Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Manfaat Melakukan Pendinginan Usai Berlari

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.084.134 orang

Olahraga menjadi kebutuhan tubuh yang tidak bisa diabaikan, minimal lakukan 3 hingga 5 kali dalam seminggu dengan durasi pendek 30 menit. Tentu saja dengan beragam jenis olahraga yang bisa Anda coba sendiri baik di rumah maupun di studio kebugaran. 

Hal tersebut perlu dipelajari supaya tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari beragam risiko penyakit.

Akan tetapi sebelum memulai beragam jenis olahraga, ada hal yang tidak boleh diabaikan pula yakni pemanasan dan pendinginan. Kedua kegiatan tersebut termasuk dalam latihan intensitas yang ringan dan bersifat kardiovaskular. Durasi yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan ini hanya sekitar 5 hingga 10 menit setiap melakukan olahraga.

Manfaat Melakukan Pendinginan

Pemanasan dilakukan sebelum olahraga inti sedangkan pendinginan dilakukan sesudah olahraga inti. Kemudian apa saja manfaat yang bisa Anda peroleh dari pendinginan? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Mengurangi Kelelahan

Kelelahan menjadi gejala yang wajar Anda rasakan setelah melakukan olahraga inti. Tubuh akan melakukan metabolisme lebih cepat untuk menghasilkan energi tanpa bantuan oksigen

Sisa metabolisme ini akan menyebabkan penumpukan asam laktat di dalam otot yang mengakibatkan kelelahan. Dengan demikian pendinginan akan membantu asam laktat keluar dari dalam otot secara perlahan.

2. Mengontrol Denyut Jantung

Ketika Anda berolahraga maka denyut jantung dan tekanan darah akan meningkat dengan signifikan. Hal itu diperlukan sebagai pendukung metabolisme di dalam tubuh. Sehingga pendinginan berguna untuk menghindari penurunan denyut jantung secara tiba-tiba supaya terhindar dari masalah organ jantung.

Melakukan Pendinginan Usai Berlari

Olahraga lari membutuhkan asupan oksigen yang besar untuk mendukung proses napas dan menghindari gejala Hipoksia. Selain itu jenis olahraga ini rentan dengan cedera jika melewatkan beberapa aturan dasar seperti pendinginan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Pendinginan usai melakukan olahraga lari diperlukan sebab otot telah mengalami kondisi lebih hangat, kondisi tersebut dikhawatirkan akan mengakibatkan terjadinya kerusakan jaringan otot. Sehingga dibutuhkan proses pengembalian kondisi tubuh seperti sedia kala dan segudang manfaat akan segera diperoleh.

Simak beberapa gerakan pendinginan yang bisa Anda lakukan berikut ini:

1. Hamstring Stretch

Pendinginan ini bisa dilakukan dalam posisi berdiri atau duduk dengan cara yang mudah. Condongkan tubuh ke arah depan kemudian pegang jari kaki dan biarkan otot hamstring meregang. Tahan kondisi ini selama kurang lebih 10 detik dan lakukan pada bagian kaki lainnya.

2. Calf Stretch

Mulailah posisi berdiri dengan satu kaki di depan dan satu kaki lainnya di belakang. Tekuk kaki depan dan biarkan kaki belakang tetap lurus, kemudian biarkan kondisi tersebut hingga 15 detik dan lakukan pengulangan pada bagian kaki lainnya.

3. Quad Stretch

Lakukan gerakan pendinginan ini sambil berdiri, kemudian angkat satu kaki hingga menekuk ke belakang dan tahan dengan satu tangan. Tahan hingga 8 detik dan lakukan pengulangan pada bagian kaki lainnya.

4. IT Band Stretch

Silangkan kedua kaki kemudian lekukkan tubuh dari punggung hingga ke salah satu tumit kaki di bagian belakang. Tahan posisi ini hingga 15 detik dan lakukan pengulangan pada bagian kaki lainnya. Lakukan gerakan ini selama 2x hitungan.

5. Butterfly Stretch

Lakukan dengan posisi duduk dan tekuklah kedua kaki dalam keadaan telapak kaki berhadapan. Tahan kaki dengan memberikan penekanan pada lantai, lakukan dengan posisi tubuh yang lurus. Agar semakin mudah meluruskan tubuh, Anda dapat menggunakan dinding sebagai penyangga.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit