Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Olahraga dan Kebugaran

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Treadmil yang Benar

Update terakhir: OCT 21, 2019 Tinjau pada OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.044.232 orang

Menggunakan treadmill sebenarnya sangat mudah, namun tidak untuk pemula. Treadmill sendiri merupakan alat yang digunakan untuk membantu seseorang menjaga kesehatan tubuhnya dengan berlari di atas treadmill. 

Dengan bantuan treadmill, seseorang dapat berlari dan berjalan kaki rutin setiap hari meski di dalam ruangan. Bahkan, Anda dapat menjaga kecepatan, melihat jarak tempuh serta mengetahui jumlah kalori yang dibakar ketika berolahraga. 

Bagi Anda yang mungkin masih asing dengan treadmill, berikut ini adalah panduan lengkap dalam menggunakan treadmill

Memahami tombol yang ada pada treadmill

Alat treadmill modern hari ini sudah dilengkapi dengan berbagai indikator seperti jarak yang ditempuh, detak jantung hingga jumlah kalori yang terbakar. 

Selain itu, Anda dapat mengatur kecepatan treadmill serta jarak yang ditempuh melalui tombol yang tersedia pada bodi treadmill. Selain itu, terdapat pula tombol pause, stop dan start pada treadmill. Sebaiknya pelajari terlebih dahulu mengenai kegunaan tombol treadmill sebelum mulai menggunakan.

Pelajari setting alat treadmill

Sebelum memulai berolahraga di atas treadmill, sebaiknya perhatikan dan pelajari setting yang telah diatur di alat treadmill. Pastikan Anda mengatur kecepatan serta incline pada posisi yang tepat. Jangan sampai Anda salah mengatur kedua hal ini sebelum memulai berlari di atas treadmill.

Melakukan pemanasan

Tidak hanya sebelum menggunakan treadmill, namun sebaiknya setiap memulai olahraga didahului dengan pemanasan terlebih dahulu. Waktu optimal untuk pemanasan adalah selama lima sampai sepuluh menit. 

Pemanasan yang tepat dapat membantu merilekskan sendi dan otot sehingga tidak menyebabkan kekakuan ketika Anda berolahraga di atas treadmill. Pemanasan juga membantu mengurangi risiko cedera ketika berolahraga.

Pemanasan ringan

Pemanasan yang dilakukan sebaiknya disesuaikan dengan jenis olahraga atau latihan yang akan dilakukan. Misal dalam penggunaan treadmill sebaiknya 

Anda tidak langsung mensetting alat treadmill pada kecepatan tinggi melainkan setting pada kecepatan paling rendah terlebih dahulu selama sekitar 5 hingga 10 menit. Setelah itu, pela-pelan naikkan kecepatannya.

Konsumsi air mineral cukup

Tetap ingat untuk mengkonsumsi air mineral ketika latihan di atas treadmill. Jangan sampai Anda terlalu asyik latihan hingga lupa untuk mengkonsumsi air mineral

Membiarkan tubuh tidak diasup oleh air mineral dalam jangka waktu lama dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh. Sebaiknya letakkan botol air mineral di tempat penyimpanan botol di dekat alat treadmill. 

Dengan menaruhnya di dekat alat treadmill, Anda dapat terus ingat untuk mengkonsumsi air mineral. Sebaiknya konsumsi air mineral sebelum, sedang dan setelah latihan. Namun, usahakan konsumsi air mineral 30 menit sebelum latihan agar perut tidak sakit/kram akibat air.

Rutin latihan

Kunci kesuksesan dari latihan dengan treadmill adalah rutin melakukannya setiap hari. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya Anda rutin berolahraga dengan treadmill selama minimal 30 menit setiap harinya.

Melakukan peregangan dan pendinginan

Jangan langsung berhenti ketika selesai latihan menggunakan treadmill. Sebaiknya sediakan waktu sekitar 5 hingga 10 menit untuk melakukan pendinginan atau peregangan. Peregangan setelah berolahraga sangat bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari sakit atau kram setelah berolahraga.

Posisikan tubuh dengan tepat

Ketika berada di atas mesin treadmill, pastikan posisi tubuh Anda telah tepat untuk menghindarkan tubuh dari cedera akibat terjatuh dan sebagainya. 

Posisikan bahu dalam kondisi tegap dan lebar serta pandangan fokus ke depan. Ketika akan memulai latihan, letakkan kedua tangan di pegangan treadmill kemudian lepaskan perlahan-lahan ketika mesin sudah bergerak. Ayunkan kedua tangan seirama dengan langkah kaki. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Manakah Yang Lebih Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan: Latihan Kekuatan Otot Atau Kardio?
Manakah Yang Lebih Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan: Latihan Kekuatan Otot Atau Kardio?

Dua olahraga tersebut sama pentingnya bagi kesehatan tubuh. Tetapi apabila tujuannya untuk menurunkan berat badan, maka akan lebih baik jika Anda melakukan latihan kardio. Bukan karena latihan kekuatan otot tidak lebih baik, tetapi karena latihan kardio memiliki kecepatan yang berbeda dalam membakar kalori.