Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Perawatan Tubuh

Kenali Lidah Buaya - Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 14, 2019 Tinjau pada NOV 14, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 865.208 orang

Kenali Lidah Buaya - Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Lidah buaya atau lebih popular dengan pangilan Aloe vera merupakan salah satu spesies dari keluarga Aloe  yang telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu karena manfaatnya yang luar biasa. Lidah buaya dapat dijadikan sebagai obat alami sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, perawatan kulit dan kesehatan tubuh. 

Daging lidah buaya adalah bagian yang paling banyak digunakan sebagai pengobatan. Kehebatan lidah buaya terletak pada keragaman kandungan senyawa biologis aktif dan nutrisi di dalamnya yang menawarkan sejuta manfaat dan telah terbukti melalui berbagai riset dan pengalaman.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Salah satunya ialah Aloin yang berperan sebagai antiseptik dan antibiotik,  Barbaloin dan Glikosid Antrakinon berfungsi sebagai obat pencahar, Glukoman yang dimanfaatkan sebagai obat luka bakar. Sedangkan kandungan zat mineral, enzim, vitamin di dalamnya memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Segudang manfaat Lidah Buaya

Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari tanaman ini, Anda dapat langsung mengkonsumsinya atau menjadikannya sebagai obat oles untuk pemakaian luar tubuh.

Ketahui berbagai manfaat lidah buaya yang menakjubkan:

  • Mengatasi Iritasi Kulit/Dermatitis

Salah satu khasiat lidah buaya adalah untuk mengatasi kondisi iritasi kulit kemerahan, gatal, bintik seperti eksim atau dermatitis. Sensasi dingin dari lidah buaya dapat mengurangi rasa gatal dan senyawa seperti alprogen dan C-glukosil atau glukotransferase yang terkandung di dalamnya dapat menghambat reaksi peradangan dan meredakan ruam merah yang muncul.

  • Mengobati Jerawat

Lidah buaya memiliki kandungan asam salisilat alami yang memiliki fungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Kandungan ini dapat membantu menghilangkan jerawat pada wajah dan mencegah pertumbuhan bakteri yang memicu terbentuknya jerawat.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan zat anti-inflamasi dalam lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka kulit. Selain itu, komponen senyawa aktif ini juga dapat mencegah kematian sel di daerah sekitar luka sehingga mengurangi munculnya bekas luka.

  • Mengurangi Plak Gigi

Jus lidah buaya ternyata efektif untuk mengurangi plak gigi sebagai bahan obat kumur. Ramuan di dalamnya memiliki fungsi yang sama dengan klorheksidin yang terdapat pada obat kumur sekaligus memutihkan gigi yang kuning.

  • Membantu Penyembuhan Sariawan Mulut

Khasiat lidah buaya ialah menjaga kesehatan mulut dan gusi. Bukan hanya memberikan manfaat anti-mikroba dan anti-bakteri alami, tetapi juga mengandung vitamin dan mineral yang mendorong pertumbuhan dan proses penyembuhan dari sel-sel terkait.  Salah satunya adalah kandungan vitamin C yang dapat mempercepat penyembuhan sariawan.

  • Penetral Racun

Tanaman lidah buaya dapat menjadi pilihan alami sebagai minum detox Anda. Minuman lidah buaya menjadikan pilihan ideal karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh menghadapi ketegangan dan stress sehari-hari.

  • Berfungsi Sebagai Pelembab Alami

Gel lidah buaya dapat berfungsi sebagai pelembab alami yang melindungi kulit dari kekeringan, iritasi radikal bebas dan pelindung sinar matahari. Cocok dipakai untuk kulit kering maupun kulit berjerawat, karena gel lidah buaya tidak menyebabkan iritasi atau penumpukan pori-pori.

  • Mengobati Infeksi jamur

Ternyata gel lidah buaya tidak hanya memiliki kemampuan sebagai anti bakteri, melainkan sebagai agen anti jamur. Salah satu kandungan dalam lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan jamur yang sering muncul sebagai panu di kulit dan penyebab jamur kulit lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Kesehatan Jantung

Banyak yang tidak mengetahui bahwa lidah buaya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan antioksidan lidah buaya dapat digunakan untuk mengurangi penumpukan plak pada pembuluh darah jantung. Nutrisi dalam lidah buaya sanggup menyeimbangkan tekanan darah, memperbaiki oksidasi dan sirkulasi darah, menurunkan level kolesterol jahat dalam darah sebesar 15 – 25% Sejumlah riset telah menyatakan bahwa lidah buaya dapat melipatgandakan kemampuan difusi sel darah serta penyaluran oksigen.

  • Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari lidah buaya adalah membantu menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi dapat membantu mengikat lemak dan melancarkan pencernaan sehingga proses penyerapan nutrisi berjalan dengan baik dan mencegah adanya penimbunan lemak pada tubuh.

  • Mengatasi Sembelit Perut

Lidah buaya ternyata ampuh untuk mengatasi gangguan pada perut seperti konstipasi dan sembelit. Efek laksatif pada lidah buaya dapat digunakan sebagai obat pencahar untuk melancarkan buang air besar. Akan tetapi, tidak diajurkan untuk ibu hamil karena dapat menimbulkan efek samping seperti keguguran atau kelahiran prematur.  

Efek Lidah Buaya

Banyak manfaat yang Anda bisa temukan dan manfaatkan dari lidah buaya, akan tetapi bukan berarti bahwa tanaman ini benar-benar aman untuk digunakan dalam jumlah terlalu banyak. 

Alasannya, ada sebuah zat semacam lateks yang berwarna kuning atau yang biasa disebut Aloin yang terkandung dalam lapisan terluar tanaman ini. Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak Aloin, dapat menyebabkan keracunan pada tubuh.

Selain itu, bagi para Ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk apapun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan keguguran kandungan dan dapat menyebabkan kecacatan pada bayi.

Oleh karena itu, lidah buaya harus dikonsumsi dalam moderasi yang cukup. Dan lebih baik jika Anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Referensi

American Academy of Dermatology (2018). How to Control Oily Skin.

American Academy of Dermatology, Treating sunburn.

Canning, K (2017), Health.com. 7 Ways to Use Aloe Vera Gel Beyond Soothing a Sunburn.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit