Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Manfaat Melakukan Olahraga dengan Intensitas Tinggi (HIIT)

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 814.360 orang

HIIT atau high intensity interval training merupakan olahraga yang dilakukan dengan intensitas tinggi dalam durasi waktu yang singkat. HIIT dilakukan dengan menggabungkan beberapa latihan kardio. 

Bagi Anda yang tidak terbiasa melakukan olahraga, melakukan HIIT mungkin sangat melelahkan. Dengan durasi yang singkat, melakukan HIIT memberikan manfaat yang sangat banyak bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat dari HIIT.

Membakar banyak kalori dalam waktu singkat

HIIT dilakukan dengan melakukan gerakan intensif selama 20 detik kemudian beristirahat selama 40 detik. Selanjutnya lakukan gerakan lainnya dengan durasi 20 detik dan istirahat selama 40 detik. Lakukan beberapa gerakan selama 12-15 menit. Satu sesi latihan gerakan HIIT maksimal dilakukan selama 30 menit.

Dibandingkan dengan olahraga lain, HIIT terbukti dapat membakar kalori 30% lebih banyak. Hal ini dikarenakan HIIT menggabungkan beberapa gerakan kardio. Selain itu, gerakan HIIT yang dilakukan secara intensif akan meningkatkan kinerja jantung, sehingga kalori yang dibakar semakin banyak. 

Olahraga HIIT dianjurkan bagi Anda yang ingin membakar banyak lemak dalam waktu yang singkat.

Meningkatkan metabolisme

Melakukan olahraga HIIT secara benar dapat meningkatkan kinerja jantung dan memperlancar aliran darah, sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik. 

Latihan HIIT secara benar selama kurang dari 10 menit, terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan metabolisme menyebabkan tubuh akan tetap membakar kalori meskipun tidak berolahraga. Selain HIIT, peningkatan metabolisme tubuh juga dapat diperoleh melalui latihan angkat beban.

Membantu menurunkan lemak

HIIT biasanya dilakukan dengan menggabungkan beberapa gerakan kardio. Hal ini menyebabkan melakukan HIIT dapat menurunkan kadar lemak dengan cepat. Melakukan HIIT dapat menurunkan lemak hingga 2 kg dalam waktu 12 minggu

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Selain itu, melakukan HIIT dibarengi dengan diet sehat juga dapat menurunkan kadar lemak hingga 1 kg dalam waktu 1 minggu.

Meningkatkan massa otot

Melakukan olahraga HIIT dibarengi dengan latihan angkat beban dan mengonsumsi protein whey, terbukti dapat meningkatkan massa otot. Peningkatan massa otot terjadi jika Anda melakukan HIIT secara rutin. Jika Anda jarang melakukan olahraga HIIT, maka kenaikan massa otot tidak akan besar.

Meningkatkan konsumsi oksigen

Olahraga HIIT dapat meningkatkan kinerja jantung, sehingga aliran darah dalam tubuh semakin baik. Hal ini menyebabkan aliran oksigen dalam tubuh juga semakin baik. Dengan melakukan HIIT, tubuh akan mendapatkan suplai oksigen lebih besar hingga 9%, sehingga sistem pernapasan akan berjalan dengan baik.

Menjaga kesehatan jantung

Melakukan HIIT memang tidak mudah untuk dilakukan. Namun, jika dilakukan secara rutin HIIT dapat menurunkan kadar lemak, serta tekanan darah menjadi normal, sehingga fungsi jantung juga akan berjalan dengan baik.

Menurunkan gula darah

Gula darah dalam tubuh akan dibakar sebagai energi saat melakukan olahraga HIIT. Ketika rutin melakukan HIIT maka risiko terjadinya obesitas juga akan menurun.

Semua manfaat tersebut akan didapatkan jika melakukan HIIT dengan cara yang benar. Cara melakukan HIIT dengan benar adalah:

  • Melakukan pemanasan. Olahraga HIIT sangat rawan menyebabkan cedera. Sebelum melakukan HIIT jangan lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu.
  • Menggunakan cara yang benar. Pelajarilah beberapa gerakan HIIT dengan benar, sebelum melakukan latihan,
  • Gunakan alat yang sesuai. Gunakan alat olahraga yang sesuai kebutuhan. Pilihlah pakaian dan sepatu olahraga yang nyaman digunakan.
  • Jangan memaksakan diri. Anda bisa memulai dengan olahraga intensitas rendah, kemudian secara bertahap tingkatkan intensitas olahraga.
  • Jangan melebihi batas waktu. Lakukanlah HIIT sesuai dengan durasi yang disarankan. Jangan menambah atau mengurangi durasi waktu saat berolahraga HIIT.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit