Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR AHMAD MUHLISIN
Kehamilan

Makanan Penguat Kandungan untuk Cegah Keguguran

Update terakhir: SEP 18, 2019 Tinjau pada SEP 18, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.105.270 orang

Makanan Penguat Kandungan untuk Cegah Keguguran

Dalam masa kehamilan, ibu hamil tentu harus memperhatikan asupan makanan dan nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan selama kehamilan serta meningkatkan perkembangan bayi dalam kandungan.

Dibandingkan mengonsumsi obat penguat kandungan, ada baiknya ibu hamil mengonsumsi berbagai makanan yang baik dan sehat bagi kehamilan. Tak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga bermanfaat sebagai makanan penguat kandungan untuk cegah keguguran, terutama bagi ibu hamil yang pernah mengalami keguguran di kehamilan sebelumnya atau memiliki risiko mengalami keguguran akibat kondisi kandungan yang lemah.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. 1000 hari pertama merupakan periode percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun

Blackmores pregnancy breast feeding gold 120s 1

Tak hanya itu, makanan penguat kandungan sangat penting khususnya bagi mereka yang memiliki kondisi sebagai berikut:

  • Memiliki kondisi rahim, dinding rahim, atau serviks yang lemah
  • Sering mengeluarkan flek atau bercak darah
  • Mengalami kontraksi dini sebelum waktu kelahiran

Makanan Penguat Kandungan untuk Cegah Keguguran

Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil karena dapat membantu menguatkan kandungan dan mencegah risiko keguguran:

Alpukat

Sudah bukan rahasia lagi kalau alpukat merupakan salah satu buah yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan nutrisi yang lengkap dalam buah alpukat seperti asam folat yang tinggi, vitamin C, vitamin K, serat, serta mineral yang baik tak hanya dapat menguatkan kandungan, namun juga dapat mencegah komplikasi kehamilan seperti anemia, depresi, lesu, hingga preklampsia.

Telur

Telur merupakan jenis makanan yang memiliki protein serta asam omega-3 yang paling tinggi, terutama telur bebek dan hal ini dapat dilihat dari warna kuning pada telur. Anda boleh mengonsumsi telur jenis apapun, baik telur ayam maupun telur bebek, tetapi telur harus dikonsumsi dalam keadaan matang sempurna. Telur sendiri bermanfaat untuk memperkuat kandungan dan perkembangan otak bayi.

Madu

Madu yang dicampur dengan pollen lebah dapat menjadi sumber protein dan glukosa alami yang mampu menguatkan kandungan. Selain itu, kandungan vitamin, mineral, maupun enzim dalam bee pollen juga dapat membantu menjaga stamina dan kesehatan ibu hamil. Minumlah sedikitnya 2 kali sehari dengan takaran 1 sdm setiap kali minum.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan khususnya legume dan polong ternyata bisa menjadi makanan penguat kandungan karena kacang polong mengandung banyak serat dan protein yang baik untuk ibu hamil. Selain itu, kacang hijau juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan dapat membantu meningkatkan kadar Hb dan mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. 1000 hari pertama merupakan periode percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun

Blackmores pregnancy breast feeding gold 120s 1

Buah

Kandungan antioksidan sekaligus vitamin A dan vitamin C yang terdapat dalam buah apel dapat menjadi makanan penguat kandungan sekaligus menjaga sistem daya tahan tubuh. Tak hanya apel, buah berry seperti bluberry, raspberry, maupun blackberry juga kaya akan vitamin C, kalium, serat, dan asam folat yang baik untuk dikonsumsi ketika hamil.

Susu

Ibu hamil sebaiknya rutin minum susu selama masa kehamilan. Selain kaya protein, susu juga menjadi sumber kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil maupun janin, serta membantu menguatkan kandungan. Dalam memilih produk susu, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi susu murni yang telah mengalami proses pasteurisasi dan sterilisasi agar susu terbebas dari bakteri jahat yang dapat berbahaya bagi kehamilan.

Ubi jalar

Selain menjadi sumber karbohidrat kompleks yang tinggi, ubi jalar merupakan salah satu makanan penguat kandungan yang dapat mencegah keguguran karena ubi jalar mengandung karoten (zat yang bisa diubah menjadi vitamin A). Selain itu, vitamin C, asam folat, dan serat yang tinggi juga bermanfaat untuk memperkuat kandungan ibu hamil.

Sereal

Sereal merupakan salah satu makanan sehat yang kaya vitamin B dan menjadi salah satu jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil dalam hal memperkuat kandungan. Agar kandungan tetap kuat, maka Anda perlu mengonsumsi sereal yang berasal dari whole-grain beserta susu secara rutin di pagi hari.

Brokoli dan sayuran hijau lain

Beberapa jenis sayuran seperti brokoli, kale, dan bayam biasanya mengandung asam folat yang tinggi, kalsium, zat besi, dan berbagai vitamin penting termasuk vitamin C, vitamin A dan vitamin K. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau secara rutin, terutama bagi ibu hamil dengan kandungan lemah atau memiliki masalah pada kandungannya. Cukup mengonsumsi 1 porsi brokoli setiap hari juga dapat membantu mengatasi anemia pada ibu hamil dan membantu melawan radikal bebas.

Salmon

Ada beberapa jenis ikan yang dapat membantu memperkuat rahim, salah satunya adalah salmon yang juga merupakan sumber folat alami bagi ibu hamil. Selain itu, salmon juga kaya akan protein serta asam omega 3 yang penting bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan otak janin. Tetapi ikan salmon harus diolah dengan matang sempurna untuk menghindari bakteri yang mungkin masih menempel dan tidak aman bagi ibu hamil.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. 1000 hari pertama merupakan periode percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun

Blackmores pregnancy breast feeding gold 120s 1

Produk kacang kedelai

Makanan yang menggunakan kedelai sebagai bahan dasarnya seperti tahu, tempe, dan susu kacang kedelai mengandung protein yang tinggi sehingga dapat dijadikan makanan penguat kandungan bagi ibu hamil. Selain itu, kacang kedelai juga rendah lemak dan mengandung beragam nutrisi penting yang baik untuk tubuh, seperti isoflavon, asam phytic, serta saponin yang bermanfaat mencegah penyakit kanker, penyakit jantung, maupun osteoporosis.

Udang

Udang merupakan salah satu makanan penguat kandungan untuk cegah keguguran karena udang memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam 100 gram udang terdapat 20 gram protein tingkat tinggi yang jika dikonsumsi dapat mencukupi kebutuhan protein harian dalam tubuh ibu hamil sebanyak 40 persen.

Ikan air tawar

Ikan air tawar merupakan sumber protein sekaligus asam omega-3 yang baik untuk memperkuat kandungan, tetapi pengolahan ikan air tawar harus dilakukan dengan benar. Ikan yang tidak dimasak dengan benar mungkin masih mengandung merkuri yang dapat membahayakan janin dan kehamilan.

Yogurt

Selain bermanfaat dalam memperlancar sistem pencernaan, susu asam yang kaya akan kandungan kalsium dan protein ini juga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin secara optimal. Tak hanya itu, yogurt juga dapat mencegah ibu hamil dari berbagai gangguan kesehatan seperti osteoporosis dan susah buang air besar.

Kurma

Tak hanya sebagai penguat kandungan, buah kurma juga bisa meningkatkan kadar Hb dalam tubuh sehingga mampu mencegah anemia pada ibu hamil. Baca juga: Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil yang Patut Diacungi Jempol

Kecambah

Sayuran yang satu ini tak hanya meningkatkan fertilitas seseorang namun juga merupakan makanan penguat kandungan yang wajib dikonsumsi ibu hamil karena di dalamnya terkandung vitamin E, asam folat, dan nutrisi penting lainnya.

Daging bebas lemak

Daging sapi atau daging ayam tanpa lemak merupakan sumber protein dan zat besi yang tinggi. Hal ini sangat penting untuk mencegah anemia pada ibu hamil, membantu perkembangan otak bayi, serta menjadi makanan penguat kandungan yang dapat mengurangi risiko keguguran.

Referensi

WebMD. 6 Must-Eat Foods for Pregnancy

Food NDTV. (2017). What To Eat During Pregnancy: 7 Foods That You Should Include In Your Diet

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit