Lactamor: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Lactamor adalah suplemen makanan yang mengandung kombinasi ekstrak biji fenugreek, ekstrak biji daun katuk, dan vitamin B12 yang baik untuk melancarkan ASI wanita menyusui;
  • Dosis Lactamor untuk wanita menyusui adalah 1-2 kaplet 3 kali sehari. Maksimal 6 kaplet sehari;
  • Lactamor umumnya ditoleransi dengan baik. Akan tetapi, tetap waspadai risiko efek samping. Bila reaksi alergi muncul, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter;
  • Lactamor tidak diboleh diberikan pada ibu hamil. Pasalnya, bahan aktif obat ini diketahui dapat menginduksi hormon oksitosin yang dikhawatirkan akan menimbulkan kontraksi uterus dan menyebabkan kelahiran prematur;
  • Klik untuk membeli Lactamor serta asupan gizi dan nutrisi lainnya dari rumah Anda melalui HDMall. Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami seputar obat dan paket kesehatan yang Anda butuhkan.

Lactamor adalah suplemen makanan untuk melancarkan ASI wanita menyusui. Suplemen ini merupakan kombinasi dari ekstrak biji fenugreek dan ekstrak biji daun katuk yang dikenal baik untuk memperlancar ASI. Selain itu, suplemen ini dilengkapi vitamin B12 untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan dalam proses menyusui.

Lactamor merupakan suplemen yang dipasarkan bebas dan diproduksi oleh PT. Kalbe. Meskipun tergolong obat bebas, penggunaannya tetap harus berdasarkan petunjuk dan tidak boleh berlebihan. Ketahui lebih lanjut tentang dosis, efek samping, dan keamanannya untuk ibu hamil, serta interaksinya dengan obat lain pada artikel ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Mengenai obat

Jenis obat Suplemen makan
Kandungan Ekstrak biji fenugreek, ekstrak biji daun katuk, vitamin B12
Kegunaan Membantu melancarkan ASI
Kategori Obat bebas
Konsumen Dewasa
Kehamilan Tidak diperbolehkan
Sediaan Lactamor tablet

Kandungan

Cara kerja Lactamor dapat dicermati dari mekanisme kerja bahan aktifnya, yaitu:

  • Ekstrak biji fenugreek , bahan herbal ini dikenal dapat menstimulasi produksi ASI. Meskipun cara kerjanya belum diketahui secara detail namun kandungan phytoestrogen dan diosgeninnya dipercaya dapat menstimulasi kelenjar susu untuk berproduksi. Dengan demikian dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Herbal ini biasa dikonsumsi dalam bentuk teh atau dalam bentuk kapsul, dosis yang dianjurkan sekitar 500-1000 mg per hari.
  • Ekstrak biji daun katuk, daun katuk sudah dikenal sejak dulu sebagai sayuran untuk menambah produksi ASI. Kandungan senyawa kimia sterol dan asam sekuistema merupakan yang paling berperan dalam melancarkan dan memperbanyak produksi ASI.
  • Vitamin B12, merupakan vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah serta untuk perkembangan jaringan saraf dan bagian tubuh lainnya.

Manfaat

Indikasi

Lactamor digunakan untuk memperlancar air susu ibu (ASI) pada ibu menyusui.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Memilikir riwayat hipersensitif atau alergi terhadap kandungan obat ini;
  • Tidak boleh digunakan pada wanita hamil karena suplemen ini memiliki efek oksitosin.

Dosis dan petunjuk penggunaan

Dosis

Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter Anda berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain, atau sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan produk. Dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis Lactamor untuk wanita menyusui

  • Dosis dewasa: 1-2 kaplet 3 kali sehari. Maksimal 6 kaplet sehari.

Petunjuk penggunaan

  • Gunakanlah obat ini setelah makan dan dianjurkan cukup minum air putih setelahnya;
  • Suplemen ini sudah bisa diberikan mulai setelah melahirkan jika jumlah ASI belum mencukupi dari yang seharusnya;
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya;
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 6-8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.

Efek samping

Belum ada data yang menunjukkan adanya efek overdosis Lactamor. Namun, penggunaan dosis tinggi tanpa anjuran dari dokter sebaiknya dihindari karena berpotensi menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Lactamor umumnya ditoleransi dengan baik. Akan tetapi, tetap waspadai risiko efek samping berikut:

  • Perubahan aroma urine;
  • Bila reaksi alergi muncul, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.

Penggunaan pada wanita hamil dan menyusui

  • Lactamor tidak diboleh diberikan pada ibu hamil. Pasalnya, bahan aktif obat ini diketahui dapat menginduksi hormon oksitosin yang dikhawatirkan akan menimbulkan kontraksi uterus dan menyebabkan kelahiran prematur;
  • Lactamor sangat dianjurkan untuk wanita menyusui yang produksi ASI-nya kurang memadai. Penghentian penggunaan suplemen ini bisa dilakukan jika ASI dirasa sudah cukup memadai.

Interaksi obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan bahan aktif Lactamor adalah:

  • Penggunaan bersamaan dengan glopizide dan obat diabetes lainnya yang memengaruhi insulin dapat meningkatkan risiko penurunan kadar gula darah.
  • Penggunaan bersamaan dengan obat penghambat pembekuan darah seperti hepari, warfarin, ticlopidine, dan penghambat platelet lainnya dapat meningkatkan risiko perdarahan.

Daftar interaksi tersebut belum mencakup keseluruhan interaksi yang mungkin terjadi dengan Lactamor. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi dua jenis obat secara bersamaan.

Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Pastikan Anda tidak memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap kandungan suplemen ini.
  • Penderita tekanan darah rendah sebaiknya tidak diberikan suplemen ini hingga tekanan darahnya normal, karena seplemen ini dapat menurunkan tekanan darah.
  • Hindari penggunaan suplemen ini pada penderita asma dan migrain karena suplemen ini bisa menjadi pencetus kambuhnya asma dan migrain.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Fenugreek seed extract ameliorates cognitive deficits in streptozotocin-induced diabetic rats. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/31326961)
A fenugreek seed extract selectively reduces spontaneous fat consumption in healthy volunteers. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19809809)
Fenugreek: Benefits and effects. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324334.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app