Perawatan Tubuh

Kulit Ketiak Hitam? Ini Cara Mencerahkannya!

Dipublish tanggal: Mar 9, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 22, 2019 Waktu baca: 4 menit
Kulit Ketiak Hitam? Ini Cara Mencerahkannya!

Jika Anda malu menggunakan pakaian yang terbuka karena ketiak hitam, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian, warna ketiak yang gelap sering menjadi masalah untuk kebanyakan wanita. 

Walaupun di Indonesia, mayoritas wanita tidak menggunakan pakaian yang dapat memperlihatkan daerah ketiak, namun memiliki ketiak yang gelap tetap mengurangi nilai estetika seorang wanita.

 Warna gelap pada kulit di daerah ketiak biasanya bukan penyakit atau kondisi medis. Ketiak gelap dapat dianggap sebagai respons kulit terhadap paparan unsur-unsur tertentu, mirip dengan warna coklat karena hasil paparan sinar ultraviolet matahari.

Beberapa penyebab utama ketiak gelap adalah mencukur, penggunaan krim penghilang rambut dalam jangka waktu tertentu, keringat berlebih, ventilasi ketiak yang buruk, akumulasi sel kulit mati, penggunaan deodoran dan antiperspiran alkohol.

Namun, kadang-kadang ketiak gelap juga dapat disebabkan oleh kondisi medis yang dikenal dengan istilah acanthosis nigricans yang sering dikaitkan dengan resistensi insulin, obesitas, gangguan hormonal, obat-obatan tertentu, dan kanker. 

Jika ketiak hitam Anda disebabkan oleh kondisi ini maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Untuk ketiak hitam yang tidak disebabkan oleh kondisi medis yang serius, Anda dapat mencoba beberapa cara untuk menyingkirkan ketiak gelap dengan menggunakan pengobatan alami sederhana yang aman, efektif, alami, dan terjangkau.

Menggunakan pemutih kulit alami

Sifat asam, anti-bakteri dan antiseptik dalam beberapa sayuran dan buah-buahan memungkinkan mereka untuk mencerahkan kulit secara alami. Contohnya adalah:

  • Minyak kelapa
    Minyak kelapa adalah pilihan bagus untuk mencerahkan ketiak yang gelap. Minyak kelapa mengandung vitamin E yang dapat membantu mencerahkan ketiak. Pada saat yang sama,minyak kelapa juga akan bekerja sebagai deodoran alami yang efektif
  • Lemon
    Lemon berfungsi sebagai pemutih alami, agen antibakteri dan antiseptik yang kuat. Inilah sebabnya mengapa lemon digunakan dalam perawatan berbagai masalah yang berhubungan dengan kulit termasuk ketiak gelap. Lemon dapat mengeringkan kulit Anda, jadi gunakan pelembab jika diperlukan setelah menggunakan lemon
  • Soda kue
    Baking soda berfungsi sebagai pengikis kulit yang mati. Kulit mati yang menumpuk pada kulit dapat menyebabkan kulit ketiak tampak hitam. Anda dapat mengoleskan baking soda ke kulit ketiak agar kulit yang mati dapat terkikis dan kulit ketiak terlihat lebih cerah

Perubahan gaya hidup

Seperti yang disinggung sebelumnya, Obesitas adalah salah satu penyebab utama ketiak gelap. Menurunkan berat badan seringkali dapat memperbaiki masalah.Menurunkan berat badan juga merupakan cara efektif untuk mengobati diabetes

Bicaralah dengan pakarnya tentang strategi diet dan olahraga yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan dengan sehat dan tidak menggunakan cara yang terlalu ekstrim.

Stop melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Mencukur area ketiak dengan silet
    Ketiak gelap dapat disebabkan oleh adanya akar rambut yang lebat di bawah permukaan kulit karena terlalu sering bercukur. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mencukur bulu ketiak dan menggantinya dengan teknik waxing. Teknik waxing adalah mencabut bulu ketiak sehingga bisa menghilangkan rambut sampai ke akar. Oleh karena itu dengan waxing, diharapkan kulit ketiak tampak lebih cerah.
  • Menggunakan deodoran berlebihan
    Bahan kimia anti-keringat pada deodoran yang kuat sering membuat ketiak gelap karena adanya respons peradangan. Memang deodoran merupakan salah satu hal yang penting untuk digunakan, tapi harus diingat bahwa penggunaan deodoran yang berlebihan dapat membuat kulit ketiak tampak hitam.
  • Mengkonsumsi obat obatan
    Jika Anda menduga bahwa obat yang Anda pakai menyebabkan ketiak gelap, bicarakan dengan dokter Anda tentang beralih ke yang lain. Contohnya saat seorang wanita sedang minum pil KB dan menemukan kulit ketiaknya berubah menjadi lebih gelap. Jika kontrasepsi oral adalah sumber dari kondisi kulit Anda, Anda dapat mencoba beralih ke program kontrol kelahiran yang berbeda untuk memastikan apakah pil KB adalah penyebabnya.

Pergi ke Dokter spesialis kulit

Jika segala macam cara seperti di atas sudah Anda coba dan Anda tidak puas denga hasilnya, Dokter kulit Anda dapat meresepkan obat-obatan untuk membantu mencerahkan kulit pada bagian ketiak Anda. Obat-obatan yang biasanya diberikan adalah :

  • Krim atau pil retinoid
    Tretinoin
    (Retin-A) dianggap sebagai pengobatan lini pertama untuk acanthosis nigricans. Ketika digunakan secara teratur, dapat membantu mengencangkan dan mencerahkan kulit di area ketiak yang gelap
  • Pengelupasan kulit menggunakan zat kimia
    Obat-obatan yang mengandung asam trikloroasetat (TCA) dapat membantu mengeksfoliasi kulit. Proses ini membantu menghilangkan kulit yang lebih tebal dan rusak untuk membentuk kulit baru yang lebih mulus.
  • Calcipotriene (Dovonex)
     Krim berbasis vitamin D ini mengurangi sel pigmen kulit. Sehingga kulit yang tampak gelap dapat berubah lebih cerah dengan penggunaan obat ini. Teknik dermabrasi atau terapi laser juga dapat digunakan untuk merawat kulit gelap di bawah lengan.

Meskipun kulit ketiak yang gelap biasanya tidak berbahaya, tapi tetap layak diperiksa oleh dokter kulit - terutama jika Anda berpikir Anda mungkin memiliki kondisi seperti diabetes atau kelenjar tiroid yang kurang aktif. 

Mengobati kondisi yang menyebabkannya biasanya akan membuat kulit gelap memudar.

Jika Anda tiba-tiba melihat bercak gelap di bawah lengan Anda dan di area lain kulit Anda, temui dokter Anda segera. Hal ini bisa menjadi tanda kondisi yang lebih serius, seperti kanker.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dark Underarms: Treatment, Causes, and Prevention. Healthline. (https://www.healthline.com/health/dark-underarms)
Dark underarms: Causes, treatment, and prevention. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322860.php)
The Armpit (Human Anatomy): Picture, Function, Parts, Conditions, & More. WebMD. (https://www.webmd.com/pain-management/picture-of-the-armpit)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app