Hati-Hati, Ibu Hamil Rentan Alami 7 Keluhan Ini!

Dipublish tanggal: Nov 9, 2020 Update terakhir: Nov 9, 2020 Waktu baca: 2 menit
Hati-Hati, Ibu Hamil Rentan Alami 7 Keluhan Ini!

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Efek perubahan hormon pada ibu hamil dapat memicu keluhan atau masalah kehamilan;
  • Beberapa masalah kehamilan yang sering dialami ibu hamil antara lain kram, sakit punggung, hingga rasa lemas;
  • Untuk mencegah sembelit, ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan kaya serat, seperti buah dan sayur, kacang-kacangan, dan lentil;
  • Melakukan olahraga teratur seperti yoga, berenang, dan pilates dapat membantu meredakan sejumlah masalah kehamilan;
  • Tidur dengan posisi menyamping, menghindari berdiri terlalu lama, serta mengonsumsi vitamin kehamilan juga penting untuk dilakukan ibu hamil;
  • Klik untuk mendapatkan vitamin kehamilan yang bisa dikirim ke rumah Anda di HDMall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Klik untuk membeli paket prenatal dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman melalui HDMall;
  • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Merasakan tanda-tanda kehamilan dan bersiap memiliki anak tentu merupakan momen yang menyenangkan bagi seorang wanita. Akan tetapi, setiap wanita hamil akan mengalami sejumlah perubahan, mulai dari bentuk tubuh, perubahan hormon, hingga munculnya berbagai keluhan. Apa saja masalahnya dan bagaimana penanganannya? 

Baca juga: Vitamin untuk Ibu Hamil 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

1. Kram

Kram pada kaki adalah kondisi yang cukup sering dialami wanita hamil. Kondisi ini sering terjadi pada malam hari, terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Cara mengatasi kram pada ibu hamil adalah dengan melakukan olahraga teratur dan pijatan lembut agar sirkulasi darah dapat meningkat. Cara ini juga dapat mencegah munculnya kram kembali.

2. Sembelit

Di awal masa kehamilan, ibu hamil cenderung akan mengalami sembelit atau susah buang air besar. Hal tersebut disebabkan oleh perubahan hormonal. Untuk mengatasi sembelit, ibu hamil disarankan mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi serat, seperti buah dan sayur, roti gandum, sereal, kacang-kacangan, dan lentil. Selain itu, tetap penuhi asupan cairan tubuh dengan minum air putih serta konsumsi vitamin yang dibutuhkan.

Baca juga: Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil 

3. Peningkatan frekuensi buang air kecil

Peningkatan frekuensi buang air kecil umumnya terjadi sejak awal masa kehamilan dan berlanjut hingga trimester ketiga kehamilan. Jika tak ingin terlalu sering buang air kecil di malam hari, coba sedikit mengurangi minum air putih sebelum tidur. Sebisa mungkin perhatikan kondisi urine. Jika mengandung darah, segera periksakan diri ke dokter. Pasalnya, kondisi demikian bisa jadi merupakan gejala infeksi saluran kemih.

4. Sakit punggung

 Ibu hamil akan lebih mudah mengalami gejala sakit punggung ketika membungkuk, mengangkat beban berat, dan saat mengubah posisi dari tidur atau duduk. Hal ini umumnya dialamiketika memasuki trimester kedua kehamilan seiring dengan kenaikan berat badan ibu dan bayi. Untuk membantu mengurangi sakit punggung, lakukan olahraga seperti yoga, senam kegel, berenang, atau pilates.

Baca juga: 10 Manfaat Pilates untuk Ibu Hamil 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

5. Varises

Varises atau pembengkakan pembuluh darah juga dapat dialami oleh ibu hamil. Meski tidak berbahaya, varises dapat memberikan rasa tidak nyaman. 

Anda tidak perlu khawatir. Varises dapat membaik setelah melahirkan. Untuk mengatasi varises, hindari berdiri dalam waktu yang terlalu lama dan lakukan latihan fisik ringan, seperti berjalan atau berenang, untuk membantu melancarkan sirkulasi darah.

6. Perubahan rambut dan kulit

Perubahan pada warna kulit dan rambut, tahi lalat, atau tanda lahir wajar terjadi selama kehamilan. Bagian puting payudara dan sekitarnya pun akan berubah warna jadi lebih gelap. Dalam kondisi seperti ini, rambut juga akan tumbuh lebih cepat dan cenderung berminyak.

Nah, untuk menghindari perubahan warna kulit yang terlalu intens, gunakan tabir surya yang aman bagi wanita hamil dan hindari terkena paparan matahari yang terlalu terik. Namun, jangan sampai tidak berjemur sama sekali, ya.

7. Lemas atau kecenderungan bakal pingsan

Perubahan hormonal selama kehamilan juga dapat menyebabkan tubuh terasa lemas dan seperti akan pingsan, terutama saat hendak berdiri atau bangun dari tempat tidur. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kadar oksigen dan darah pada otak. Bangunlah secara perlahan dan segera mencari tempat duduk ketika merasa lemas atau akan pingsan. Usahakan pula untuk tidur dalam posisi menyamping.

Wanita hamil memang tidak boleh stres. Akan tetapi, bukan berarti abai dengan kondisi sendiri. Lakukan olahraga secara teratur dan perhatikan asupan gizi selama kehamilan sesuai petunjuk dokter. Lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu dan bayi. 

Baca juga: 5 Kondisi Kehamilan yang Mewajibkan Ibu Hamil Istirahat Total 



7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Metoclopramide [Fact sheet]. (2018). (https://mothertobaby.org/fact-sheets/metoclopramide/pdf/)
Adlan AS, et al. Acupressure as adjuvant treatment for the inpatient management of nausea and vomiting in early pregnancy: A double-blind randomized controlled trial. The Journal of Obstetrics and Gynaecology Research. 2017;43:662.
Screening In Pregnancy - Genetic Screening. American Academy of Family Physicians. (Accessed via: https://familydoctor.org/screening-in-pregnancy/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app