Makanan dan Diet Sehat

Hindari 5 Makanan Penyebab Kanker Serviks Ini Sekarang Juga

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
Hindari 5 Makanan Penyebab Kanker Serviks Ini Sekarang Juga

Kanker serviks adalah penyakit yang menyerang organ reproduksi wanita, tepatnya di daerah leher rahim. Penyakit yang juga dikenal dengan kanker leher rahim ini disebabkan oleh infeksi human papillomavirus atau HPV yang ditularkan melalui hubungan seksual. Selain itu, ternyata ada beberapa makanan penyebab kanker serviks yang sering kali tak disadari. Apa saja itu?

Benarkah makanan tertentu bisa memicu kanker serviks?

Para ahli asal Meksiko menemukan bahwa penyebab kanker serviks bisa berasal dari makanan yang terkontaminasi alfatoksin dari jamur Aspergilus flavus dan Aspergillus parasiticus. Aflatoksin termasuk salah satu zat karsinogenik yang dapat memicu terjadinya kanker.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Ilmuwan Meksiko ini mengidentifikasi dan menghitung jumlah aflatoksin pada sejumlah makanan seperti tortilla jagung, nasi, cabai, saus olahan, dada ayam dan telur. Hasilnya, mereka menemukan bahwa ada hubungan antara kanker serviks dan kanker hati pada manusia.

Berkat temuan ini, para ahli memenangkan penghargaan National Award in Food Science and Technology dalam kategori Ilmu Pengetahuan Profesional dalam Makanan yang diselenggarakan oleh CONACYT (Dewan Nasional Sains dan Teknologi) dan Industri Coca-Cola Meksiko.

Apa saja jenis makanan penyebab kanker serviks?

Tidak semua makanan yang rasanya enak dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Coba ingat-ingat lagi, sudahkah Anda menghindari berbagai jenis makanan penyebab kanker serviks berikut ini?

1. Makanan yang mengandung banyak lemak

Kandungan lemak dari makanan memang bisa memberikan rasa gurih dan nikmat di lidah. Namun, Anda juga perlu hati-hati karena ini termasuk salah satu makanan penyebab kanker serviks yang harus dihindari.

Makanan berlemak seperti gorengan dapat merangsang produksi hormon estrogen dalam tubuh. Jika hormon tersebut terus-terusan diproduksi hingga jumlahnya berlebihan, bahkan sampai ke rahim, maka ini berpotensi menimbulkan kanker.

Baca Selengkapnya: 5 Bahaya Kesehatan yang Mengintai Pecinta Gorengan

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Selain itu, kebanyakan asupan lemak juga dapat memicu obesitas. Ditambah lagi jika Anda malas gerak, lemak akan terus menumpuk dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa obesitas dan kurang gerak merupakan salah satu faktor risiko kanker.

Bukan cuma gorengan, kandungan lemak tinggi juga dapat ditemukan pada makanan cepat saji, daging olahan, makanan instan, krim susu, dan lainnya. Gantilah dengan makanan yang rendah lemak seperti daging khas dalam, dada ayam, dan susu low fat. Hindari atau batasi juga konsumsi gorengan, mie instan dan sejenisnya.

Jangan lupa untuk berolahraga secara rutin agar tubuh senantiasa bugar sekaligus membakar lemak. Seimbangkan dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran hijau yang mengandung banyak serat dan antioksidan untuk membantu menangkal penyakit.

2. Minuman dan makanan yang mengandung alkohol

Konsumsi alkohol terlalu banyak dan dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker. Risiko ini bisa semakin besar jika Anda juga punya kebiasaan merokok.

Zat racun dalam rokok dapat melemahkan fungsi organ tubuh sekaligus memicu sel-sel kanker, termasuk di leher rahim. Jika terus-menerus dilakukan, maka bisa berakibat pada terjadinya kanker serviks.

Jika Anda ingin terbebas dari risiko kanker serviks, hindari konsumsi alkohol secara langsung atau mencampurkannya ke dalam olahan makanan. Begitu juga kalau Anda termasuk perokok aktif, berhentilah sekarang juga. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

3. Makanan yang mengandung bahan kimia

Bagi Anda yang punya jadwal padat, makanan kaleng tentu menjadi penyelamat saat harus buru-buru menyiapkan makanan. Meskipun cenderung praktis, namun hati-hati dengan kandungan pengawet dalam makanan kaleng.

Baca Juga: Sebelum Dimakan, Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Makanan Kaleng

Makanan kaleng, sosis, hingga mie instan mengandung berbagai zat pengawet yang berfungsi agar makanan bisa tahan lama. Namun, kalau dikonsumsi berlebihan, hal ini tentunya tidak aman untuk kesehatan.

Selain mengandung pengawet, makanan atau minuman kemasan juga banyak yang mengandung pemanis dan pewarna buatan. Hal inilah yang menjadikan makanan kemasan sebagai salah satu makanan penyebab kanker serviks yang wajib dihindari.

Sesekali konsumsi makanan atau minuman kemasan memang sah-sah saja. Akan tetapi, ingat jangan sampai berlebihan.

Alangkah lebih baik lagi jika Anda mengolah sendiri makanan dari bahan-bahan alami. Memilih buah dan sayur organik dapat menjadi salah satu cara agar terhindar dari kanker serviks dan kanker-kanker lainnya. Selain cenderung lebih sehat, Anda juga bisa memastikan kebersihan makanan dan memasaknya dengan cara yang tepat. 

4. Makanan dan minuman berkadar gula tinggi

Gula berperan sebagai salah satu sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Meski demikian, bukan berarti boleh dikonsumsi terlalu banyak. Alih-alih menjadi energi, kebanyakan asupan gula justru bisa menjadi penyebab kanker serviks.

Bukan hanya gula pasir, beberapa jenis makanan seperti kue, sirup, dan minuman bersoda juga harus dibatasi konsumsinya. Begitu juga saat Anda minum jus buah, Anda tak perlu menambahkan gula lagi karena sebagian besar buah sudah mengandung gula alami di dalamnya.

5. Makanan yang dibakar

Saat bosan makan ayam goreng, Anda mungkin sering beralih ke ayam bakar yang rasanya tak kalah lezat. Memang benar bahwa makanan yang dibakar seperti sate atau iga bakar pun tak kalah nikmat seperti makanan yang digoreng.

Namun, perlu diketahui bahwa makanan yang dibakar juga tergolong makanan penyebab kanker serviks. Pasalnya, daging yang diolah dengan proses pembakaran menggunakan arang dapat mengaktifkan zat yang bersifat beracun. Hal ini diam-diam dapat memicu kanker, termasuk kanker serviks, apalagi kalau bagian gosongnya ikut termakan juga.

Arang mengandung karbon, suatu zat karsinogenik pemicu kanker. Karena itulah, batasi makan makanan yang dibakar hanya sesekali demi menjaga kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: 18 Makanan Pencegah Kanker Serviks untuk Para Wanita

Selain faktor makanan, masih ada banyak zat karsinogenik lainnya yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya mengonsumsi obat-obatan yang tidak sesuai anjuran, paparan polusi, hingga gaya hidup yang tak sehat.

Yang tak kalah terpenting, hindari berbagai makanan penyebab kanker serviks tersebut dari sekarang. Gantilah dengan memperbanyak makanan yang kaya antioksidan, asam folat, dan kalsium tinggi agar dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Department of Health & Human Services, Australia. Cancer and Food. (https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ConditionsAndTreatments/cancer-and-food).
ScienceDaily. Foods Toxins that can Cause Cervical, Liver Cancer. (https://www.sciencedaily.com/releases/2013/09/130930161927.htm). 30 September 2013.
Healthline. Cancer and Diet 101: How What You Eat Can Influence Cancer. (https://www.healthline.com/nutrition/cancer-and-diet). 7 Oktober 2018.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app