GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

7 Manfaat Clover Honey bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Okt 23, 2020 Update terakhir: Nov 16, 2020 Waktu baca: 3 menit
7 Manfaat Clover Honey bagi Kesehatan

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Clover honey merupakan salah satu jenis madu yang sedang popular karena memiliki rasa manis dan wangi serta bermanfaat bagi kesehatan;
  • Clover honey mengandung sejumlah nutrisi bagi tubuh, yaitu 60 kalori dan 17 gram karbohidrat serta magnesium, zat besi, kalium, dan zinc;
  • Sejumlah manfaat clover honey bagi kesehatan antara lain mengurangi risiko radikal bebas dan membantu mengobati luka;
  • Clover honey juga dapat menjaga kadar kolesterol sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan gangguan pembuluh darah;
  • Clover honey tetap harus dikonsumsi dalam batasan yang wajar dan sesuai aturan pakai, bisa juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter;
  • Klik untuk membeli produk madu atau suplemen lainnya dari rumah Anda melalui HDMall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD.

Madu jenis clover honey mungkin sudah tak asing di telinga masyarakat umum belakangan ini. Namanya semakin mencuat dan menjadi perbincangan karena banyak orang yang membeli dan mengonsumsi madu ini. Clover honey dipercaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh karena kandungan nutrisinya

Mengenal clover honey

Clover honey memiliki cita rasa manis dan kaya akan aroma wangi bunga semanggi. Clover honey berasal dari lebah madu yang bekerja mengumpulkan nektar (sari bunga) pada tanaman semanggi (Clover plants) yang mudah ditemukan di banyak tempat

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Rasa manis clover honey juga kaya akan kandungan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang tentunya memiliki manfaat penting bagi kesehatan. Selain itu, clover honey mengandung sejumlah nutrisi bagi tubuh, yaitu kalori sebanyak 60 kalori dan karbohidrat sebanyak 17 gram.

Clover honey sendiri tidak memiliki kandungan protein dan lemak, tetapi beberapa jenis vitamin dan mineral lain, seperti magnesium, zat besi, kalium, dan zinc. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dalam clover honey terbentuk menjadi gula alami juga sering dijadikan sebagai pemanis makanan atau minuman.

Baca juga: Ini, lho, segudang Manfaat Madu untuk Kesehatan!

Apa yang membedakan antara clover honey dengan madu lainnya?

Ada sejumlah perbedaan antara clover honey dengan madu lainnya, baik dari keunggulan manfaat, kandungan nutrisi, rasa, hingga warna madu itu sendiri. Akan tetapi, perbedaan yang paling mencolok adalah warna clover honey yang cenderung lebih cerah. Rasa clover honey juga lebih ringan dibandingkan dengan jenis madu lain, seperti madu manuka dan madu soba (Buckwheat Honey).

Baca juga: Mengapa Madu Manuka Sangat Bermanfaat? 

7 Manfaat clover honey bagi kesehatan

1. Bertindak sebagai antivirus dan antibakteri

Hampir setiap jenis madu, termasuk clover honey memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Sebuah penelitian menyebut bahwa madu jenis clover honey memiliki sifat antibakteri yang kuat terhadap bakteri Staphylococcus aureus. Begitupun dengan kandungan antivirus pada clover honey yang diperkirakan efektif bila dioleskan pada kulit yang terinfeksi virus cacar air (Varicella Zoster)

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Mengurangi risiko radikal bebas

Clover honey dikenal memiliki kandungan antioksidan berupa asam fenolik dan flavanol anti-inflamasi yang tinggi. Kandungan antioksidan tersebut bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi risiko radikal bebas penyebab kerusakan sel dalam tubuh, termasuk memperbaiki kerusakan organ hati (liver) dan mencegah munculnya efek penuaan pada kulit.

Baca juga: Manfaat dan Sumber Makanan yang Kaya Antioksidan 

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat clover honey lainnya adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi clover honey, secara tidak langsung kadar kolesterol dalam darah juga dapat terjaga sehingga menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan gangguan pembuluh darah.

4. Mengobati dan mempercepat penyembuhan luka

Kandungan anti inflamasi atau anti-peradangan clover honey juga bisa digunakan untuk mengobati luka dengan mengurangi efek peradangan pada kulit, mempercepat pembentukan jaringan baru pada kulit, dan membantu mengatasi masalah infeksi pada kulit akibat bakteri.

5. Menurunkan risiko penyakit diabetes

Rasa manis yang berasal dari kandungan gula alami clover honey bisa dijadikan alternatif terutama bagi penderita diabetes. Meski demikian, clover honey tetap harus dikonsumsi dengan batasan dan aturan pakai yang tepat. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti diabetes.

Baca juga: Jenis Makanan Penurun Gula Darah Untuk Penderita Diabetes 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

6. Menjaga tekanan darah

Clover honey juga dipercaya dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Konsumsilah 1-2 sendok teh clover honey dalam asupan sehari-hari. Akan tetapi, harus dipahami bahwa clover honey bukan pengganti obat penurun tekanan darah.

7. Menjaga sistem imun tubuh 

Selain menangkal radikal bebas, clover honey juga baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Sifat antibakterinya diperkirakan mampu membantu menjaga sistem imun tubuh dalam melawan zat asing atau potensi infeksi, termasuk meredakan gejala flu dan batuk.

 Sejumlah manfaat madu tersebut baru bisa didapatkan dari clover honey yang alami dan segar. Namun, perlu diketahui bahwa mengonsumsi madu mentah tidak disarankan bagi orang yang memiliki masalah kekebalan tubuh atau penyakit autoimun. Selain itu, anak-anak di bawah usia 1 tahun juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi madu karena bisa menyebabkan penyakit berat.

Baca juga: Bahaya Memberi Madu pada Bayi

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Organic Facts. 5 Best Health Benefits Of Clover Honey. (https://www.organicfacts.net/clover-honey.html)
Verywellfit. Honey Nutrition Facts and Health Benefits. (https://www.verywellfit.com/honey-nutrition-facts-and-calories-4164274)
Medicaldaily. Clover Honey Health Benefits That Will Surprise You. (https://www.medicaldaily.com/clover-honey-health-benefits-437226)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app