Makanan dan Diet Sehat

Tim Pisang atau Tim Ubi? Cek Manfaat Kolak Untuk Buka Puasa

Dipublish tanggal: Mei 16, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jun 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Tim Pisang atau Tim Ubi? Cek Manfaat Kolak Untuk Buka Puasa

Sering makan kolak saat buka puasa? Anda tentu tidak sendirian. Menu buka puasa yang satu ini memang menawarkan kelezatan dan kesegaran tiada tara. Bukan cuma mengenyangkan, dua jenis kolak ini ternyata punya manfaatnya masing-masing, lho!

Manfaat kolak pisang untuk buka puasa

Bagi Anda yang suka makan kolak pisang saat buka puasa, ini manfaatnya untuk Anda:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

1. Mengoptimalkan perkembangan janin

Kolak pisang termasuk salah satu menu buka puasa yang aman bagi ibu hamil, lho! Bahkan, pisang juga mengandung asam folat yang dapat mengoptimalkan perkembangan janin.

2. Mengendalikan gula darah

Pisang mengandung kaya pektin, jenis serat yang dapat membantu mengendalikan gula darah tetap normal. Selain itu, pisang juga memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu sekitar 51-60. Jadi, Anda tak perlu khawatir gula darah akan melonjak karena makan kolak pisang saat buka puasa.

3. Menjaga berat badan

Pisang mengandung rendah kalori, tapi tinggi serat. Tak hanya melancarkan pencernaan, kandungan serat dari kolak pisang juga membuat Anda kenyang lebih lama. Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi akan kalap makan saat buka puasa. Berat badan pun dijamin tetap aman.

4. Menjaga kesehatan jantung

Siapa sangka kalau makan kolak bisa membuat jantung lebih sehat? Pasalnya, satu pisang ukuran sedang (118 gram) mampu memenuhi 9% nilai kalium harian yang dianjurkan. Kalium ini berfungsi untuk menurunkan tekanan darah sekaligus menjaga kesehatan jantung.

manfaat kolak untuk kesehatan

Manfaat kolak ubi untuk buka puasa

Bukan cuma kolak pisang saja yang bermanfaat, sajian kolak ubi pun juga tak kalah berkhasiat. Berikut selengkapnya.

5. Melancarkan pencernaan

Kolak ubi terbuat dari potongan ubi jalar yang dipadukan dengan kuah santan dan gula merah. Ubi jalar mengandung kaya serat dan antioksidan yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Semakin banyak bakteri baik di usus, maka sistem pencernaan Anda tentu jadi makin sehat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

6. Menjaga kesehatan mata

Setiap 200 gram ubi jalar mengandung beta-karoten 7 kali lebih banyak daripada sayuran berwarna oranye lainnya. Jadi, jangan heran kalau semangkuk kolak ubi bisa membuat mata Anda tetap sehat. 

7. Meningkatkan fungsi otak

Kalau Anda sering susah fokus saat puasa, cobalah konsumsi semangkuk kolak ubi. Ubi jalar mengandung antosianin yang dapat meningkatkan ketajaman daya ingat dan konsentrasi.

8. Aman bagi penderita diabetes

Penderita diabetes lebih cocok mengonsumsi kolak ubi daripada kolak pisang. Sebab, indeks glikemik ubi jalar lebih rendah dari pisang, yaitu 63, sehingga bisa membuat kadar gula darah lebih stabil.

Jadi, Anda termasuk yang mana, tim kolak pisang atau tim kolak ubi?

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bananas: A Nutritional Powerhouse. WebMD. (https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-bananas#1)
Bananas: Health Benefits, Risks & Nutrition Facts. Live Science. (https://www.livescience.com/45005-banana-nutrition-facts.html)
Bananas: Health benefits, tips, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/271157.php)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app