Kyphosis Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Kenali Kyphosis lebih lanjut. Baca informasi penyebab, gejala, pengobatan, hingga diskusi dari pengguna HonestDocs. Klik di sini!
Dipublish tanggal: Jul 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
Kyphosis Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Kyphosis adalah kurva ke depan di tengah tulang belakang, dekat tulang rusuk. Di sini, tulang belakang sedikit melengkung ke arah luar, membuat punggung terlihat bulat dengan lembut. 

Kisaran normal untuk kurva ini adalah 20 derajat hingga 50 derajat.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Fisioterapi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket fisioterapi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia p01 fisioterapi

Sementara beberapa pembulatan adalah normal, dokter menggunakan istilah kyphosis untuk merujuk pada kurva yang berada di luar kisaran yang biasa. Anda juga mungkin mendengar dokter menyebut ini "hyperkyphosis."

Sementara bayi dapat dilahirkan dengan kyphosis, bentuk lain dari kyphosis sering muncul ketika anak-anak mendekati masa remajanya.

Kyphosis jauh lebih jarang terjadi daripada scoliosis.

Ada beberapa jenis kyphosis.

Hyperkyphosis

Hyperkyphosis adalah bentuk bulat yang berlebihan atau punuk di tengah punggung.

Banyak remaja yang membungkuk dan terlihat seperti mereka mungkin memiliki punuk, tetapi ini bukan hyperkyphosis. Jika Anda meminta mereka untuk berdiri tegak, punuk bisa menghilang. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Fisioterapi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket fisioterapi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia p01 fisioterapi

Beberapa dokter menyebutnya “postural roundback.” Postural roundback lebih sering terjadi pada anak perempuan daripada pada anak laki-laki.

Postur yang buruk sering membuat orang tua khawatir, tetapi tidak terbukti menyebabkan kelainan bentuk punggung permanen.

Scheuermann kyphosis

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, tulang belakang (vertebra) tidak tumbuh dengan benar. Pada Scheuermann kyphosis, bagian depan vertebra tidak tumbuh dan juga bagian belakang.

Saat anak mendekati usia remaja, punggung mereka dapat menjadi lebih melengkung dan berpunuk. 

Karena tulang belakang tumbuh cepat selama tahun-tahun ini, pertumbuhan tulang belakang yang tidak rata dapat dengan cepat menyebabkan kelainan bentuk. 

Namun, kelainan bentuknya jarang memburuk sehingga membutuhkan pembedahan.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health

Scheuermann kyphosis terjadi sekitar dua kali lebih umum pada anak laki-laki daripada anak perempuan.

Kyphosis kongenital

Bayi bisa dilahirkan dengan kyphosis. Ketika kondisi ini terjadi saat lahir (bawaan), tulang-tulang di belakang berbentuk seperti irisan, bukan bentuk normal, balok bundar. Ini dapat menyebabkan tulang belakang menekuk dengan tajam.

Dalam kasus yang serius, tikungan tajam di tulang belakang dapat menekan sumsum tulang belakang dan menyebabkan kelumpuhan kaki

Anak kecil atau bayi dengan skoliosis kongenital memiliki risiko lebih tinggi terkena masalah medula spinalis.

Gejala kyphosis

Pada anak-anak maupun orang dewasa, kyphosis dapat menyebabkan tampilan bungkuk. Tanda-tanda kyphosis lainnya termasuk:

Pada kasus yang lebih serius, kyphosis dapat menyebabkan masalah pada jantung dan paru-paru. Mungkin membuatnya lebih mungkin bahwa anak suatu hari nanti akan menderita radang sendi di punggung.

Mendiagnosis Kyphosis

Selama kunjungan, rumah sakit akan mengambil rontgen tulang belakang untuk mencari penyebab kyphosis. Sinar-X juga membantu rumah sakit mengetahui jenis kyphosis apa yang mungkin dimiliki anak.

Jika anak menderita kyphosis bawaan, rumah sakit biasanya akan meminta mereka melakukan pemindaian MRI (magnetic resonance imaging) untuk memastikan bahwa lekukannya tidak menekan sumsum tulang belakang.

Seiring pertumbuhan anak, rumah sakit akan mengambil rontgen tulang belakang setiap 3 hingga 4 bulan sehingga rumah sakit dapat memantau perubahan pada kurva. 

Rumah sakit juga akan memeriksa fungsi neurologis anak dan perkembangan anak.

Mengobati kyphosis

rumah sakit menggunakan perawatan bedah dan non-bedah untuk kyphosis.

Latihan untuk kyphosis

Dalam kasus-kasus ringan Scheuermann kyphosis, latihan-latihan untuk memperkuat punggung dapat meringankan rasa sakit dan kelelahan yang terkadang muncul ketika anak-anak bergerak aktif. 

Penelitian belum menunjukkan bahwa latihan mempengaruhi pertumbuhan atau perkembangan tulang belakang.

Penyangga untuk kyphosis

Jika anak masih tumbuh dan memiliki kasus ringan Scheuermann kyphosis, mengenakan penyangga belakang dapat menghentikan kurva memburuk. 

Tim rumah sakit yang berpengalaman membuat brace untuk anak-anak dari semua ukuran dan usia. Baca tentang brace dan layanan orthotik dan prostetik rumah sakit lainnya.

Operasi untuk kyphosis

Jika anak memiliki kyphosis yang lebih parah⎯kurva 75 derajat atau lebih⎯rumah sakit menawarkan pembedahan untuk memperbaiki kurva mereka dan menstabilkan tulang belakang mereka.

Dalam operasi ini, dokter akan:

  • Memasang jangkar sekrup atau kait ke tulang di tulang belakang anak (vertebra).
  • Memasang sekrup atau kait ke batang logam, dan meluruskan kembali.
  • Menyambungkan tulang belakang dengan menghilangkan sendi di antara tulang.
  • Menempatkan cangkok tulang di sebelah tulang belakang untuk membantu tulang tumbuh.

Dalam kasus yang parah, rumah sakit menggunakan teknik torakoskopik untuk melepaskan ligamen di bagian depan tulang belakang, membuat tulang belakang anak lebih fleksibel.

Dalam operasi ini, dokter akan:

  • Menggunakan peralatan khusus untuk melihat prosedur pada monitor.
  • Memperbaiki kelainan bentuk tulang belakang dengan memasukkan instrumen kecil ke dada anak melalui sayatan kecil.

Untuk mengobati kyphosis bawaan, dokter seringkali akan:

  • Melepaskan tulang belakang yang bermasalah untuk mengurangi tekanan pada sumsum tulang belakang yang dapat menyebabkan kelumpuhan.
  • Memperbaiki masalah dengan menggunakan batang logam dan sekrup atau kait, seperti dijelaskan sebelumnya.

Anak-anak dengan kyphosis bawaan yang menjalani operasi memiliki kemungkinan mengembangkan masalah dengan sistem saraf mereka. 

Sebagai hasilnya, rumah sakit memastikan tim multidisiplin anak menyertakan dokter berpengalaman dari Bedah Saraf untuk memastikan hasil terbaik.

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Boseker, Edward & Moe, John & Winter, Robert & Koop, Steven. (2000). Determination of “Normal” Thoracic Kyphosis: A Roentgenographic Study of 121 “Normal” Children. Journal of pediatric orthopedics. 20. 796-8. 10.1097/01241398-200011000-00019. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/12231169_Determination_of_Normal_Thoracic_Kyphosis_A_Roentgenographic_Study_of_121_Normal_Children)
Brown A. Allscripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. Sept. 19, 2017.
Schwartzstein RM. Chest wall diseases and restrictive physiology. https://www.uptodate.com/contents/search.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Gastroschisis Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat
Gastroschisis Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Kenali Gastroschisis lebih lanjut. Baca informasi penyebab, gejala, pengobatan, hingga diskusi dari pengguna HonestDocs. Klik di sini!

GATA2 Deficiency Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat
GATA2 Deficiency Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Kenali GATA2 Deficiency lebih lanjut. Baca informasi penyebab, gejala, pengobatan, hingga diskusi dari pengguna HonestDocs. Klik di sini!

Buka di app