Mengetahui Apakah Lemak Tubuh Anda Normal?

Untuk mengetahui kadar lemak tubuh secara pasti dan akurat, sebaiknya Anda melakukan beberapa tes khusus. Lemak tubuh bisa diukur dengan alat penjepit khusus yang disebut kaliper atau bisa juga menggunakan alat timbangan khusus yang bisa mendeteksi kadar lemak dalam tubuh
Dipublish tanggal: Jul 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apa yang Anda pikirkan jika mendengar kata “lemak”? Rata-rata akan berpikiran negatif dan argumen pertama yang muncul biasanya mengatakan bahwa lemak itu jahat. Padahal tidak seperti itu kebenarannya. 

Lemak adalah sumber energi utama bagi tubuh, selain protein dan karbohidrat yang sulit terurai oleh air dan didapat dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. 

Divonis sebagai zat pemicu berbagai penyakit ternyata lemak mempunyai banyak manfaat yang kita lupakan seperti membuat sel otak terus berkembang, sebagai sumber pertumbuhan sel, membantu proses larutnya vitamin sehingga mudah terserap dalam tubuh. 

Memberikan perlindungan pada membran sel sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Melihat begitu banyaknya manfaat lemak untuk tubuh kita, mulailah Anda pintar dalam mengkonsumsi lemak, karena konsumsi lemak yang berlebihan akan menimbulkan berbagai macam penyakit. 

Kesimpulannya lemak tubuh penting keberadaannya untuk melakukan berbagai fungsinya. Namun tentu saja ada batasnya. Hal yang berlebihan juga tidak baik bukan?

Lalu berapa batas lemak tubuh yang normal?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pentingnya Mengetahui Batas Lemak Tubuh yang Normal

Rentang lemak tubuh yang normal bisa saja berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin, usia, dan aktivitas fisik yang dilakukannya. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan, semakin sedikit kadar lemak di dalam tubuhnya. Kadar lemak tubuh laki-laki tentu saja berbeda dengan kadar lemak tubuh perempuan. 

Begitu juga kadar lemak tubuh anak-anak berbeda dengan kadar lemak tubuh remaja ataupun orang dewasa. Mengukur lemak tubuh bertujuan untuk mengetahui apakah tubuh kita beresiko mengalami penyakit atau tidak. 

Dengan mengetahui berapa nilai persentase lemak tubuh yang normal, kita dapat mengevaluasi hasil pengukuran lemak tubuh kita. Memiliki nilai lemak tubuh yang normal akan mendukung kondisi kesehatan tubuh kita yang optimal. 

Bagaimanapun juga dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan berbagai macam aktifitas yang kita sukai tanpa perlu khawatir akan gangguan penyakit yang tiba-tiba menyerang. 

Kita tahu bahwa kadar lemak yang berlebihan memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti jantung, diabetes mellitus, stroke, dan gangguan fungsi organ tubuh lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memantau kadar lemak yang ada di dalam tubuh Anda. 

Dengan begitu kita dapat melakukan tindakan selanjutnya seperti pengobatan ataupun pencegahan. Lalu bagaimana cara mengukur lemak tubuh? Apakah harus menggunakan alat khusus? Alat apa yang harus digunakan? Persiapan apa saja yang diperlukan untuk mengukur kadar lemak tubuh?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cara Mengetahui Kadar Lemak Tubuh

1. Tes kaliper dan alat timbangan khusus

Untuk mengetahui kadar lemak tubuh secara pasti dan akurat, sebaiknya Anda melakukan beberapa tes khusus. Lemak tubuh bisa diukur dengan alat penjepit khusus yang disebut kaliper atau bisa juga menggunakan alat timbangan khusus yang bisa mendeteksi kadar lemak dalam tubuh. 

Pemeriksaan ini hanya terdapat di rumah sakit. Cara lain yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan alat ukur BIA yaitu metode pengukuran dengan menggunakan timbangan dan alat berbentuk pegangan. 

Cara kerjanya sinyal listrik melewati tubuh untuk menentukan komposisi tubuh, persentase lemak tubuh, kadar air dalam tubuh, kebutuhan kalori harian dan usia sel. 

2. Menggunakan meteran

Namun, jika Anda menginginkan cara yang mudah dan murah, Anda bisa mengetahui seberapa banyak lemak tubuh Anda dengan alat ukur sederhana yaitu meteran yang dililitkan di lingkar pinggang. Ukuran normal lingkar pinggang pria kurang lebih 102 cm dan 90 cm untuk wanita. 

Metode ini sangat mudah dilakukan namun tingkat keakuratan masih belum optimal karena pengukuran hanya sebatas lemak yang ada di bagian perut saja.

Anda juga dapat menghitung kadar lemak tubuh dengan menggunakan rumus khusus. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui berapa indeks massa tubuh (IMT) Anda sekarang ini. 

Setelah itu anda bisa mengukur berapa prosentase kadar lemak dalam tubuh Anda dengan rumus sebagai berikut : (1,20 x IMT) + (0,23 x usia) – (10,8 x jenis kelamin) – 5,4. 

3. Menimbang tubuh di dalam air

Cara lain yang akurat untuk mengukur kadar lemak tubuh adalah dengan cara timbang tubuh Anda di bawah air. Cara ini mempunyai tingkat kesalahan 1,5% jika dilakukan sesuai panduan. Anda hanya perlu berendam di tangki air, lalu jumlah air yang tumpah diukur. 

Semakin banyak air yang tumpah semakin besar jumlah jaringan otot dan tulang yang Anda punyai, artinya semakin rendah pula persentase kadar lemak dalam tubuh Anda. 

 

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Thomas, Elizabeth & Frost, Gary & Taylor-Robinson, Simon & Bell, Jimmy. (2012). Excess body fat in obese and normal-weight subjects. Nutrition research reviews. 25. 150-61. 10.1017/S0954422412000054. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/225060033_Excess_body_fat_in_obese_and_normal-weight_subjects)
Your body fat percentage: What does it mean? (2016). (https://www.winchesterhospital.org/health-library/article?id=41373)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app