Kenali Bahaya Mencabut Bulu Ketiak Berikut Ini

Dipublish tanggal: Agu 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kenali Bahaya Mencabut Bulu Ketiak Berikut Ini

Keberadaan bulu ketiak seringkali dianggap membuat risih dan mengganggu penampilan, khususnya para kaum hawa. Bulu ketiak yang tidak tuntas akan mengurangi rasa percaya diri ketika mengenakan pakaian lengan terbuka dan mengangkat lengan ke atas.

Untuk itu, berbagai cara dilakukan untuk melenyapkannya. Termasuk dengan cara mandiri yaitu mencabut bulu ketiak sendiri di rumah. Hanya bermodalkan kaca, pinset, pencahayaan yang bagus dan mata yang jeli, Anda bisa mencabut bulu ketiak yang halus itu. Cukup praktis dan murah pula.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Mencabut bulu ketiak menggunakan pinset bukan berarti tidak sakit. Tentunya hal ini menimbulkan rasa sakit dan juga memiliki dampak lainnya bagi tubuh Anda. Apakah itu berbahaya ? Jika ya, apa sajakah bahayanya ? Pahami lebih dalam dengan menyimak penjelasannya di bawah ini.

Inilah alasan mengapa mencabut bulu ketiak tidak baik bagi kesehatan kulit anda?

Mencabut bulu atau memetik bulu merupakan suatu suatu proses di mana bertujuan untuk melenyapkan atau menghilangkan rambut dari akarnya yang berada di bawah permukaan kulit.

Fungsi dari keberadaan bulu ketiak di tubuh Anda sejatinya guna kulit dari berbagai kotoran, bakteri serta berbagai racun yang berpotensi masuk ke dalam tubuh Anda.

Jika Anda mencabut bulu ketiak, sebenarnya secara tak sadar akan mengakibatkan luka ringan yang tidak kasat mata, selain itu juga menyebabkan pori-pori kulit di ketiak Anda melebar atau membesar. Jika hal itu terjadi, maka banyak bakteri yang nantinya mampu memicu terjadinya infeksi dan penyakit.

Daripada mencabut bulu ketiak menggunakan pinset, Anda lebih disarankan untuk rutin melakukan cukur rambut ketiak. Hal tersebut lebih aman bagi kulit ketiak Anda dan akan dapat risiko terjadinya cedera serta  pori-pori kulit ketiak yang membesar dan memicu infeksi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Inilah beberapa dampak berbahaya yang akan Anda dapatkan apabila mencabut bulu ketiak

  • Rasa sakit dan terjadinya iritasi pada kulit ketiak Anda

Untuk Anda yang termasuk dalam sebagian orang yang jarang atau bahkan sama sekali belum pernah melakukan cabut bulu ketiak, Anda nantinya akan merasakan rasa sakit yang sangat.

Karena mencabut bulu halus dari akar dengan satu persatu menggunakan pinset bukanlah hal yang mudah dilakukan karena butuh kejelian dan tahan akan rasa sakit.  Sana sakitnya seperti saat Anda tersengat oleh lebah, itulah yang akan Anda rasakan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa mencabut bulu ketiak bisa menimbulkan terjadinya iritasi dan kemerahan di kulit ketiak Anda.

Iritasi ringan yang hanya menimbulkan warna kemerah-merahan tersebut memang sering dianggap sepele. Padahal hal tersebutlah yang disebut sebagai luka yang tidak kasat mata.

Jika Anda mengalaminya, dari luka tak kasat mata tersebut, kemudian Anda kesehariannya menggunakan deodoran di ketiak, sabun, lotion dan bedak lain dengan kandungan berbagai macam bahan kimia berbahaya lalu masuk ke dalam pori-pori kulit ketiak Anda dan terserap oleh tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Tentunya hal itu juga akan berdampak buruk bagi tubuh Anda.

  • Bulu ketiak lama kelamaan akan menjadi tumbuh ke dalam, bukannya tumbuh keluar

Mencabut bulu halus di ketiak Anda juga dapat mengakibatkan terjadinya ingrown hair, yaitu rambut yang menjadi tumbuh ke dalam dan dapat menyebabkan lesi kulit mengalami kerusakan. Yang nantinya akan mengakibatkan ketiak Anda menjadi memerah, gatal bengkak atau bahkan mengalami infeksi.

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu folikulitis ? Di bagian kulit manusia terdapat tempat tumbuh bulu/rambut-rambut halus yang disebut dengan nama folikel. Folikel bisa mengalami peradangan jika bulu/rambut halus yang ada pada area tersebut dicabut dengan paksa.

Folikel ini nantinya akan berubah jadi titik-titik kecil putih yang menggelembung  dan berisi pembuluh darah mati dan menimbulkan rasa gatal serta nyeri.

Bahkan, ketiak Anda juga bisa mengalami infeksi jika hal tersebut menjadi semakin parah.

Dampak buruk lainnya dari mencabut ketiak adalah terjadinya hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi merupakan penggelapan kulit yang terjadi pada sekitar area yang mengalami infeksi. Ini terjadi karena ketika Anda melakukannya, melanin mengalami peradangan, terlebih jika Anda terus-menerus melakukannya.

Ketiak Anda akan berubah warna menjadi lebih menghitam dan tak enak dipandang mata.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Best Ways to Remove Thick Body Hair at Home. Healthline. (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/hair-removal-at-home)
Dyed Armpit Hair: How to Do It Safely, Maintenance Tips, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/dr/beauty-skin-care/dyed-armpit-hair)
Shaving hair: Does shaved hair grow back thicker?. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/hair-removal/an00638)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
7 Cara Alami Putihkan Ketiak Hitam
7 Cara Alami Putihkan Ketiak Hitam

Untuk menghindari kulit ketiak yang menghitam akibat faktor-faktor diatas, terdapat beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mencerahkan kulit ketiak yang kusam dan gelap. Apa saja? Simak tipsnya dibawah ini.

Buka di app