Kulit Kepala Kering Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab lain terjadinya kulit kepala kering antara lain udara yang dingin dan kering, dermatitis kontak dengan produk rambut yang sering kita gunakan, dan faktor usia yang semakin menua. Kulit kepala yang kering harus cepat diatasi agar tidak semakin parah, tetapi sebelum itu Anda harus lebih dahulu mengetahui apa saja penyebabnya.
Dipublish tanggal: Sep 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Kondisi kulit kepala kering dan gatal sangat mengganggu rasa nyaman dan terkadang mengganggu penampilan. Perlu diketahui juga kalau kulit kepala kering juga menandakan bahwa ada masalah dalam sistem kekebalan tubuh. 

Keadaan dimana kulit kepala kering bisa menyebabkan timbulnya bercak bersisik dan akan dibarengi dengan rasa gatal. Ini disebabkan oleh beragam penyakit seperti eksim, psoriasis, atau dermatitis seboroik

Iklan dari HonestDocs
Beli DEXTAMINE Kaplet via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Dextamine tab 1

Penyebab lain terjadinya kulit kepala kering antara lain udara yang dingin dan kering, dermatitis kontak dengan produk rambut yang sering kita gunakan, dan faktor usia yang semakin menua. 

Kulit kepala yang kering harus cepat diatasi agar tidak semakin parah, tetapi sebelum itu Anda harus lebih dahulu mengetahui apa saja penyebabnya. 

Penyebab-penyebab dan cara mengatasi kulit kepala kering

Dibawah ini ada beberapa faktor penyebab dan bagaimana cara mengobati kulit kepala kering yang harus Anda ketahui.

1. Eksim

Kulit kepala yang bersisik dan rasa gatal yang mengganggu di kulit kepala diakibatkan oleh eksim. Ini sering terjadi pada anak-anak atau bayi. Keberadaan eksim belum diketahui penyebabnya, tetapi diduga berkaitan dengan sistem imun tubuh pada zat atau sesuatu yang bisa menimbulkan iritasi. 

Faktor lain juga disebabkan oleh riwayat asma dan alergi. Pengobatan untuk eksim dapat dilakukan dengan menggunakan krim kortikosteroid dan pelembap dari resep dokter. Jika Anda mengalami eksim, usahakan tidak menggaruk dengan sabun dan bahan yang keras.

2. Psoriasis

Psoriaris adalah keadaan dimana kulit kepala akan merah dan bersisik akibat banyaknya kulit terkelupas dan menumpuk. Parahnya ini tidak hanya terjadi di kulit kepala saja, tetapi bisa menjalar sampai belakang leher, belakang telinga, dan kening. 

Iklan dari HonestDocs
Beli DEXTAMINE Kaplet via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Dextamine tab 1

Para ahli mengatakan psoriasis ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga membuat kulit tumbuh terlalu cepat dan gampang terkelupas. Efek dari psoriasis adalah rasa gatal, timbulnya luka yang berkerak tebal dan biasanya memakan waktu yang lama. 

Psoriaris dapat dicegah dengan menggunakan krim, gel, sampo, salep dan minyak antiketombe yang dibuat dari bahan sukfur, asam salisalit, dan selenium sulfida. Pencegahan lainnya dapat dilakukan dengan menyuntikkan kortikosteroid dibagian yang terkena psoriasis. 

Tetapi jika Anda mengalami psoriasis yang sudah sangat parah, dokter biasanya akan memberi obat suntik dan obat tablet untuk diminum, contohnya kortikosteroid, methotrexate, derivat vitamin D dan vitamin A, serta cickosporin. 

Terapi sinar ultravioket juga merupakan cara pengobatan yang ampuh untuk menangani psoriasis.

3. Dermastitis seboroik

Dermastitis seboroik ini sering juga disebut dengan eksim seboroik, atau psoriasis seboroik. Dermastitis menyebabkan munculnya ketombe pada kulit kepala,  kulit memerah dan kulit kepala bersisik. 

Kebanyakan orang menganggap bahwa ini terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan diri, padahal tidak sama sekali. Ini disebabkan karena peradangan yang berkaitan dengan psoriasis atau jamur Malassezia yang ada dikulit kepala. 

Iklan dari HonestDocs
Beli DEXTAMINE Kaplet via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Dextamine tab 1

Jika sudah mengalami ini, biasanya tidak akan hilang dalam waktu yang sangat lama dan kalaupun hilang akan muncul kembali, karena itu diperlukan pengobatan yang rutin dan berulang-ulang. 

Untuk penanganan pertama dokter biasanya menyarankan untuk menggunakan sampo anti ketombe, tetapi jika tidak mempan barulah dokter memberikan obat yang berguna untuk menekan sistem imun tubuh yang terlalu cepat. 

Dokter akan memberikan obat untuk mengatasi peradangan kulit, dan memberi obat oles agar bakteri hilang. Obat antijamur tablet bisa mengatasi masalah ini. 

Kulit kepala kering tentu saja bisa mengurangi rasa percaya diri Anda dimanapun Anda berada. Ini harus segera di obati dan jangan dibiarkan terlalu lama karena akan semakin parah. Kulit kepala kering bisa menimbulkan infeksi karena gatal terus menerus. 

Infeksi ini muncul karena mungkin kita selalu menggaruk kepala kita dengan sangat kencang karena sudah tidak tahan lagi dengan rasa gatal yang kita rasakan. ini memang bisa diatasi dengan sampo, krim atau obat khusus. 

Tetapi jika tidak mengalami perubahan padahal sudah menggunakan sampo atau krim, atau kondisi kulit kepala kering terus mengganggu, sebaiknya konsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat. 


11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dry skin patches: Causes, symptoms, diagnosis, and treatments. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323973.php)
Dry Skin: Types, Risk Factors, and Treatments. Healthline. (https://www.healthline.com/health/dry-skin)
7 Tips to Soothe Your Dry, Itchy Skin. WebMD. (https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/dry-skin)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app