir anggur lebih sehat dari pada mengkonsumsi kismis, karena kalori yang terkandung pada anggur setara dengan seperempat cangkir kismis. 

Mengkonsumsi anggur dapat memberikan rasa kenyang dari pada Anda mengkonsumsi kismis.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Selain sayur dan buah-buahan, kacang kacangan dan biji bijian termasuk dalam makanan yang rendah kaori, misalkan satu gengam almond hanya mengandung 80 kalori, selain itu 10 biji kacang pistcio hanya mengandung 40 kalori saja.

3. Ikan

Ikan juga termasuk dalam makanan yang rendah kalori. Kandunga omega-3 nya yang terdapat pada ikan mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk bisa memperbaiki kesehatan jantung. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Ikan salmon adalah ikan yang rendah kalori (116 kalori per 100 gram), ikan kod (82 kalori per 100 gram), ikan tongkol, dan ikan tuna. 

Ikan yang diolah juga harus dengan pengolahan yang benar dan dengan cara yang sehat, yaitu dengan dikukus maupun di tumis dengan minyak yang tidak banyak.

Jika suka mengkonsumsi ikan, terdapat juga jenis daging yang rendah lemak yaitu daging yang berwarna putih, dada ayam. Dan pastikan Anda membuang bagian kulit ayam karena megandung kolestrol yang tinggi, dan juga tinggi kalori

Jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh

Kalori dibutuhkan oleh tubuh namun jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh berneda beda. Tergantung dari usia, jenis kelamin dan akktivitas orang tersebut.

Untuk usia anak-anak 2-8 tahun membutuhkan 1000-1400 kalori perharinya

Perempuan dewasa aktif 14-30 tahun membutuhkan 2400 kalori, sementara untuk perempuan 14-30 yang masih kurang aktif membutuhkan 1800-2000 kalori.

Untuk pria berusia 14-30 tahun beraktivitas berat membutuhkan 2800-3000 kalori tapi jika pria yang kurang aktif membutuhkan kalori 2000-2600 kalori.

Untuk wanita yang berusia lebih dari 30 tahun dan masih cukup aktif, membutuhkan 2000-3000 kalori namun jika aktivitas kurang bisa membutuhkan 1800-2200 kalori.

Kalori yang berlebihan akan dijadikan lemak tubuh, dan disimpan ke dalam sel lemak atau jaringan lemak tubuh. Namun jika Anda mengurangi bahkan membakar kalori maka sel lemak akan mengkerut.

Kurangi kalori jika Anda ingin menurunkan berat badan, tetapi jangan terlalu mengurangi kalori karena tubuh Anda juga membutuhkan kalori unruk beraktivitas. 

Jika tubuh kekurangan kalori akan memberikan dampak buruk bagi tubuh Anda seperti mudah lelah, rambut mudah rontok, susah hamil, diare, mual dan sembelit.

Mengkonsumsi makanan rendah kalori namun Anda juga merasakan kenyang tanpa menimbun lemak akibat asupan kalori yang cukup untuk memenuhi asupan kalori setiap harinya. 

Jika Anda masih bingung menjaga berat badan dan masih ragu dalam memilih makanan yang rendah kalori, Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran diet yang baik untuk tubuh Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to diet. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/how-to-diet/)
Weight-Loss and Maintenance Strategies. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK221839/)
Healthy Eating for a Healthy Weight. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/healthyweight/healthy_eating/index.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app