Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Kulit

Seiring bertambahnya usia, kadar Vitamin C dalam tubuh juga dapat berkurang, itulah mengapa Anda sangat perlu mengkonsumsi dan menggunakan Vitamin C untuk perawatan kulit Anda. Berikut ini beberapa manfaat Vitamin C bagi kesehatan kulit yang harus Anda ketahui:
Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit merupakan rutinitas yang dilakukan utamanya bagi para wanita. Demi mendapatkan kulit yang sehat terawat, para wanita pun rela melakukan serangkaian tahapan. 

Saat ini sudah banyak sekali produk kecantikan yang diklaim mampu meningkatkan kesehatan kulit. Salah satu produk perawatan kulit tersebut yaitu Vitamin C. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Vitamin C memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk kolagen dan meregenerasi kulit. Vitamin C juga disebut sebagai asam askorbat yang mempunyai sifat asam gula yang rendah. 

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan serta meningkatkan sistem imunitas tubuh. 

Tidak hanya dalam bentuk serum wajah, Vitamin C juga bisa ditemukan dalam jenis buah-buahan seperti jeruk, lemon, strawberry, brokoli, bayam, dan limau. Lalu apa saja manfaat Vitamin C untuk kesehatan kulit? 

Yuk baca selengkapnya uraian di bawah ini.

Manfaat vitamin C untuk kesehatan kulit

Vitamin C banyak ditemukan sebagai penyusun lapisan dermis dan epidermis kulit, sehingga kebutuhan Vitamin C tidak bisa dipisahkan dari kulit yang sehat. 

Seiring bertambahnya usia, kadar Vitamin C dalam tubuh juga dapat berkurang, itulah mengapa Anda sangat perlu mengkonsumsi dan menggunakan Vitamin C untuk perawatan kulit Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Berikut ini beberapa manfaat Vitamin C bagi kesehatan kulit yang harus Anda ketahui:

1. Membantu mencerahkan kulit

Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu kulit beregenerasi sehingga terbebas dari sel-sel kulit mati penyebab wajah kusam. Kolagen pada Vitamin C berfungsi memperlancar aliran nutrisi ke kulit. 

Pembuluh darah di bawah kulit akan mengangkut oksigen dan nutrisi penting lainnya guna memastikan kulit Anda tetap sehat. Oleh karena itu, serum Vitamin C ini dapat membantu mencerahkan kulit Anda.

2. Mencegah penuaan dini

Seiring bertambahnya usia tentu masalah kulit mulai bermunculan seperti, garis-garis halus, dan kulit keriput. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi Vitamin C dapat menurunkan keriput pada kulit. 

Penggunaan serum Vitamin C secara rutin dapat memperlambat proses penuaan dini, alhasil kulit wajah Anda akan terlihat awet muda.

3. Melindungi kulit dari efek buruk sinar UV

Tahukah Anda bahwa sinar UV dapat menurunkan kadar Vitamin C dalam tubuh? Kadar vitamin yang hilang tergantung pada intensitas dan durasi Anda terkena paparan sinar matahari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam Vitamin C mampu melindungi kulit dari radiasi ultraviolet dan paparan sinar matahari. 

Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya Anda rutin mengkonsumsi Vitamin C guna menurunkan risiko terkena kanker kulit.

Selain mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, Vitamin C juga mampu menangkal radikal bebas yang berasal dari sinar matahari, asap rokok dan polusi. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel pada tubuh. 

Radikal bebas ini terbentuk ketika oksigen berinteraksi dengan beberapa molekul lalu masuk ke dalam tubuh dan bereaksi dengan DNA. 

Selain menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung Vitamin C, mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin C juga sangat diperlukan untuk melindungi kulit dari kerusakan.

4. Menjaga kelembaban kulit

Manfaat lain dari Vitamin C adalah menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya kering. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat menjaga kesehatan pembuluh darah di bawah kulit. 

Hal tersebut dikarenakan pembuluh darah di bawah kulit tersusun atas kolagen. Ketika kadar kolagen meningkat, maka elastisitas dan kekencangan kulit juga akan ikut meningkat.

5. Meratakan warna kulit

Vitamin C berfungsi menghambat produksi pyrimidine yang merupakan penyebab utama melanoma. 

Selain itu, Vitamin C terbukti bermanfaat dalam mengatasi peradangan kulit seperti menghilangkan kemerahan dan membuat warna kulit lebih merata.

 Mengkonsumsi Vitamin C dan menggunakan produk perawatan yang mengandung Vitamin C akan mengurangi warna gelap dan bintik-bintik di wajah akibat penuaan dini.

6. Membantu proses penyembuhan luka

Ternyata Vitamin C juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Biasanya Vitamin C digunakan sebagai terapi oral untuk orang yang mengalami luka bakar

Selain itu, Vitamin C juga dapat meningkatkan sintesis kolagen dan mengurangi respon inflamasi pada bagian tubuh yang terluka.

Manfaat lain dari Vitamin C untuk penyembuhan luka yaitu, vitamin ini dapat mengurangi kerusakan pada daerah luka yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Oleh karena itu, proses penyembuhan luka pada individu yang sehat akan lebih cepat. Sedangkan pada orang yang mempunyai kadar Vitamin C yang rendah, proses penyembuhan luka akan berlangsung lebih lama.

Pentingnya mengkonsumsi Vitamin C secara rutin

Beberapa manfaat Vitamin C untuk kesehatan kulit sudah disebutkan di atas, sangat menarik bukan? Namun sebenarnya selain memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. 

Vitamin C juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda seperti meningkatkan imunitas tubuh. Setiap orang bisa memiliki kadar kebutuhan Vitamin C yang berbeda-beda. 

Berikut ini kadar kebutuhan Vitamin C yang disarankan:

  • Usia ½ tahun : memerlukan vitamin C setidaknya 40 miligram per hari.
  • Usia 1 - 9 tahun : memerlukan vitamin C sebanyak 40 hingga 45 miligram per hari.
  • Usia 16 tahun ke atas : wanita akan memerlukan vitamin C sebanyak 75 miligram per hari, dan pria memerlukan 90 miligram per hari.
  • Untuk perokok : tambahkan vitamin C sebesar 35% dari jumlah yang disarankan. Hal ini karena merokok dapat meningkatkan radikal bebas di dalam tubuh dan kandungan antioksidan yang ada di dalam vitamin C dipercaya mampu mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

Meskipun banyak sekali manfaat yang ditawarkan, namun jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsi Vitamin C. Mengkonsumsi Vitamin C secara berlebihan dapat mengakibatkan sakit perut, perut kembung, dan diare

Jika Anda masih ragu mengenai kadar kebutuhan Vitamin C dalam tubuh Anda, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter. 

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Turner, E. R. Dahl, W. J. (2013, December). Facts about vitamin K (http://edis.ifas.ufl.edu/pdffiles/FY/FY20900.pdf)
Skin cancer statistics. (2015, August 20) (http://www.cdc.gov/cancer/skin/statistics/index.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app