Doctor men
Ditinjau oleh
DR. VINA SETIAWAN
Makanan dan Diet Sehat

Kenali Macam-Macam Diet Termasuk Diet Jaman Sekarang

Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Jul 18, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 1.360.821 orang

Kenali Macam-Macam Diet Termasuk Diet Jaman Sekarang

Diet dimulai besok, adalah kata-kata favorit semua orang. Banyak orang yang ingin memiliki tubuh ideal dengan pola diet yang mudah, yaitu, makan apapun, kapanpun dan dimanapun. 

Tentu saja dengan pola diet seperti ini, mereka tidak akan pernah berhasil mendapatkan tubuh ideal yang mereka inginkan. Ada lagi orang yang menjalani program diet dengan tidak makan makanan tertentu atau bahkan tidak makan apapun selama beberapa hari untuk mendapatkan angka yang lebih kecil di timbangan.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, untuk mendapatkan tubuh ideal, 70% ditentukan oleh faktor makanan (diet). Diet sendiri berarti makan, maka sesungguhnya terdapat salah pengertian jika orang indonesia mengartikan diet sebagai tidak makan. 

Diet bukanlah tujuan, melainkan jalan hidup. Sehingga, diet yang dimaksud disini bukanlah suatu program jangka pendek yang dapat dilakukan sementara, melainkan program yang akan diterapkan seumur hidup. 

Oleh karena itu, jika diet itu menyiksa untuk Anda, berarti Anda sedang menjalankan pola diet yang salah atau tidak cocok untuk diri Anda.

Terlepas dari salah atau benar caranya, saat ini di masyarakat Indonesia ada banyak sekali jenis diet. Satu dan yang lain mengklaim bahwa mereka memiliki dasar ilmiah yang paling masuk akal dan mereka merasa pola diet mereka adalah yang terbaik. 

Berikut adalah pola diet yang sering diterapkan masyarakat indonesia.

  • Diet berdasarkan ajaran keagamaan

Sambil menyelam minum air, inilah diet yang diterapkan berdasarkan ajaran agama. Jika di agama islam dikenal dengan istilah puasa senin dan kamis, di agama Buddha dikenal dengan istilah Atthasilla, Yaitu tidak makan apapun selepas jam 12 siang atau bervegetarian yaitu tidak makan-makanan hewani. Bagaimanapun mekanisme dari diet berdasarkan agama ini, intinya mengurangi asupan kalori secara otomatis dapat mengurangi berat badan.

Diet rendah karbohidrat selalu diartikan sebagai diet nasi putih, padahal karbohidrat bukan hanya nasi putih, melainkan semua makanan yang mengandung sari pati termasuk roti, mie, pasta, sagu, jagung, sayur dan buah. 

Tapi perlu diingat, diet rendah karbohidrat bukan berarti tidak mengkonsumsi sumber karbohidrat sama sekali, tetapi mengganti sumber karbohidrat yang bisa memicu kegemukan seperti nasi putih, roti dan mie ke sumber karbohidrat yang lebih kompleks seperti roti gandum dan nasi merah. 

Sedangkan untuk buah-buahan dan sayur-sayuran tetap harus dikonsumsi dalam porsi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

  • Diet rendah lemak

Tentu saja hal ini banyak dilakukan oleh masyarakat, karena pasti semua orang berpikir, “jika ingin mengurangi lemak dalam tubuh, kita harus mengurangi konsumsi lemak”. 

Pemikiran seperti ini sebenarnya sah-sah saja, namun tidak 100% benar, karena lemak adalah makronutrisi yang yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk perbaikan sistem saraf dan perbaikan jaringan-jaringan tubuh. 

Oleh karena itu diet rendah lemak sebaiknya dilakukan dengan mengganti semua sumber lemak yang tidak baik seperti gorengan, kulit ayam, mentega menjadi sumber lemak yang baik seperti alpukat, minyak zaitunm dan kacang-kacangan.

Diet tinggi protein adalah diet yang mengurangi karbohidrat dan lemak dan mengkonsumsi banyak sumber makanan yang mengandung protein seperti daging, ikan, telur, tempe-tahu dsb. 

Diet tinggi protein dipercaya bekerja dengan cara membentuk jaringan otot sekaligus membakar lemak. Diet ini paling banyak digunakan pada kalangan bodybuilder.

Diet jaman sekarang

Diet-diet seperti diatas dilakukan sejak puluhan tahun, seiring berkembangnya zaman, pola diet pun berkembang. Di akhir tahun 2010an, muncul puluhan bahkan ratusan tren-tren diet baru yang menawarkan hasil yang lebih menjanjikan, namun yang paling terkenal di Indonesia adalah:

  • Diet Intermittent Fasting

Diet Intermittent Fasting paling gencar diperkenalkan oleh Dedy Corbuzier yang diperkenalkan dengan nama OCD (Obsessive Corbuzier Diet). Diet ini cukup mudah dilakukan, karena berbeda dengan diet-diet yang sebelumnya, diet ini bisa dilakukan dengan makan makanan apapun, dengan catatan hanya bisa makan pada jendela makan yang diatur berdasarkan program OCD ini. 

Banyak orang yang berhasil melakukan pola diet ini, namun juga banyak yang tidak. Tergantung dari bagaimana Anda menjalaninya.

  • Paleo diet 

Paleo diet atau juga dikenal dengan nama diet manusia purba (caveman diet) adalah diet yang mengadaptasi kebiasaan makan nenek moyang pada zaman dulu. Seperti namanya paleo, diet ini mengikuti kebiasaan diet orang-orang pada masa Paleolitik (sekitar 2,5 juta sampai 10.000 tahun lalu).

Tujuan dari diet ini adalah mengembalikan kebiasaan makan manusia seperti manusia zaman dulu. 

Paleo diet yakin bahwa tubuh manusia lebih cocok dimasuki dengan diet seperti orang-orang zaman dulu (yang mengonsumsi makanan dari hasil berburu dan mengumpulkan) dibandingkan dengan diet modern, di mana terjadi perubahan pada sistem pertanian yang lebih canggih. 

Sehingga diharapkan dengan pola hidup seperti ini, orang-orang dapat menurunkan berat badan dan memiliki tubuh yang fit.

Diet mayo yang sudah lama beredar adalah suatu jenis diet yang terutama membatasi konsumsi karbohidrat dan garam. Mereka yang mengikuti diet mayo akan diminta untuk mematuhi aturan dan larangan yang ada selama 13 hari. Diet ini menjanjikan penurunan berat badan hingga 7 kg selama siklus 13 hari tersebut.

Saat ini sudah banyak katering makanan yang menyediakan menu 13 hari diet mayo, jika Anda perhatikan biasanya jenis menu yang disajikan diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Tidak ada nasi, menu didominasi oleh sayur dan sumber protein. Tidak lupa makanan tersebut diolah tanpa garam.

Diet keto atau ketogenik adalah diet yang menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Beberapa studi yang mendukung metode ini mengatakan diet ketogenik dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat namun tetap meningkatkan energi. 

Beberapa manfaat lain yang dapat diperoleh lewat diet keto di antaranya mencegah risiko diabetes, kanker, epilepsi, dan Alzheimer

  • Diet Food Combining

Diet jenis ini dilakukan dengan cara membuat kadar PH (Potential Hydrogen) dalam darah menjadi netral dengan bantuan makanan yang dikonsumsi. Diet ini juga memungkinkan kamu makan sebanyak mungkin, namun dengan pilihan menu-menu yang alami bahan sebisa mungkin tidak mengalami proses pemasakan alias segar.

Jika melihat pola diet yang satu ini, jelas makanan yang dikonsumsi kebanyakan berfokus pada sayuran dan buah segar yang kaya akan nutrisi bagi tubuh. Selain sayuran dan buah, food combining juga menyarankan agar konsumsi makanan menggunakan kombinasi protein hewani dan karbohidrat yang dikonsumsi secara terpisah.

Mungkin ada banyak sekali metode-metode diet yang diklaim dapat membuahkan hasil yang lebih cepat. Metode-metode diatas adalah metode yang menurut survey terbanyak dilakukan oleh orang-orang Indonesia. 

Untuk hasilnya sendiri, tergantung dari bagaimana seseorang menjalani program diet tersebut. Program manapun dapat berhasil, dengan catatan seorang yang melakukannya harus konsisten.

Oleh karena itu, pilihlah program atau metode yang paling cocok dengan Anda, artinya Anda dapat menikmati program diet tersebut tanpa harus “tersiksa”.


2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Manfaat Diet Ketogenik yang Menakjubkan
Manfaat Diet Ketogenik yang Menakjubkan

Diet ketogenik merupakan diet yang memanfaatkan keadaan ketosis dalam tubuh. Apakah Anda sudah mengetahuinya? Ataukah Anda tertarik untuk mencobanya? Sebelum Anda melakukan diet ketogenik, cobalah untuk mencari tahu apa itu ketosis, manfaat, dan pantangan dari diet ketogenik. Simak uraian di bawah ini.