Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA

Makula -Penyebab,Gejala,dan Pengobatannya

Update terakhir: DEC 8, 2019 Tinjau pada DEC 8, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.521.908 orang

Makula adalah kelainan kulit yang ditandai dengan perubahan warna kulit dengan luas tidak lebih dari 1 cm dengan tinggi permukaan yang sama dengan dengan kulit sekitar. 

Kelainan kulit pada makula tidak melibatkan perubahan ketebalan atau tekstur kulit. Area kulit yang mengalami perubahan warna yang lebih besar dari 1 cm disebut sebagai bercak.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kondisi tertentu seperti vitiligo ditandai oleh makula yang berwarna putih atau makula dengan warna kulit lebih muda (hipopigmentasi) dengan area sekitar.

Meskipun orang-orang dari segala usia dapat memiliki makula, makula paling sering terjadi pada:

  • bayi
  • anak muda (usia sekolah)
  • orang tua (lansia)

Bagaimana makula diidentifikasi?

Makula dapat muncul di bagian mana pun dari tubuh Anda, tetapi umumnya makula muncul pada bagian-bagian tubuh seperti berikut ini:

  • punggung
  • dada
  • tangan
  • wajah

Makula dapat berupa hipopigmentasi atau hiperpigmentasi. Makula hipopigmentasi artinya perubahan warna kulit yang terjadi lebih terang dari kulit asli Anda. Sedangkan perubahan warna kulit pada makula hiperpigmentasi lebih gelap dan kadang-kadang disebut sebagai titik cafe au lait.

  1. Tanda lahir dapat dianggap makula jika berukuran kecil.
  2. Ruam dapat disebut sebagai makula jika warnanya berbeda dari warna kulit Anda. Infeksi atau penyakit lain dapat menyebabkan bentuk makula ini.

Hubungi dokter Anda jika banyak makula baru yang bermunculan pada tubuh Anda atau Anda memiliki makula lama yang kemudian menjadi meradang atau gatal, atau menunjukkan beberapa perubahan lainnya. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika hal-hal tersebut terjadi, kemungkinan Anda mengalami infeksi atau kondisi dermatologis lainnya.

Apa yang menyebabkan makula?

Makula dapat disebabkan oleh berbagai kondisi yang mempengaruhi penampilan kulit Anda, sehingga menghasilkan area perubahan warna kulit. Kondisi yang cenderung menyebabkan makula adalah:

  •  vitiligo
  • paparan sinar ultraviolet
  • infeksi jamur

Seiring bertambahnya usia, bercak kulit dapat muncul. Makula yang muncul akibat faktor usia, disebut dengan bercak bercak penuaan.

Pilihan pengobatan apa yang tersedia untuk mengobati makula?

Setelah dokter Anda mendiagnosis penyebab makula yang Anda derita, dokter mungkin dapat meresepkan pengobatan untuk mengatasi kondisi Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Ada banyak penyebab makula yang berbeda, sehingga perawatannya sangat bervariasi. Makula Anda mungkin tidak hilang sepenuhnya, tetapi merawat kondisi yang mendasarinya dapat membantu mencegah pertumbuhan lebih lanjut dari makula yang Anda miliki. 

Merawat kondisi yang mendasarinya juga dapat mencegah pembentukan makula yang baru.

Perawatan vitiligo

Makula yang disebabkan oleh vitiligo sulit diobati. Pengobatan vitiligo sejak dini dapat memiliki hasil pengobatan yang sangat baik. Pilihan pengobatan untuk makula yang disebabkan oleh vitiligo meliputi:

  • terapi cahaya
  • steroid topikal
  • operasi

tidak memilih perawatan medis dan menggunakan makeup untuk menutupi area yang mengalami perubahan warna juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Dalam kasus-kasus ringan, menggunakan make up khusus untuk menutupi area vitiligo bisa membantu. Anda dapat membeli make up ini di toko atau department store khusus.

Penanganan vitiligo juga dapat dilakukan dengan mengurangi paparan sinar matahari. Karena kulit yang mengalami perubahan warna pada vitiligo, sejatinya mengalami kehilangan pigmen warna pelindung kulit. 

Saat pigmen pelindung kulit hilang, paparan sinar matahari berlebih dapat melukai struktur lain di bawah kulit.

Membuat warna kulit di sekitarnya menjadi sama seperti kulit yang mengalami vitiligo dapat dilakukan, tetapi kebanyakan pasien tidak memilih opsi ini. Penanganan ini dilakukan dengan cara menghilangkan pigmen dari kulit di sekitar makula dan bercak yang ditimbulkan oleh penyakit vitiligo.

Perawatan tanda lahir

Makula tanda lahir biasanya tidak menimbulkan bahaya medis bagi pasien. Namun tanda lahir pada lokasi yang kurang tepat seperti pada wajah, leher atau area yang sering terlihat lainnya sering kali dapat mengganggu, apalagi jika tanda lahir berukuran besar. 

Ada beberapa terapi yang dapat dilakukan untuk mengurangi pembentukan tanda lahir yang mengganggu, seperti laser, pil, dan bahkan operasi. Konsultasikan dengan dokter kulit Anda.

Perawatan kanker kulit

Walaupun biasanya kanker kulit memiliki tampilan yang lebih menakutkan dari sekadar perubahan warna kulit, tetapi kadang-kadang pada awalnya kanker kulit dapat muncul sebagai makula

Jika Anda melihat munculnya makula baru yang menyerupai tanda lahir, atau jika tanda lahir yang telah lama Anda miliki tumbuh atau berubah atau terdapat rasa gatal dan nyeri, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan itu bukan kanker kulit.

Ditinjau secara medis oleh Universitas Illinois-Chicago, Fakultas Kedokteran pada 2 Desember 2016 - Ditulis oleh April Khan

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit