Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Intradermal nevus - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: OCT 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.131.821 orang

Nevus intradermal (juga disebut nevus melanositik intradermal)  adalah suatu tanda lahir yang biasa Anda temukan pada kulit Anda. Nevus intradermal biasanya muncul sebagai benjolan berbentuk kubah pada permukaan kulit.

Diperkirakan sekitar satu persen bayi baru lahir dilahirkan dengan nevus intradermal. Dalam kebanyakan kasus, nevus intradermal muncul setelah remaja, Nevus intradermal adalah suatu pertumbuhan kulit jinak (non-kanker).

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

"Nevus" mengacu pada bercak kulit. "Intradermal" berarti sel-sel yang terletak di bawah lapisan kulit yang paling luar. Karena itu, tanda lahir memiliki tingkat pigmentasi yang hampir sama dengan kulit di sekitarnya.

Apa yang Menyebabkan Seseorang Memiliki Nevus Intradermal?

Nevus intradermal dapat disebabkan oleh satu dari tiga penyebab:

  • kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, terutama bagi mereka yang memiliki kulit lebih terang.
  • pengobatan menggunakan obat-obatan yang menekan sistem pertahanan tubuh, seperti obat-obatan yang digunakan untuk kemoterapi kanker.
  • faktor genetik, jika orang tua Anda memiliki banyak tanda lahir, maka kemungkinan besar Anda juga dapat memiliki banyak tahi lalat.

Gejala Nevus Intradermal

Nevus Intradermal muncul sebagai benjolan pada permukaan kulit dengan intensitas warna yang hampir sama dengan kulit sekitar, meskipun nevus intradermal juga dapat tampak sedikit lebih cokelat. Dalam beberapa kasus, nevus intradermal mengandung bintik-bintik coklat yang merupakan pembuluh darah kecil yang membesar.

Tanda lahir dapat muncul di mana saja pada kulit; Namun, tanda lahir paling sering muncul di kulit kepala, leher, lengan dan kaki bagian atas. Tanda lahir juga dapat muncul pada kelopak mata.

Benjolan pada tanda lahir biasanya berukuran kecil, mulai dari 5 milimeter (mm) hingga 1 sentimeter (cm). Pada anak-anak, tanda lahir biasanya memiliki permukaan yang datar dengan warna yang mirip dengan warna kulit sekitar. Setelah seseorang mencapai usia remaja, nevus intradermal biasanya menjadi lebih jelas. Pada saat seseorang mencapai usia 70 tahun, hampir semua nevi akan nampak memudar.

Benjolan pada nevi biasanya terasa kenyal. Nevus intradermal biasanya berbentuk bulat dan berbatas tegas. Nevus intradermal juga mungkin berbulu.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Bagaimana Cara Mencegah Timbulnya Nevus Intradermal?

Nevus intradermal yang sudah muncul sejak lahir tentu tidak dapat dicegah. Anda dapat mencegah muncul nevus intradermal yang dipicu oleh cahaya matahari dengan menggunakan:

Tabir surya
Tabir surya tampaknya efektif dalam mencegah munculnya nevus intradermal. Penggunaan tabir surya dengan peringkat faktor perlindungan matahari (SPF) 50 atau lebih tinggi pada daerah yang terpapar sangat direkomendasikan;

Menghindari radiasi ultraviolet
Meminimalkan paparan sumber radiasi ultraviolet (matahari dan sunbeds), dengan menerapkan langkah-langkah perlindungan matahari dan mengenakan pakaian pelindung matahari (baju lengan panjang, celana panjang, dan topi berpinggiran lebar) dapat menawarkan perlindungan terhadap paparan radiasi ultraviolet dan mencegah munculnya nevus intradermal.

Bagaimana Penanganan Nevus Intradermal?

Jika Anda memiliki nevus intradermal yang tidak mengganggu, Anda tidak perlu melakukan penanganan apapun. Namun Jika tanda lahir membesar seiring dengan waktu atau menimbulkan tanda-tanda peradangan, Anda dapat memeriksakannya ke dokter.

Dokter dapat mendiagnosis jika Anda memiliki nevus intradermal hanya dengan Inspeksi visual dan pemeriksaan dermatoskopik. Setelah pemeriksaan visual dan pemeriksaan dermatoskopik, dokter dapat melakukan pengambilan sampel pada bagian yang mencurigakan dan memeriksakannya di laboratorium .Prosedur pemeriksaan ini disebut dengan biopsi kulit. Pemeriksaan ini  perlu dilakukan untuk memastikan bahwa nevus intradermal yang Anda miliki bukan merupakan suatu keganasan.

Pengobatan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, nevus intradermal tidak memerlukan perawatan khusus. Anda hanya perlu memeriksakan diri setiap kali menemukan pertumbuhan nevus baru untuk memastikan tanda lahir tersebut bukan merupakan suatu keganasan kulit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Jika tanda lahir mengganggu Anda karena tampilannya atau mengganggu saat beraktifitas, Anda dapat pergi ke dokter untuk mengatasinya. Dokter Anda kemungkinan besar akan menggunakan metode yang disebut  dermal electrosurgical shave excision untuk menghilangkan tanda lahir, karena prosedur ini adalah cara yang cepat dan murah untuk menghilangkan tanda lahir.

Penting untuk memantau ukuran, warna, dan bentuk tanda lahir terutama jika Anda memiliki riwayat keluarga yang pernah menderita kanker jenis apapun.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit