12 Aktivitas di Rumah yang Membakar Banyak Kalori

Dipublish tanggal: Jul 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
12 Aktivitas di Rumah yang Membakar Banyak Kalori

Olahraga memang menjadi salah satu aktivitas yang terbukti bisa membakar kalori dalam jumlah banyak. Namun jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga atau ke gym, ada banyak cara mudah untuk mengurangi kalori dalam tubuh. 

Kegiatan simple seperti keluar rumah untuk belanja di siang hari sudah bisa membakar kalori dalam jumlah banyak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Berdiri mengambil sesuatu juga bisa membakar ekstra 60 kalori. Sebenarnya tanpa Anda sadari dengan aktif melakukan kegiatan di rumah, jumlah kalori yang dibakar cukup banyak. 

Semakin aktif Anda bergerak, maka semakin banyak pula jumlah kalori yang terbakar. Adapun aktivitas di rumah yang terbukti bisa membakar kalori dalam jumlah banyak diantaranya adalah:

Bermain bersama anak

Meluapkan kegembiraan bersama anak sambil bermain juga menjadi salah satu kiat untuk membakar kalori dalam jumlah banyak. Apalagi jika anak Anda sedang aktif-aktifnya dan berlari kesana kesini, jumlah kalori yang dibakar per 30 menit bisa mencapai 180 kalori.

Melewatkan iklan

Saat sedang menonton tv dan tiba pada sesi iklan, bangunlah dari tempat duduk sampai acara yang Anda tonton mulai lagi. Kegiatan yang terlihat sepele ini nyatanya bisa membakar 135 kalori selama 1 jam pertunjukan. 

Sangat fantastis bukan? Hitung saja berapa jam lamanya Anda menghabiskan waktu untuk menonton di rumah dan berapa pula jumlah kalori yang sukses terbakar.

Menyapu

Menyapu menjadi kegiatan yang rutin dilakukan setiap hari. Meski sangat membosankan, namun kenyataannya dengan menyapu saja Anda bisa membakar 136 kalori setiap 30 menit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Cuci piring

Cuci piring merupakan salah satu hal mudah yang juga bisa membakar kalori dalam jumlah lumayan banyak. Mencuci dan menggosok piring selama setengah jam bisa membakar kalori sebanyak 160 kalori. 

Sementara menaruh piring, gelas, sendok, dan lain-lain ke tempatnya secara bolak-balik bisa membakar 105 kalori.

Menaiki tangga

Aktivitas ini mungkin sering Anda keluhkan terlebih jika harus membersihkan atau mengambil sesuatu yang ada di lantai atas. Capek karena harus menaiki anak tangga yang cukup banyak nyatanya memberi keuntungan bagi Anda. Jumlah kalori yang dibuang bisa mencapai 227 kalori.

Berkebun

Berkebun selain memberi mood yang bagus juga bisa menghilangkan sejumlah kalori dalam tubuh. Memotong rumput, menyirami, dan memangkas semak-semak bisa membakar 325 kalori selama satu jam. Sementara menanam bunga atau pohon dapat membakar  250 kalori per jamnya.

Membersihkan kamar mandi

Menggosok kamar mandi mungkin jarang Anda lakukan hanya beberapa kali dalam seminggu saja. Membersihkan kamar mandi juga bisa menghilangkan kalori di tubuh sebesar 180 kalori per jamnya.

Vacuum

Kegiatan sederhana di rumah yang bisa membakar kalori dengan mudah salah satunya adalah vacuum. Perjamnya kalori yang terbakar setidaknya berjumlah 200 kalori.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mengepel lantai

Memiliki rumah yang sangat luas bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan banyak kalori. Hanya menyapu lantai saja, Anda bisa membakar kalori sebanyak 400 kalori selama satu jam.

Mencuci baju + menyetrika

Proses mencuci baju mulai dari mengucek, menjemur, kemudian melipat dan menyimpannya dalam lemari menghabiskan kalori sebesar 280 kalori. Sementara menyetrika baju dapat membakar 140 kalori. Jadi jumlah kalori yang berhasil dibuang kurang lebih 420 kalori.

Mencuci mobil

Daripada ke membuang uang dengan mencuci mobil di car wash, mengapa tidak mencucinya sendiri di rumah. Jumlah kalori yang berhasil dibakar dari aktivitas ini bisa mencapai 153 kalori.

Menata ulang rumah

Sesekali tata ulang dekorasi rumah Anda agar tidak bosan. Dengan memindahkan furniture bisa membakar kalori sebanyak 100 kalori per 15 menit. Sementara menata ulang kamar tidur memerlukan kalori sebesar 167 kalori per 30 menit.

Jadi hanya dengan membersihkan dan mendekorasi rumah saja, jumlah kalori yang terbakar bisa melebihi jumlah kalori yang dilepaskan saat olahraga di gym. Jadi tak perlu buang uang untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Lakukan kegiatan secara aktif di rumah supaya kesehatan badan tetap terjaga.  

 

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Calories burned in 30 minutes for people of three different weights. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/diet-and-weight-loss/calories-burned-in-30-minutes-of-leisure-and-routine-activities)
Everyday Activities That Burn the Most Calories. Livestrong.com. (https://www.livestrong.com/article/13722246-everyday-activities-burn-calories/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Mulai Bakar Kalori dengan Cara Lebih Menyenangkan
Mulai Bakar Kalori dengan Cara Lebih Menyenangkan

Melakukan berbagai gerakan olah tubuh dapat membakar kalori secara efektif, membuat sebagian orang mulai rutin berolahraga di studio Gymnastic atau melakukan diet. Namun terlalu lelah bekerja setiap hari membuat Anda malas pergi ke pusat kebugaran. Lalu adakah cara lain untuk membakar kalori? Jawabannya adalah ada.

Buka di app