HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Manfaat Kesehatan Tomat Ceri Bagi Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Kesehatan Tomat Ceri Bagi Kesehatan Tubuh

Tomat ceri merupakan versi kecil dari buah tomat besar, meski demikian, buah tomat ceri tetap sama bernutrisinya dengan tomat biasa. Berwarna merah dengan ukuran sebesar buah ceri, tomat ceri lebih mudah diolah dan dimasukkan ke dalam masakan. Di dalam seporsi tomat ceri, terdapat sekitar 1.3 gram protein, 1.8 gram serat dan 20 miligram vitamin C, disertai dengan vitamin dan mineral-mineral lainnya untuk kesehatan Anda.

Beberapa manfaat kandungan gizi dalam tomat ceri antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

1.Vitamin B-6
Bagi Anda yang masih berusia di bawah 50 tahun, Anda membutuhkan sekitar 1.3 miligram vitamin B-6 per harinya. Setelah usia Anda mencapai di atas 50 tahun, Anda perlu menambahkan asupan vitamin Anda menjadi sebanyak 1.5 hingga 1.7 miligram. Seporsi tomat ceri mengandung sekitar 0.11 miligram vitamin, didominasi oleh vitamin B-6 yang membantu memetabolisme protein dan mendukung perkembangan kognitif serta fungsi otak. Nutrisi ini membantu produksi sel darah merah dalam tubuh dan memperkuat fungsi imun tubuh.

2.Vitamin A
Seporsi tomat ceri setara dengan 63 mikrogram vitamin A yang sudah memenuhi sebagian dari 700 mikrogram yang diperlukan wanita, dan 900 mikrogram yang diperlukan oleh pria setiap harinya. Vitamin A membantu menyehatkan mata Anda, serta menjaga mata dari kondisi penyakit degenerasi macular yang disebabkan oleh pertambahan usia. Vitamin A juga membantu tubuh memproduksi sel darah putih dan menjaga fungsi jantung, paru-paru dan ginjal. 

3.Lycopene
Sejenis antioksidan yang disebut lycopene ini memang paling banyak bersumber dari tomat, termasuk tomat ceri. Antioksidan ini membantu meminimalisir risiko terkena jenis-jenis penyakit tertentu yang terjadi akibat adanya kerusakan sel. Lycopene memang dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kanker.

Tomat ceri juga dapat memaksimalkan asupan lycopene bagi tubuh Anda sehingga membantu melawan osteoporosos, kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dan penyakit otak.

Untuk dapat mengonsumsi tomat ceri secara maksimal dan mendapatkan manfaatnya, tambahkan tomat ceri yang sudah dibagi menjadi dua ke dalam salad bayam atau salad sayuran lainnya. Tambahkan dengan bawang putih yang sudah dicincang halus, bawang Bombay serta air perasan jeruk untuk membuat saus salsa tomat yang dapat dimakan dengan roti gandum krispi atau flatbread berbahan gandum lainnya. Atau, campurkan tomat ceri dengan keju cottage rendah lemak untuk cemilan sehat. Tumis tomat ceri dengan bawang putih dan bawang Bombay untuk menjadi topping bagi makanan daging.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tomatoes: Benefits, facts, and research. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/273031.php)
Tomatoes 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/foods/tomatoes)
Tomato: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-900/tomato)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app