Mengatasi Kulit Kusam dengan 10 Cara Ini

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 25, 2019 Waktu baca: 3 menit
Mengatasi Kulit Kusam dengan 10 Cara Ini

Kulit kusam menjadi masalah bagi sebagian orang terutama mereka yang memiliki profesi mobile di luar ruangan dengan debu dan sinar matahari menjadi teman sehari-hari. 

Menjaga kesehatan kulit sama pentingnya dengan menjaga bagian tubuh lain, karena selain penting untuk penampilan, kulit yang tidak terawat juga bisa menimbulkan penyakit serius.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Penting sekali menjaga kesehatan kulit bukan sekedar hanya untuk kecantikan

Kulit adalah organ tubuh yang sangat penting bagi tubuh Anda, beberapa fungsi kulit selain sebagai indera peraba antara lain sebagai pelindung dari terik matahari, goresan, cuaca maupun virus dan bakteri.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kondisi kulit Anda, antara kesehatan, kecukupan nutrisi, rangsangan dari luar dan usia. Pada dasarnya perubahan pada kulit akan terjadi seiring bertambahnya usia seseorang. Berbagai tanda-tanda yang terlihat antara lain noda hitam, pori-pori membesar dan keriput.

Berubahnya kondisi kulit karena usia memang tidak bisa Anda cegah, akan tetapi Anda dapat mencegah faktor lain yang dapat mempengaruhi kondisi kulit antara lain dengan olahraga, menjaga pola makan dan menjauhi kebiasaan merokok.

Dengan menggunakan lotion atau ramuan lain yang dioleskan langsung pada kulit sesuai kebutuhan dan takaran yang dianjurkan dapat menjaga kulit Anda tetap sehat. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit antara lain.

  • Jangan terlalu lama mandi dengan air panas

Meskipun nyaman mandi menggunakan air panas, interaksi kulit dengan air panas yang terlalu lama pada saat Anda mandi bisa mengakibatkan berkurangnya kelembaban kulit karena berkurangnya minyak alami pada kulit. Atur waktu mandi Anda kurang lebih selama 10 menit.

  • Garis putih yang timbul setelah menggaruk kulit

Apakah Anda pernah melihat garis putih yang timbul setelah menggaruk kulit ? Kalau iya berarti kulit Anda dalam kondisi kering. Untuk mengatasi hal itu pakailah pelembab yang cocok untuk jenis kulit Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Merawat dada dan leher seperti Anda merawat wajah

Sama dengan wajah, kulit dada atas dan leher menjadi bagian kulit yang sensitif. Untuk mencegah efek penuaan dan paparan dari luar Anda bisa menjaga kesehatan kulit bagian ini dengan menggunakan krim pembersih ditambah dengan krim pelembab. 

Anda juga dapat menggunakan masker pelembab sebulan 2 kali pada bagian ini.

  • Konsumsi kacang kedelai secara rutin setiap hari

Mengatasi kulit kusam tak perlu dengan perawatan mahal. Cukup dengan mengonsumsi makanan berbahan kedelai seperti tempe dan tahu yang kaya akan protein sebagai produsen kolagen yaitu zat yang dapat menjaga kesehatan kulit.

Kedelai yang memiliki kandungan isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kolagen, memunculkan noda hitam dan keriput pada kulit, mendepresikan sistem imun, menghancurkan DNA dan resiko kanker kulit.

Contoh beberapa jenis makanan dari kedelai yang mengandung isoflavon antara lain susu kedelai 20-35 mg/sajian dan tahu 20-30 mg/sajian. Cobalah untuk mengonsumsi kacang kedelai secara rutin 160 mg/hari.

  • Hati-hati dalam memilih produk kecantikan

Memiliki penampilan dan kuit wajah yang cantik memang menjadi impian setiap orang. Namun tidak perlu berlebihan dalam menggunakan produk kecantikan. Pilihlah produk kecantikan yang lebih simpel dan cocok untuk jenis kulit Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Hindari produk kecantikan yang mengandung warna, wangi yang menusuk hidung, busa yang terlalu banyak dan kandungan anti-bakteri yang justru mengancam kesehatan kulit Anda.

  • Minyak zaitun juga bermanfaat untuk kulit Anda

Kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun dapat menghindarkan kulit Anda dari efek dehidrasi. Oleskan pada beberapa bagian tubuh seperti dengkul, siku dan di balik lengan.

Untuk menghindari kulit kaki pecah-pecah yang disebabkan kondisi kulit kering, Anda bisa menggunakan pelembab sebelum beranjak tidur dan menutup kaki Anda dengan kaus kaki untuk medapatkan kulit lebih halus di pagi hari.

  • Kandungan humektan pada pelembab penting untuk Anda gunakan

Untuk menjaga kondisi kulit agar tetap lembab, pilihlah jenis pelembab dengan kandungan humektan yang berfungsi sebagai penarik air ketika Anda gunakan di kulit. Pilihlah humektan dengan kandungan urea, propylene dan glycerin.

  • Sikat bagian kulit yang tebal dengan loofah (sikat mandi) setiap hari

Gosokah beberapa bagian kulit Anda yang tebal dengan loofah pada saat mandi. Gosoklah dengan gerakkan memutar. Ini bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati.

Mengoleskan gel yang terdapat pada lidah buaya dan pada kulit Anda berguna untuk menyingkirkan sel kulit mati karena kandungan asam yang terdapat pada lidah buaya.

  • Jeruk bali (grapefruit) solusi untuk kulit siku yang kasar

Kandungan asam yang terdapat pada jeruk bali (grapefruit) dapat menghaluskan kulit bagian siku yang kasar. Caranya dengan mengompres bagian kulit tersebut dengan jeruk bali setelah Anda basahi terlebih dahulu kulit bagian siku dengan air.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Simpkin S. (2016). Smoking and its effects on the skin. (https://www.dermnetnz.org/topics/smoking-and-its-effects-on-the-skin/)
Mayo Clinic Staff. (2017). Anemia: Overview. (http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/anemia/home/ovc-20183131)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app