Jangan Salah Langkah! Begini Cara Membersihkan Lidah yang Tepat

Dipublish tanggal: Jul 2, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 5, 2019 Waktu baca: 3 menit
Jangan Salah Langkah! Begini Cara Membersihkan Lidah yang Tepat

Banyak orang mengira bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut hanya sebatas rajin menggosok gigi setiap hari. Padahal, kenyataannya itu tidak cukup. Anda ternyata juga perlu membersihkan lidah secara rutin, lho!

Anda mungkin jadi bertanya-tanya, memangnya apa manfaat membersihkan lidah setiap hari dan bagaimana caranya? Tenang, semua jawabannya bisa Anda temukan pada ulasan berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Kenapa harus rajin membersihkan lidah?

Lidah merupakan salah satu bagian mulut yang perlu dijaga kebersihannya. Sama seperti gigi dan rongga mulut, lidah juga rentan dipenuhi oleh bakteri dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi setiap hari.

Menurut Dr John D. Kling, DSS, seorang dokter gigi terkenal asal Alexandria, Virginia, bakteri justru menumpuk paling banyak di permukaan lidah. Sebab setiap kali Anda makan, lidah menjadi bagian pertama yang menyentuh dan melumatkan makanan. 

Bakteri ini dapat menyebabkan bau mulut bahkan lama-kelamaan merusak gigi. Itulah alasannya mengapa membersihkan lidah itu penting dilakukan supaya terhindar dari bau mulut dan masalah gigi.

Selain itu, masih ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan rajin membersihkan lidah, di antaranya:

  • Memberikan napas segar sepanjang hari
  • Mengurangi jumlah plak
  • Meningkatkan kepekaan reseptor rasa pada makanan atau minuman

Jadi, masih berani malas membersihkan lidah?

Baca Selengkapnya: Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Cara membersihkan lidah dengan benar

Ada 2 cara membersihkan lidah yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Menggunakan alat pembersih lidah

Menurut penelitian dalam jurnal General Dentistry tahun 2006, membersihkan lidah akan memberikan hasil paling maksimal jika menggunakan alat pembersih lidah. Alat ini dapat mengurangi jumlah bakteri yang terperangkap di permukaan lidah secara signifikan.

Bakteri di dalam mulut menghasilkan senyawa belerang yang mudah menguap, atau disebut juga dengan sulfur volatil. Senyawa inilah yang menjadi dalang penyebab bau mulut. Nah, alat pembersih lidah diketahui mampu mengurangi jumlah senyawa belerang tersebut dan mengatasi bau mulut tak sedap.

Baca Juga: Cara Tuntas Mengatasi Bau Mulut

Berikut ini cara membersihkan lidah menggunakan alat pembersih lidah, yakni:

  1. Siapkan alat pembersih lidah. Sekarang ini sudah banyak toko fisik maupun online yang menjual alat ini, baik yang terbuat dari plastik atau logam.
  2. Julurkan lidah sejauh yang Anda bisa.
  3. Letakkan alat pembersih lidah di pangkal lidah.
  4. Sambil sedikit ditekan, tarik alat pembersih lidah ke arah depan. Atur seberapa besar tekanannya supaya Anda tidak muntah.
  5. Celupkan alat ke dalam air hangat untuk membersihkan kotoran maupun bakteri yang menempel. 
  6. Keluarkan air liur yang muncul saat membersihkan lidah.
  7. Ulangi cara ini beberapa kali.
  8. Kalau sudah, bersihkan alat pembersih lidah dan simpan di tempat yang bersih dan kering.

Rutinitas membersihkan lidah bisa dilakukan 1-2 kali sehari. Wajar saja jika awalnya Anda merasa mual atau bahkan muntah. Sebagai solusinya, coba lakukan hal ini sebelum makan agar tidak muntah setelahnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

2. Menggunakan bagian belakang sikat gigi

Selain dengan alat pembersih lidah, Anda juga bisa memanfaatkan sikat gigi Anda saat ini. Namun ingat, bagian yang digunakan bukanlah bagian depan alias yang ada bulu-bulu sikat gigi, ya!

Walau lebih praktis, membersihkan lidah dengan sikat gigi justru lebih banyak risikonya. Bukannya bikin sehat, sikat gigi justru akan menekan bakteri yang ada di permukaan semakin masuk ke dalam lidah. Hal ini dapat memicu bau mulut dan menurunkan kepekaan lidah.

Kalau Anda memperhatikan bagian belakang sikat gigi, Anda akan melihat karet yang bentuknya bergelombang atau bergerigi. Nah, bagian inilah yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan lidah.

Cara membersihkan lidah dengan bagian belakang sikat gigi sama seperti saat Anda menggunakan alat pembersih lidah. Yang terpenting, bersihkan lidah 1-2 kali sehari setelah sikat gigi demi menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah lidah sudah bersih atau belum? Caranya, coba julurkan lidah di depan cermin dan perhatikan warna lidah Anda.

Lidah yang bersih biasanya berwarna merah muda dan cerah. Jika lidah tampak hitam dan berbulu, putih, atau berubah warna selain merah muda, maka bisa jadi masih ada sisa-sisa kotoran yang menempel di permukaan lidah. Nah, Anda dapat membersihkannya dengan cara di atas. 

Baca Selengkapnya: Apakah Anda Tahu Cara Sikat Gigi yang Benar?

21 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Winner JJ, et al. (2013). The comparative evaluation of the effects of tongue cleaning on existing plaque levels in children. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4086606/)
What your tongue can tell you about your health. (2015). (https://health.clevelandclinic.org/what-your-tongue-can-tell-you-about-your-health/)
Tongue scrapers and cleaners. (n.d.). (https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/t/tongue-scrapers)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Cara Ampuh Mengatasi Lidah Kuning, Berdasarkan Penyebabnya
Cara Ampuh Mengatasi Lidah Kuning, Berdasarkan Penyebabnya

Biasanya lidah kuning disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk karena makanan dan bakteri dapat terkumpul pada papila lidah. Jika papila membesar, bakteri yang ditemukan di mulut dapat menghasilkan pigmen berwarna.

Buka di app