4 Manfaat Lidah Mertua yang Terbukti Baik untuk Kesehatan

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
4 Manfaat Lidah Mertua yang Terbukti Baik untuk Kesehatan

Tanaman lidah mertua termasuk tanaman hias yang paling banyak dipilih untuk mempercantik tiap sudut ruangan. Tanaman dari genus Sansevieria ini juga sering disebut snake plant, karena memiliki daun dengan garis hijau kekuningan, kaku, dan panjang mirip seperti tubuh ular. 

Selama ini, sejumlah tanaman hias hanya digunakan untuk 'menghidupkan' ruangan dan menambah kesan asri di dalamnya. Tahukah Anda bahwa dibalik warnanya yang cantik, ternyata juga ada banyak manfaat lidah mertua bagi kesehatan, lho!

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Berbagai manfaat lidah mertua untuk kesehatan

Tidak sedikit orang yang 'anti' menaruh tanaman di dalam rumah, khususnya dalam kamar. Jika tanaman melepaskan banyak oksigen di pagi hari, tanaman hijau akan bertindak sebaliknya pada malam hari, yaitu menghasilkan banyak karbondioksida. Alih-alih meningkatkan jumlah oksigen, banyaknya karbon dioksida yang dilepaskan oleh tanaman dikhawatirkan akan mengganggu pernapasan saat tidur.

Menariknya, hal tersebut tidak terjadi pada tanaman lidah mertua. Justru, menaruh tanaman lidah mertua di dalam rumah akan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini berbagai manfaat lidah mertua bagi kesehatan, di antaranya:

1. Menangkal polusi

Lidah mertua termasuk salah satu tanaman penangkal polusi yang paling jitu. Pasalnya, tanaman hias ini mampu menetralisir 4 dari 5 racun udara paling umum, yaitu formalin, benzena, xylene, dan trichloroethylene.

Anda pun tak perlu sering-sering menyiram tanaman ini karena lidah mertua akan tetap tumbuh dengan baik di segala kondisi ruangan. Ya, Anda bisa melindungi diri dari paparan polusi semudah hanya dengan menanam lidah mertua di rumah.

Baca Selengkapnya: 5 Jenis Makanan Penangkal Polusi yang Wajib Anda Coba

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

2. Meningkatkan kualitas tidur

Nyenyak atau tidaknya tidur Anda setiap malam ternyata dipengaruhi oleh seberapa baik kualitas udara di sekitar Anda saat tidur. Kalau tidur Anda sering tidak nyenyak, coba taruh tanaman lidah mertua di salah satu sudur kamar Anda.

Salah satu manfaat lidah mertua ternyata dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Tidak hanya mampu menyaring udara jadi lebih bersih, para ahli juga mengungkapkan bahwa snake plant dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari.

Semakin banyak oksigen yang ada di dalam kamar, maka semakin banyak pula oksigen yang Anda hirup saat tidur. Alhasil, Anda bisa bernapas lebih lega dan tidur pun lebih nyenyak serta berkualitas dibandingkan malam-malam sebelumnya.

Baca Juga: Durasi Tidur Masyarakat Indonesia Ternyata Masih Kurang, Ini Faktanya

3. Membantu menangkal alergi

Jika Anda sering bersin setelah bangun tidur, bisa jadi Anda mengalami alergi. Penyebab bersin saat bangun tidur bisa bermacam-macam, bisa karena sensitif terhadap cahaya, rhinitis alergi, atau udara kotor di dalam kamar.

Nah, disinilah waktunya Anda bisa mengambil manfaat lidah mertua. Tanaman lidah mertua dapat membantu menetralisir udara di dalam ruangan, termasuk alergen. Semakin bersih udara di dalam ruangan, maka gejala alergi juga jarang kambuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Diperkuat juga oleh penelitian dalam Journal of Ethnopharmacology tahun 2012, ekstrak etanol tanaman Sanseveiria mampu menghasilkan reaksi anti-alergi dan anti-anafilaksis. Kombinasi reaksi tersebut menghasilkan aktivitas antioksidan yang baik untuk menangkal alergi.

4. Mengurangi gejala sick building syndrome

Sering tidak disadari, beberapa orang mengalami sick building syndrome ketika memasuki suatu ruangan. Sick building syndrome adalah serangkaian gejala yang muncul ketika seseorang memasuki tempat tinggal, kantor atau bangunan tertentu. 

Seseorang dengan sick bulding syndrome biasanya akan langsung batuk, gatal-gatal, pusing, mual, hingga sesak napas saat memasuki sebuah ruangan. Namun begitu ke luar ruangan atau bangunan, orang tersebut akan kembali sehat dan baik-baik saja. 

Penyebab sick building syndrome masih belum jelas, tapi hal ini diduga ada kaitannya dengan kualitas udara yang buruk di dalam ruangan tersebut. Bisa jadi karena ventilasi udara yang buruk sehingga aliran udara tidak lancar, ruangan penuh bahan kimia berjamur sehingga memicu reaksi alergi pada tubuh.

Kabar baiknya, tanaman lidah mertua dapat menjadi solusinya. Lagi-lagi, ini karena manfaat lidah mertua dapat menetralisir udara di dalam ruangan sehingga udara jadi lebih bersih.

Hal ini sedikit banyak dapat membantu menghilangkan virus, bakteri, jamur, hingga bahan kimia yang mengelilingi ruangan. Denganbegitu, gejala sick building syndrome pun bisa diminimalisir sehingga Anda tak perlu takut lagi masuk ke dalam ruangan.

Baca Selengkapnya: 6 Pilihan Jenis Tanaman Penghias untuk Membersihkan Udara Rumah

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app