Suara Serak Karena Sakit Tenggorokan? Begini Cara Mengatasinya

Dipublish tanggal: Nov 8, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Suara Serak Karena Sakit Tenggorokan? Begini Cara Mengatasinya

Radang atau sakit tenggorokan tidak hanya menyebabkan nyeri dan susah menelan, tapi juga kadang memicu suara serak. Kondisi ini tentunya akan mengganggu aktivitas, apalagi bagi Anda yang pekerjaannya harus banyak berbicara dengan orang lain, misalnya guru, penyanyi, atau orang-orang yang sering bertemu klien penting. Lantas, bagaimana cara mengatasi suara serak karena sakit tenggorokan? Simak tipsnya pada ulasan berikut ini.  

Beragam penyebab suara serak

Suara dihasilkan dari getaran pita suara dalam laring yang berada di tenggorokan. Tinggi atau rendahnya suara setiap orang berbeda-beda, tergantung dari bentuk dan ukuran pita suara, mulut, hidung, serta tenggorokan.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Ketika fungsi tenggorokan terganggu, hal ini menyebabkan produksi suara yang dihasilkan menjadi serak. Adapun beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab suara serak, antara lain:

1. Mengeluarkan suara terlalu banyak

Berbicara, berteriak, menjerit, hingga bernyanyi terlalu keras ataupun terlalu lama dapat menyebabkan suara menjadi serak. Namun, suara serak yang bersifat sementara ini bisa cepat diredakan dengan banyak air putih, istirahat cukup, dan mengistirahatkan suara atau bicara pelan.

Terkadang, terapi suara dibutuhkan ketika suara serak ini sulit disembuhkan yang biasanya terjadi pada penyanyi, guru, hingga public speaker yang pekerjaannya berhubungan dengan suara.

2. Radang tenggorokan

Radang tenggorokan bisa terjadi pada siapa saja, baik itu anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Tidak hanya menyebabkan tenggorokan terasa sakit dan gatal, radang tenggorokan juga bisa memicu suara serak.

Baca Selengkapnya: Ciri-Ciri dan Gejala Radang Tenggorokan yang Harus Diwaspadai

Radang tenggorokan bisa timbul akibat infeksi virus ataupun dari penggunaan suara yang berlebihan. Kondisi radang ini pun bisa menular dari orang yang satu ke orang lainnya dan bisa mengganggu fungsi tenggorokan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Disamping minum obat pelega tenggorokan, dokter juga dapat meresepkan antibiotik untuk mengatasi kondisi tersebut. Selain itu, berkumur dengan air garam dan memperbanyak minum air putih dapat membantu mengatasi suara serak akibat radang tenggorokan ini.

3. Laringitis

Laringitis adalah kondisi membengkaknya pita suara karena alergi, flu, hingga infeksi pernapasan. Laringitis juga termasuk penyebab suara serak yang paling umum di masyarakat.

Pengobatan laringitis berbeda-beda, tergantung dari penyebab dan keparahan gejala. Bila laringitis disebabkan oleh alergi, dokter biasanya akan meresepkan antihistamin atau obat alergi untuk meredakannya. 

Baca Juga: Tips Mengatasi Suara Serak dengan Cepat Sesuai Penyebabnya

Cara mengatasi suara serak karena sakit tenggorokan

Kunci terpenting untuk mengatasi suara serak adalah dengan menjaga fungsi tenggorokan sebaik mungkin. Terlebih jika hal ini disebabkan oleh sakit tenggorokan, sehingga tenggorokan terasa nyeri dan memicu suara serak.

Berikut ini berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi suara serak karena sakit tenggorokan, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43

1. Istirahatkan suara selama beberapa hari

Hindari banyak bicara dan berteriak selama beberapa hari untuk mengistirahatkan suara Anda. Hindari juga berbisik-bisik karena ini malah bisa membuat pita suara Anda jadi menegang. 

2. Perbanyak minum air putih

Ketika Anda mengalami suara serak karena sakit tenggorokan, coba perbanyak minum air putih. Cairan dapat membantu meredakan gejala radang dan melembapkan tenggorokan, sehingga tenggorokan akan terasa lebih nyaman.

3. Kurangi minuman beralkohol dan kafein

Kebiasaan minum minuman beralkohol atau mengandung kafein dapat mengeringkan tenggorokan, bahkan memperparah suara serak. Hindari kedua jenis minuman ini agar suara Anda kembali normal.

4. Tidak merokok

Segera batasi atau bahkan berhenti merokok kalau Anda ingin mengatasi suara serak akibat sakit tenggorokan. Pasalnya, kandungan dalam rokok dapat mengeringkan dan mengiritasi lapisan tenggorokan hingga memicu radang.

5. Isap permen mint

Anda juga bisa mengisap permen mint untuk mengatasi suara serak akibat sakit tenggorokan. Sensasi pedas dan hangat dari mint dapat membantu menghangatkan sekaligus melembapkan tenggorokan.

Selain dengan permen mint, Anda juga dapat mengunyah permen karet untuk merangsang produksi air liur. Hal ini dapat membantu membasahi tenggorokan yang sakit sehingga nyerinya berkurang. 

Bila keluhan semakin mengganggu, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang dibutuhkan.

Baca Selengkapnya: 10 Cara Alami yang Dapat Mengembalikan Suara Hilang

29 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Chronic laryngitis: Symptoms, causes, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323208)
Causes and Treatment for a Croaky Hoarse Voice. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/hoarseness-causes-and-treatment-2248928)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app