Beragam Fakta Tentang Kondom Wanita

Dipublish tanggal: Feb 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Beragam Fakta Tentang Kondom Wanita

Selain dari kondom pria yang mungkin secara umum lebih diketahui masyarakat, ternyata ada juga kondom yang diproduksi khusus untuk kaum wanita. Apa sih bedanya kondom wanita dengan kondom biasa?

Kondom adalah alat kontrasepsi atau alat yang biasa digunakan oleh seseorang untuk mencegah kehamilan atau penularan penyakit kelamin saat berhubungan seksual.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Saat ini, kondom yang digunakan pria masih menjadi alat yang efektif dalam pencegahan penyakit menular seksual (IMS) dan HIV. Selain itu, organisasi di seluruh dunia pun merekomendasikan penggunakaan kondom untuk pencegahan tersebut. 

Tentang kondom wanita

Masyarakat saat ini lebih mengenal kondom yang digunakan oleh para pria yang padahal, kondom wanita pun kini telah ada, yang diperuntukan bagi wanita.

Kondom wanita pun memiliki fungsi yang sama seperi kondom yang digunakan oleh pria, yaitu melindungi wanita agar tidak hamil dan tertular penyakit menular seksual lainnya. Jadi, kondom wanita mempunyai kontrol yang lebih besar terhadap pencegahan tersebut. 

Akan tetapi, dalam penggunaannya pun harus sesuai dengan aturannya. Sehingga fungsi kondom dapat dengan maksimal membatasi penyebaran penyakit menular seksual. Selain penggunaan yang benar, Anda pun harus secara konsisten dalam menggunakannya.

Terlebih lagi jika Anda termasuk orang yang sering berhubungan seksual dan berganti-ganti pasangan. 

Sekilas tentang kondom wanita, kondom wanita berbahan sangat tipis yang terbuat dari plastik yang sangat lembut yang disebut poliuretan (pada beberapa jenis kondom pria pun menggunakan bahan ini). Kondom wanita sendiri digunakan di dalam vagina untuk mencegah sperma masuk ke dalam rahim.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Fakta tentang kondom wanita

  1. Efektivitas kondom wanita bisa mencapai 95 persen, jika digunakan dengan benar dan konsisten.
  2. Kondom wanita sangat efektif dalam mencegah penularan HIV dan penyakit menular seksual lainnya. 
  3. Kondom wanita harus disimpan pada tempat-tempat yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu juga perlu dihindari dari benda tajam atau kasar yang dapat merobek kondom.
  4. Saat Anda membeli kondom, pastikan kondom memiliki tanda CE pada kemasan luarnya. Hal ini menunjukan bahwa kondom tersebut telah diuji standar keamanan Eropa dan aman untuk digunakan. Perlu Anda ketahui, kondom yang tidak memiliki tanda CE tidak akan memiliki standar keamanan, sehingga akan mengurangi efektivitas kondom tersebut.
  5. Kondom wanita bisa dimasukkan atau didorong hingga dalam (ke dalam vagina), dan sangat mudah untuk dilepaskan.
  6. Jangan menggunakan kondom wanita lebih dari satu kali pemakaian. Jadi, gunakan kondom baru jika Anda ingin berhubungan intim lagi. 

Keuntungan dan kerugian menggunakan kondom wanita

Dalam penggunaan kondom Anda pun perlu memperhatikan tentang keuntungan dan kerugian dalam menggunakan kondom wanita. Nah, berikut beberapa keuntungan dan kerugian saat Anda menggunakan kondom wanita:

Keuntungan:

  • Mencegah masuknya sperma, air mani, dan cairan vagina. Hal tersebut untuk melindungi Anda dari penularan penyakit menular seksual, termasuk HIV
  • Ketika Anda menggunakan dengan benar dan konsisten, maka kondom menjadi alat yang sangat ampuh dalam mencegah kehamilan
  • Pada kebanyakan kasus, kondom tidak menimbulkan efek samping apapun
  • Kondom wanita dapat dimasukkan hingga 8 jam sebelum melakukan hubungan seksual.

Kekurangan:

  • Pada beberapa pasangan, menggunakan kondom dapat mengganggu aktivitas seksual mereka atau mereka tidak nyaman menggunakan kondom saat berhubungan seksual
  • Kondom wanita tidak banyak ditemui di apotik atau supermarket layaknya kondom pria, selain itu harganya pun lebih mahal.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Female condoms: Effectiveness, advantages, and tips. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/309483)
How to Use the Female Condom. Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/how-to-use-the-female-condom-3133071)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app