Kencing Berdarah? Mungkin Hematuria

Update terakhir: Apr 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 724.051 orang

Apa yang menyebabkan darah pada urin?

Hematuria adalah istilah medis untuk darah pada urin. Beberapa kondisi dan penyakit dapat menyebabkan hematuria, antara lain infeksi, penyakit ginjal, kanker, dan gangguan darah yang langka. 

Darah mungkin terlihat atau pada jumlah yang kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Darah pada urin dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang serius, meskipun hanya terjadi sekali. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Anda harus memeriksakan diri secepat mungkin. Menyangkal hematuria dapat menyebabkan kondisi yang tambah buruk seperti kanker dan penyakit ginjal

Dokter akan menganalisis urin dan melakukan imaging test untuk menentukan penyebab hematuria. Kemudian, Anda akan diobati berdasarkan penyebabnya.

Apa saja tipe-tipe hematuria?

Hematuria gross

Jika terdapat cukup darah pada urin Anda sehingga urin terlihat berwarna merah muda, kemerahan atau terdapat bintik darah yang terlihat, Anda mengalami gross hematuria.

Hematuria mikroskopik

Saat Anda tidak dapat melihat adanya darah karena jumlahnya yang sedikit, Anda mengalami “hematuria mikroskopik”. Hanya tes laboratorium yang mendeteksi darah atau melihat sampel urin di bawah mikroskop yang dapat mengkonfirmasi hematuria mikroskopik.

Apa yang menyebabkan hematuria?

Ada banyak kemungkinan penyebab hematuria. Pada beberapa kasus, darah mungkin berasal dari sumber yang berbeda. Darah dapat muncul pada urin pada saat darah keluar melalui vagina pada wanita, saat ejakulasi pada pria atau pada saat buang air besar baik pada pria maupun wanita. 

Jika darah benar-benar pada urin Anda, berikut adalah penyebab potensialnya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Infeksi

Infeksi adlaah salah satu penyebab umum hematuria. Infeksi dapat terjadi di manapun di saluran urin, kandung kemih, atau pada ginjal Anda. Infeksi terjadi ketika bakteri bergerak ke uretra, saluran yang membawa urin keluar dari tubuh dari kandung kemih

Infeksi dapat bergerak menuju kandung kemih dan bahkan menuju ginjal Anda. Infeksi umumnya menyebabkan nyeri dan membuat sering ingin buang air kecil. Infeksi dapat menyebabkan hematuria mikroskopik atau gross.

Batu

Alasan umum lainnya adanya darah pada urin adalah adanya batu pada kandung kemih atau jantung. Batu dapat terbentuk di dalam ginjal atau kandung kemih. Batu yang besar dapat menyebabkan halangan yang menimbulkan hematuria dan nyeri yang signifikan.

Pembesaran prostat

Pada pria yang sudah berusia tengah hingga tua, penyebab hematuria yang umum adalah pelebaran prostat. Prostat adalah kelenjar yang terletak di bawah kandung kemih dan dekat dengan uretra. 

Saat prostat membesar, yang paling umum terjadi pada orang dewasa berusia pertengahan, dapat terjadi tekanan pada uretra. Tekanan pada uretra dapat menyebabkan masalah buang air kecil dan dapat menyebabkan kandung kemih tidak dapat kosong. 

Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada saluran urin dengan adanya darah pada urin.

Penyakit Ginjal

Alasan yang paling kurang umum adanya darah pada urin adalah penyakit ginjal. Penyakit atau peradangan pada ginjal dapat menyebabkan hematuria. Penyakit ginjal dapat terjadi dengan sendirinya atau sebagai bagian dari penyakit lain seperti diabetes.

Kanker

Kanker pada kandung kemih, ginjal atau prostat dapat menyebabkan darah pada urin. Gejala ini umum terjadi pada kanker yang sudah parah. Ada kemungkinan tidak adanya tanda masalah yang muncul lebih awal.

Obat

Obat tertentu yang dapat menyebabkan hematuria antara lain:

  • Penisilin
  • Aspirin
  • Pengencer darah seperti heparin dan warfarin
  • Siklofosfamida, yaitu obat yang digunakan untuk mengobati tipe kanker tertentu.

Penyebab yang kurang umum

Ada beberapa penyebab hematuria yang tidak terlalu umum. Gangguan darah yang langka seperti anemia sel bulan sabit, sindrom Alport, dan hemofilia dapat menyebabkan adanya darah pada urin. Olahraga yang berat atau kerusakan pada ginjal dapat menyebabkan adanya darah pada urin.

Bagaimana cara mencegah hematuria?

Mencegah hematuria berarti mencegah penyebab yang ada:

  • Untuk mencegah infeksi, minum banyak air setiap hari, buang air kecil segera setelah melakukan hubungan intim, dan jagalah kebersihan.
  • Untuk mencegah batu ginjal, munum banyak air dan hindari garam yang berlebihan dan makanan tertentu seperti bayam dan rhubarb.
  • Untuk mencegah kanker kandung kemih, berhenti merokok, batasi diri dari terekspos bahan kimia, dan minum banyak air.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit